Hati-Hati Menggunakan Semir Ban, Bisa Berpotensi Celaka!

by  in  Berita & Nasional & Tips
Hati-Hati Menggunakan Semir Ban, Bisa Berpotensi Celaka!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam membersihkan kendaraan, salah satu komponen yang gampang kotor adalah ban. Bagaimana tidak? ia berkontak langsung dengan aspal dan debu, yang sudah pasti menempel di permukan. Untuk menjaganya agar tetap bersih, para pengendara biasanya menggunakan semir ban untuk menjaganya tetap mengkilap. Namun, masih banyak pengendara yang tidak mengetahui efek samping dari melakukan semir pada ban kendaraan. Apa sajakah itu?

Apa Efek Sampingnya?

Efek samping dari semir ban akan membuat warna ban menjadi kusam. Hal ini mungkin tidak terjadi pada awal pemakaian, namun akan terlihat ketika menggunakan semir ban secara berlebihan. Warna ban akan terlihat lebih kusam dan belang karena warnanya menjadi tidak merata. Selanjutnya, ban akan berpotensi lebih licin dari biasanya apabila semir digunakan secara asal-asalan. Untuk menghindari terjadinya potensi kecelakaan, hindari penggunaan semir sampai ke permukaan ban. 

Potensi lainnya yang dapat terjadi adalah ban menjadi getas dan muncul retakan pada ban. Efek bahan kimia yang terkandung pada semir ban dapat membuat kondisi ban pengendara menjadi getas hingga muncul retakan. Dampak negatif ini juga bisa disebabkan oleh kualitas dari semir ban yang kurang baik, sehingga mempengaruhi kualitas pada ban kendaraan.

Air dan Sabun saja Cukup

Oleh karena itu, pengendara wajib mengetahui langkah-langkah untuk melakukan perawatan pada kendaraan masing-masing. Walaupun dapat membuat tampilan ban terlihat lebih bersih dan mengkilap, pemilik kendaraan tidak boleh asal-asalan dalam melakukan teknik ini. Padahal, dalam membersihkan ban itu sebenarnya cukup menggunakan air bersih dan sabun. Bisa juga disikat sedikit untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada ban.

Rutin memeriksa kondisi ban juga menjadi cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur ban. Seperti rutin mengecek tekanan angin pada ban, tidak membawa barang berlebihan, hingga menggunakan ban yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini guna menunjang keselamatan para pengendara selama dijalan, apalagi mengingat ban merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan.

Read Prev:
Read Next: