Ungkap Penyebab Ban Motor Cepat Tipis, Yamaha STSJ Berikan Tips Perawatan Ban

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Ungkap Penyebab Ban Motor Cepat Tipis, Yamaha STSJ Berikan Tips Perawatan Ban
0  komentar

AutonetMagz.com – Beriringan dengan rem, ban juga merupakan komponen yang berperan penting. Penggunaan ban berperan untuk memindahkan putaran menjadi gerakan maju atau mundur dan mempunyai kemampuan untuk menghentikan kendaraan. Kemampuan untuk meredam getaran pada jalan juga menjadi tugas utama ban. Maka dari itu, wajib bagi para pemilik kendaraan untuk memperhatikan kondisi ban kendaraannya.  

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Lantas, apa sajakah penyebab ban cepat gundul atau tipis? Berikut ini ada beberapa faktor yang bisa mempercepat pemaiakan ban. Diantaranya

1. Kurangnya tekanan angin pada ban

Apabila tekanan angin pada ban kurang atau tidak sesuai standar, permukaan tapak ban akan lebih sering bergesekan dengan aspal. Hal ini akan mengakibatkan gesekan lebih sering terjadi dan ban menjadi lebih cepat aus. 

2. Sering mengangkut beban berlebih 

Ban memiliki fungsi untuk menahan beban dari motor dan apa yang dibawanya termasuk penumpang, dan pengendara. Ketika kendaraan sering membawa muatan melebihi kapasitas, gesekan antara ban dan aspal akan semakin besar. Semakin besar tekanan yang diberikan akan mempengaruhi performa pada ban. 

3.  Intensitas pemakaian yang tinggi

Kendaraan dengan intensitas pemakaian yang tinggi juga berpengaruh pada performa ban. Umumnya kondisi ban baik untuk digunakan dalam periode 1-2 tahun dalam masa pemakaian yang normal. Apabila pengendara menggunakan kendaraan dalam intensitas yang lebih tinggi, dianjurkan untuk lebih memperhatikan kondisi ban kendaraannya. 

Berpotensi Membahayakan

Permasalahan yang biasanya dihadapi oleh konsumen adalah kondisi dimana ban motor tipis atau gundul. Jika dibiarkan, kondisi ban seperti ini bisa membahayakan pengendaranya. Apalagi dihadapi dengan kondisi musim hujan dimana jalanan cenderung licin sehingga meningkatkan risiko tergelincir. Jadi sebelum bepergian pastikan ban dalam kondisi yang aman, agar berkendara lebih aman dan tidak membahayakan pengendara lainnya,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab ban kendaraan cepat tipis, dianjurkan agar menghindari hal-hal tersebut untuk menjaga kondisi ban. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: