Honda BR-V Diluncurkan di India, Fiturnya Lebih Lengkap Dari Indonesia

by  in Honda
Honda BR-V Diluncurkan di India, Fiturnya Lebih Lengkap Dari Indonesia
0  komentar
Honda BR-V global MPV crossover

AutonetMagz – Setelah sukses menjadi negara pertama yang mendapatkan Honda BR-V, kini India menjadi negara ketiga setelah Thailand yang mendapatkan mobil ini untuk negara mereka. Karena mobil ini dibuat di India, bukan Karawang, tentu saja spesifikasinya berbeda, yuk kita simak.

Untuk pasar India, Honda BR-V tersedia dalam 2 buah pilihan mesin, mulai dari mesin bensin dan mesin diesel. Karena mesin bensinnya sama dengan yang ada di Indonesia, jadi tidak perlu kita bahas.

Nah untuk varian mesin diesel, mobil ini mendapatkan mesin diesel yang sama dengan Honda Mobilio yang ada di India. Tenaganya mesin 1.500 cc diesel ini bisa mencapai 100 PS di 3.600 Rpm dan torsinya di angka 200 Nm pada 1.750 Rpm. Sayangnya untuk varian diesel ini hanya tersedia transmisi manual saja, untuk automatic CVT ada pada mesin bensin.

honda br-v 7 seater thailand

Soal kelengkapan, nah ini yang kadang membuat saya merasa sedih. Honda BR-V India hadir lebih lengkap dibandingkan dengan varian Indonesia. Honda BR-V India terdiri dari 4 buah tipe mulai dari tipe E, S, V dan VX. Di varian V kita mendapatkan fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan varian BR-V Prestige di Indonesia, contohnya seperti Smart Entry dan Push Start button, Paddle shift untuk transmisi CVT, arm rest kursi tengah, rear defogger, kursi pengemudi dengan height adjuster, setir model Honda Jazz lawas dan impact sensing auto door unlock.

Di varian VX lebih lengkap lagi, kita mendapatkan fitur-fitur yang lebih advanced dan mewah seperti jok, setir, shift knob berbalut kulit, bahkan door trim serta door armrest mobil ini juga sudah dibalut dengna kulit. Agar lebih nyaman lagi, Honda juga melengkapi kaca depan mobil ini dengan teknologi heat absorbing windshield.

Namun bukan berarti versi Indonesia kalah telak, tidak juga sebenarnya. Di India, Honda BR-V tidak mendapatkan pembersih udara nano-e, Hill Start Assist dan VSC di varian tertingginya. Sisanya masih sama seperti model yang kita temukan di Indonesia.

honda br-v interior thailand

Dengan fitur yang lebih lengkap, Honda BR-V diperuntukan untuk melawan Renault Duster dan Ford Ecosport di negara sana, tapi Honda BR-V punya satu hal yang sulit untuk dilawan oleh kompetitornya, yaitu 7 tempat duduk penumpang. Disini Honda menang telak!

Untuk kamu pengguna Honda BR-V di Indonesia, tidak perlu kecewa jika Honda BR-V versi India lebih lengkap, karena umumnya produk otomotif Indonesia umumnya memiliki built quality dan material yang lebih baik dari produk buatan India. Maksudnya gini, versi Indonesianya saja Honda BR-V built quality dan materialnya saja sudah begitu, gimana versi India coba? Makanya jangan iri yah guys, setuju?

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M. P.

    Ini sama kasusnya dengan Kijang Kapsul dulu, di negara tertentu udah dapat fitur lengkap kayak ABS (Zace Vietnam kalo gak salah), rear defogger, AC yang lengkap (di Indo cuma suhu dan kecepatan), bahkan gardan depan dan airbag pengemudi (Condor di Afrika Selatan udah ada). Di Indonesia sederhana gitu, tapi negara lain serasa lengkap gitu

    BTW ada yg typo bang, “heat absorbing” harusnya, bukan “head absorbing”.

    • Ngiler555

      iya lho, sampe ane googling, fitur apakah ini? head absorbing windshield? kok aneh ya, windshield nya bisa menyerap kepala…. ini mobil mistis amat… nyahahaha…

      • Rafi M. P.

        Nih gokil bacanya ampe ketawa gitu wkwkwkwk ?

    • farid

      kalau dulu di indonesia fitur seperti rem ABS dan airbag dianggap mewah dan hanya ada di mobil segmen atas pada tahun 90an dan 2000an awal,baru sejak era kijang innova mulai 2004 ada lompatan besar,dimana saat itu kijang innova sudah punya rem ABS(minus airbag saat itu kalau gak salah),AC dgn pengaturan digital dan banyak fitur baru yg ada di kijang innova tapi gak ada di kijang kapsul,ya… kaya perubahan kijang innova gen1 menjadi gen2 kalau sekarang

    • hahaha oke, typo bro….

  • Abc

    Iyalah lengkap fiturnya disana, soalnya mobilio di india udah gak laku, interior fitur2nya gtu2 aja, makanya di brv ini dibagusin interior dan fitur2nya, di indonesia yg pnting eksterior keren, interiornya miskin fitur tetep laku

    • Indra

      Kabarnya Mobilio di India mau jadi taksi..

    • netrall

      Tunggu sja disini punya lwan brat baru honda fl . Lht saja si freed and crv, slma g ad lwan modelnya bgitu2 saja. Pas xtrail masuk langsung fl. Freed? Ktika sienta masuk baru heboh rumor sana sini. Hrv? Yaa adem ayem .

      • putra

        chr coming soon bro

  • Always35

    Brio Rasa suV sudah merambah ke India~

    Btw, kok dipakein setir jazz ge liat tombol klaksonnya kayak agak gimanaa gitu wkwkwk

  • haikal fahmi almaidani

    Sayang sekali, BR-V versi diesel gak masuk ke Indonesia.
    Di situ terkadang saya merasa sedih. 🙁

  • Buzzera

    Wkwkwk quality build nya udh kaya gitu, gimana yg di india sana, ada benarnya juga wkwkwk

    • Nakazato Kira

      Disini udah ada contoh nyatanya.
      Lihat saja VW Polo TSI

    • Faris Aditya

      Setau saya honda di indonesia klo merakit mobil untuk pasar indonesia agak ‘asal asalan’. Tapi klo untuk pasar ekspor mereka bakal bagusin built quality

    • gaps

      Kalo VW bandinginnya jangan sm indo dong. Bandinginnya sm prinsipal aslinya di jerman. Kalo lu bandingin sm yg di jerman,jelaslah secara material lebih payah. Cm kalo dibandingin sm indo blom tentu sih. Karna pas gue liat meski materialnya murahan,tp secara kekuatan oke kok. Sm Honda Jazz ya ga ada apa2nya lah..

  • Bagus

    Ini cikal bakal BR-V RS mungkin min…
    BR-V versi Thailand / BR-V versi India = BRV RS versi Indonesia

    • Arief

      Dulu bang jonpis pernah bilang kalo tipe tertingginya suv honda itu prestige. Yg RS buat hatchback / mpvnya. Makanya si hrv kaga ada versi RSnya sampe sekarang
      Tapi gatau jg deh kalo beneran ada mah bagus lah, sekalian tambahin 6 airbag + sunroof. Harga naik dikit, joss

  • Nakazato Kira

    Rasanya seperti kena garam ala game gacha kalau bandingin India dan Indo -.-

  • deathstalker

    Jangan2 honda versi indonesia build quality nya sama aja dgn versi India

    • Indra

      Iya sama aja sih kalo dari review-nya Brio dkk di india

      • Soni Hermawan

        Kyk nya sih indonesia punya build quality yg sedikit lbih baik, setau saya india lbih mementingkan fitur tapi build quality nya agak sedikit gimana gitu, sedangkan indonesia yaa build quality nya gk jelek2 amat , tp setidak nya bagusan dikit ktimbang india.. contoh nya saja untuk datsun go produksi india saat uji test tabrak gk dapet bintang sama sekali sedangkan datsun go versi produksi indonesia saat test tabrak ternyata dapat bintang..

        • Arief

          Lebih ke finishing sih sebenernya. Mereka ga terlalu mentingin estetika, mungkin buat nekan biaya produksi jg.
          Bisa diliat di produk roda2 mereka dulu Bajaj Pulsar, dari finishing emang agak kurang rapi. Tapi dari kualitas material, durabilitynya boleh diacungin jempol jg kok.
          Terbukti masih banyak yg kinclong seliweran dijalan, sementara produk jepang sejenis dr tahun yg sama macem tiger megapro karbu sm vixion lampu bulet gitu udah keliatan kusem, lebih tua lah kesannya.

          Mungkin disana emg lebih mentingin ketahanan daripada tampilannya

          • gaps

            Iya bro. Kalo gue sih berpendapat lain. Ambil contoh VW Polo. Soal material mungkin 11:12 sm Honda Jazz misalkan. Cm kalo bandingin build quality,teteplah solidan VW dr pd Honda. Beda lah pas diketuk,Jazz lebih kopong kemana2..
            Beda loh antara build quality sm material quality
            Dan mungkin kalo buat kasus ini,VW Polo itu bs jd secara material jauh dibawah Polo “asli” Jerman..tp kalo soal daya tahan mungkin bs beda cerita. Beberapa mobil Eropa yg masuk sini kan kadang bermasalah karna secara material dasbor oke tp ga cocok sm iklim sini yg panas..

        • gaps

          Kalo masalah Datsun itu yg dibandingin versi non-airbag sm airbag bro. Dimana yg airbag dapet 2 bintang,yg non-airbag ga dapet sm sekali
          Kalo masalah material gatau ya 11:12 mungkin. Cm kalo ngomongin build quality kalo pernah liat Tata passenger car-nya,oke2 kok. Lebih bagus dr Honda sekarang. Jauh malah..

          • Soni Hermawan

            Klo tata saya percaya 100% kualitas nya bagus , coz dahulu kala pernah injak tanah indonesia juga.. cuma gini , ada teman saya yg dari india bilang pas datang ke GIIAS dia merasa material yg di pake datsun di indo sedikit berbeda. . Yg indo katanya terlihat lbih tebal bodi nya..

    • nggak tau ya, belom pernah liat produk Honda India, tapi biasanya India interiornya jelek-jelek, even Polo yang kemarin kita review pun menurut reviewer2 India itu dashboardnya bagus katanya

      • gaps

        Interupsi bro, stau gue justru produk India yg pernah masuk sini macem Tata yg harganya diatas 150 jutaan itu oke kok secara perakitannya. Bahkan ada beberapa yg soft touch. Build quality oke. Cm sayang gue lupa apa nama produknha. Kalo ga salah Zest atau Indica ya. Yg modelnya semi-hatchback. Ga bs disamaratain sih kalo soal build quality kalo gue bilang..karna berdasarkan apa yg gue liat ga bgtu kok..

  • Ananda

    Jgn lupa ada climate control jg wkwkwk

    • Indra

      Disana ada tombol defogger, disini ga ada….

  • dudut

    semoga ga lama lagi brv rs keluar dengan fitur2 seperti brv xv india tnp mengurangi vsc hsa dan nanoe… miris juga sih disini setir aja msh pake brio udh gt jangan2 di india kursinya ada height adjuster juga lg min??… pernah liat skilas di video review autocar india tp ga bgitu jelas sih

    • SRF

      Feeling ane sih di facelift nanti bakalan dikeluarin fitur2 gituan gan. Soalnya jonfis waktu itu udh negasin kalo gak ada versi RS

    • di india ada seat height adjusternya bro

  • SRF

    Sebenernya produk honda jaman sekarang masih bagus kalo menurut ane.. Cuma SDM nya aja yg bikin produk honda sekarang hampir ga ada yg maksimal. Pasti ada aja aspek yg bisa dicela. Semoga yang katanya mau memaksimalkan kinerja engineer jadi kenyataan ya.

    • Yuhdi Baihaqi

      Kalo build quality di sambungan antar panel itu tergantung toleransi tooling ato dies..jk honda indo gap besar berarti dies nya toleransi besar..ini utk meminimalisir reject dari material ato process..ujungnya ya cost reduction

  • farhan

    kok honda sengaja sih ga ngasih kita fitur yang bagus sama harga di mahalin? gimana sih? seharusnya harga mahal itu diimbangi sama fitur yang komplit sama build quality yang bagus..bukan minim fitur ama build quality yang rada2..

    • farid

      kalau mobil brand korea spek sini walau minim fitur untuk menekan harga justru build qualitynya bagus,beda terbalik dgn mobil honda yg fitur(lumayan) lengkap untuk spek sini tapi build quality kurang,contoh kasus HRV dulu yg banyak komplain dari konsumennya.tapi kalau milih fitur sama build quality itu sama2 penting

      • farhan

        ane sih setuju buat mobil korea…walau mobil mereka minim fitur..tapi itu ditutup ama build quality yang hampir setara sama mobil eropa..kalau honda..mereka sih harga mahal sama pelit fitur..contohnya kok BR-V disana dapet jok kulit, tombol start stop sama stir civic lawas yang menurut ane lebih bagus dibanding stir brio…kok kita ga dapet juga sih disini? seharushnya 250jt itu dah dapet salah satu dari fitur yang ane sebut diatas…kayaknya sih honda sengaja ngasih fitur lebih komplit di BR-V versi luar negeri supaya citra merek mereka disana lebih bagus.

        • njk888 nik

          Bukan, karena honda Indonesia udah tau, di sini, jual honda bajai 100 juta pun ORANG MAU ! Makanya BUAT apa kecilkan profit margin. Beda ama luar negeri, di Indo, yang penting partnya banyak KWnya. Serba murah, meski pakai 6 bulan udah haus pun. Sebaliknya, di sini, part mobil Eropa, yang harganya misalnya 50% lebih mahal banding jepang, tapi usia pakainya bisa 3 kali lebih awet pun, orang NGGAK MAU.

          Seperti dunia politik kita lah. Udah jelas ada parpol yang berapa decade rampok negara ini terus. Tapi anehnya, tiap tahun tetap dapat banyak suara. Ya kalau gini, buat apa mereka berubah ? Pesta aja terus. Rakyatnya buta ini.

  • Indra

    Fotonya salah tuh yg interior, masa pake versi Thailand? Di India tuh ga ada HU touchscreen semuanya, adanya double DIN biasa tanpa slot CD (tapi pake slot USB disebelah power outlet). Trus dia jg ga ada headrest tengah kyk versi thai tapi dikasih armrest tengah kyk Mobilio India.

  • bezz

    Mungkin brv indonesia menyiapkan brv RS untuk tipe lebih lengkap,
    Ngomong2 built quality india vw polo 2016indonesia jg cbu india jadi??????

    • Bonni Gari Leksmana

      Makanya kayaknya murah ya utk sekelas VW…

  • kabe kabe

    senyum2 sendiri baca paragraf terakhir…. wkwkw

  • Ronny Rasdyantoro

    btw gw nanya donk, beneran gak tau, kenapa jarang banget varian diesel masuk di mobil indonesia ya? kenapa ya?

    • Indra

      Ya karena kualitas diesel kita yg belum sesuai dgn standar mesin diesel mereka, bisa sih di downgrade tapi itu bakal menurunkan performa dan efisiensinya.

    • netrall

      Alasan pertama hg g mungkin di bwah 200jt. Ke 2 image diesel bagi org awam berisik dan asap ngebul. Ke 3 kwalitas bbm yg msh kurang meskipun sdh di naikan. Ke 4 partnya yg lbih mahal termasuk turbo. Dan mbil diesel cnderung hrus kuat kaki2 dan bodi akibat beratnya mesin baja. Dan biasanya untuk diesel AT lbh mnakutkan akibat besarnya torsi yg membuat rompal gigi. Diulas di ayla turbonya om mobi. Namun seiring majunya teknologi tk menutup kemungkinan diesel cc kecil akan masuk . Rumornya sih ertiga.

      • Soni Hermawan

        Diesel kecil sudah keduluan chevy spin di indo ,hanya saja sudah discontinue di indo, tapi skrg tata sudah masukin diesel kecil ke indonesia 900 cc malah ..

        • netrall

          Apkh di bwh 200 jt? Apkh punyantransmisi AT? Buat mesin diesel tdklah mudah. Apalagi bertransmisi AT.bkn sulit tpi hg selalu selangit. Itu yg membuat atpm ragu memasukan diesel.Klo pickup ya itu lawan mitsu centre hino dkk hgnya di bwh 200 cmn beda segmen dgn mpv.

          • Soni Hermawan

            Kan di kalimat terakhir bilang “kemungkinan cc kecil akan masuk” nah saya jawab dari kalimat itu , dan bukan soal harganya atau transmisi bro.. maka nya saya jawab sudah keduluan chevy spin dan brand tata .. justru klo pick up tata gk lawan hino dan mitsubishi colt diesel tapi menyasar ke pasar pick up dibawah 1000cc dan di 1500cc .. tapi ada juga yg melawan hilux single cab..

          • netrall

            Siip mntab bos

    • Ronny Rasdyantoro

      oh gitu, yayayaya.. thank you nih pencerahan semuanya

      • Soni Hermawan

        Klo soal kualitas bbm diesel skrg contoh nya pajero sport diesel dan fortuner diesel yg pernah saya dengar mereka tidak ada downgrade ..dan masih bisa minum solar biasa ,hanya saja pabrikan menyarankan minum dex yg harga nya lbih mahal agar performa nya tetap baik.. untuk diesel ber cc kecil pernah masuk chevrolet spin diesel , dan sekarang tata pun memasukan mesin diesel mereka di tipe storme ,mpv apa itu saya lupa dan line up pick up mereka diesel 900cc dan 1500cc..

  • Astaga

    Baca paragraf terakhir jadi ngeri ditendang jonpis wkwkwk

  • Aldo

    setirnya balik ke model jazz ge, ada plus minusnya sih… plusnya tampilannya lebih menarik, minusnya dipegangnya lebih nggak enak, menurut ane lebih enak dipegang setirnya brio dibanding jazz ge…

  • nusantara nusantara

    ahon takut gak laku masukin mobil diesel, gak mau spekulasi, jgn berkilah kualitas bbm, orang atpm lain banyak masukin mesin high end, fine aj kok

  • Rio Martadinata

    tapi bang aku pengen fitur-fitur kayak gitu hmmm

  • Bang Didit

    Lebih baik versi india dgn stir model jazz lama.

    Halo ini mobil 200jutaan keatas

    Please ya jon peace jgn bikin sakit konsumen terus
    Kok disamain sih sama mobil <200juta ???