Dua Dekade Pabrik Honda Karawang, Terus Tambah Produksi!

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Dua Dekade Pabrik Honda Karawang, Terus Tambah Produksi!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai pemain besar di industri otomotif tanah air, Honda terus menjaga dan menginkatkan produksi dan fasilitas perakitan mereka di Tanah Air. Salah satu modal penting mereka adalah pabrik perakitan yang ada di Karawang, Jawa Tengah. Dan pabrik ini ternyata baru saja berulang tahun ke-20 lho. Yap, sudah 2 dekade pabrik Honda di Karawang merakit lokal produk di Indonesia. Lantas, apa saja yang telah dan akan dicapai oleh pabrik Honda ini? Yuk kita bahas.

2 Dekade Pabrik HPM

PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar seremoni peringatan dua puluh tahun beroperasinya pabrik Honda di Indonesia di Karawang, Jawa Barat, pada hari selasa, 28 Februari 2023. Dalam seremonial ini, HPM juga kembali menegaskan komitmen mereka untuk pasar otomotif Indonesia, termasuk juga untuk keperluan ekspor. Hiroshi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, “Pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global dimana HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania. Operasional pabrik HPM di Karawang, Indonesia, merupakan wujud konsistensi Honda untuk memproduksi berbagai model dengan kualitas standar internasional untuk pasar domestik dan ekspor.

Kotaro Shimizu, President Director PT HPM, menjelaskan, “Sejalan dengan visi kami untuk menjadi perusahaan yang diinginkan masyarakat dan masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan kebahagiaan pelanggan. Kami sangat senang dan bangga atas kesempatan untuk membawa lebih banyak kegembiraan bagi pelanggan di luar Indonesia. Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk kami tidak hanya memenuhi visi HPM, tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia”. Dalam beberapa tahun terakhir, pihak HPM juga terus meningkatkan kualitas produksi mereka dengan membangun sejumlah fasilitas pendukung.

Fasilitas Makin Lengkap, Produk Makin Banyak

Contohnya, HPM juga membangun Pabrik Conrod yang sudah beroperasi pada Desember 2022 yang lalu. Selain itu, HPM juga telah memiliki Pabrik Stamping yang mulai beroperasi pada Mei 2016. Pabrik ini memproduksi panel samping, atap, lantai dan sebagainya, didukung sistem canggih seperti Automatic Continuous Process dan sistem Robotic. Tak hanya itu, Honda juga telah memulai operasi pabrik Crankshaft pada September 2016 lalu. FYI, produksi pertama HPM di pabrik Karawang dimulai pada bulan Februari 2003. Pabrik pertama PT HPM memiliki luas bangunan 80.324 m2 dan kapasitas maksimal produksi hingga 80.000 unit per tahun.

Sementara PT HPM memulai pendirian pabrik kedua pada tahun 2012 dan diresmikan pada bulan Januari 2014 dengan total luas bangunan sebesar 145.760 m2 serta kapasitas maksimal produksi hingga 120.000 unit per tahun. Jadi, kalau dijumlahkan, kapasitas produksi total HPM di Indonesia mencapai 200 ribu unit per tahun. Saat ini, pabrik HPM memproduksi Honda Brio, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio dan Honda WR-V. Kesemuanya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan domestik dan juga ekspor. Dan dalam kesempatan ini, Honda juga meresmikan ekspor perdana untuk Honda WR-V lho.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: