Hati-Hati Membedakan Arti Istilah Facelift dengan All-New!

by  in Berita
Hati-Hati Membedakan Arti Istilah Facelift dengan All-New!
0  komentar
facelift-atau-all-new

AutonetMagz.com – Tahun 2015 ini akan ada banyak mobil baru yang diluncurkan di Indonesia, baik itu hanya sekedar facelift ataupun all new. Tapi rupanya masih cukup banyak jumlah konsumen yang memukul rata kalau facelift dan all new itu sama saja, padahal keduanya adalah bentuk penyegaran yang sama sekali berbeda. Untuk memberi penjelasan kepada para pembaca dan konsumen yang tingkat keingintahuannya tinggi, berikut kami jelaskan perbedaan istilah facelift dengan all new.

Nissan Juke N-Tec 2013 depanNissan Juke sebelum facelift

Facelift berarti cara memperbarui suatu model dengan cara menambahkan atau mengubah penampilan, desain dan kelengkapan secara minor, namun wujud mobil sama sekali tidak berubah dari versi terdahulunya. Contoh yang baru-baru ini muncul adalah CR-V facelift, Mirage facelift dan Juke facelift.

2014 Nissan Juke wallpaperNissan Juke setelah facelift

Lihatlah mobil tersebut, bentuknya tidak beda signifikan dengan versi sebelum facelift, namun ada beberapa aksesoris, fitur dan material yang diubah atau ditambah sebagai respons pabrikan atas tuntutan konsumen mengenai pembenahan kelengkapan.

Selain itu, facelift juga untuk menjaga siklus hidup suatu model sebelum model all new dibuat, karena membuat model all new butuh biaya sangat mahal, riset berkepanjangan dan waktunya pun lama. Banyak lho pabrikan yang butuh waktu berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun) hanya untuk mendesain kap mesin agar sesuai standar safety, aerodinamika dan estetika.

New Mazda 2 facelift 2013Mazda 2 sebelum mode all new

Sementara all new, berarti sebuah model yang benar-benar memiliki wujud yang baru, desain baru, kode baru dan kelengkapan baru. Contoh model all new yang bisa kita simak dengan jelas adalah All New Nissan X-Trail dan All New Mazda 2 SkyActiv yang desainnya beda total dibanding sebelumnya.

2015-Mazda2-GambarAll New Mazda 2 SkyActiv

Bisa disimak, mobil tersebut memiliki desain dan wujud yang sama sekali berbeda dibanding pendahulunya. Desain luar-dalam dibuat baru oleh pabrikan, dimensi kabin baru dan fitur pun baru. Membedakan model all new dengan model sebelumnya harusnya mudah jika ditilik dari perubahan desain yang total, tapi yang paling pasti adalah perubahan kode sasis mobil.

Contoh perubahan kode adalah dari Honda Jazz generasi 2 berkode GE8 ke Honda Jazz generasi 3 berkode GK5. Adanya perubahan kode biasanya menjadi indikator paling mutlak untuk menentukan apakah suatu model bisa disebut all new atau tidak, karena jika kode sasisnya diubah, bisa dibilang mobil ini benar-benar dibangun mulai dari nol lagi.

Namun, kini banyak produsen yang menggunakan kata-kata all new hanya untuk jualan belaka. Oleh karena itu, istilah all new kini dianggap kurang representatif dan kadang diganti dengan new generation, untuk lebih menegaskan bahwa suatu model benar-benar baru.

Demikianlah perbedaan antara model facelift dengan model all new, semoga bisa bermanfaat bagi anda dalam membedakan kendaraan dan menilai kendaraan dengan bijak. Jangan lupa sampaikan kritik dan saran anda untuk kami di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • GTR

    Thumbs up! Nah ini bro, bagus artikelnya nih buat yg blm paham ya silakan baca. Lbh bgs lg kl Autonetmagz ksh highlight jg tiap istilah otomotif dlm suatu artikel, kyk misalkan kata ‘facelift’ dlm suatu artikel bs diklik lalu ke artikel ini. Jd yg blm paham bs segera paham. Banyak kan istilah2 otomotif kyk spy shot, mule, mobil konsep, pre-production, prototype, body kit, cladding, spoiler, teaser, hatchback, liftback, coupe, one-off, rendering, targa, sun roof, moon roof dll, dsb, etc.

  • Shark Owner

    Banyak yg kecele sama Swift dikira cuma facelift padahal itu produk All New, dan ada juga produsen nakal yang bilang All New padahal cuma facelift (ANGL), dan All New nggak selalu berubah total, Mini Cooper sejak generasi baru sudah berganti model 4 kali (All New) tapi modelnya mirip2 dengan generasi sebelumnya.

    • m15a

      Bener bos. Ane pengguna swift GT CBU, pas all new swift keluar, liat eksteriornya sumpah mirip abis sama pendahulunya, pas diteliti lagi ternyata dimensinya udah beda, apalagi pas buka kap mesin sama liat interiornya ternyata udah all new. Disini terlihat bhw suzuki tdk mau “main main” dgn desain eksterior sebuah suzuki swift yg sudah terlihat cantik, termasuk swift sport yang ubahannya dibilang minor dibanding GL atau GX biasa, cuma beda mesin, detail eksterior, interior sm fitur.

    • Hamid Rosyidi

      Grand livina bisa dibilang allnew karena mesinnya ganti jadi twin vtc. Trus maticnya jg ganti cvt

  • Bram

    Setuju, byk orang suka salah kaprah.

  • GTR

    Naah…mmg utk pasar kita di RI ini gw rasa krn konsumen mobil byk yg ga terlalu paham ttg mobil lalu pabrikan kyk main2 bro dg istilah2 all-new..padahal cm facelift tp mungkin faceliftnya major smp ganti mesin n transmisi jg. Atau jg saking khawatirnya kl konsumen kita bakal gak ngeh kalo mereka major facelift lalu dilabelin ‘all-new’. Tp mmg itu jadinya distorsi ya sebenernya, buat yg paham bro. Seinget gw dulu kalo gak salah pernah jg tuh Astra Toyota yg pake sebutan ‘New All-New’.. WTF kan? hehe.

  • taoeviq

    oke.. bedanya minor facelift sama major facelift tuh apa ya?

    • GTR

      Ok bro, nih gw berusaha jelasin yak, kalo facelift kan udh paham ya bro dr artikel di atas itu. Nah jadi kalo major facelift itu ya sesuai dg katanya, major artinya besar/utama jadi faceliftnya besar2an/mendasar. Contohnya, Nissan yg melakukan major facelift pd Grand Livina 1.5 th 2013 kmrn (gw gak tau kode produksinya apa), dg perubahan besar dg pake transmisi CVT jg upgrade pd mesinnya. Pd eksterior jg cukup byk ubahannya krn diganti dr fender (spakbor depan/tutup ban depan) sampe grill+design lampu2 jg kap mesin kalo gak salah ya. Bag belakang jg lmyn byk berubah: lampu belakang, pintu hatch (pintu belakang)nya, bumper jg.
      Bbrp pabrikan pd major facelift kadang jg melakukan improvements pd platform/chassis dg menambahkan bbrp tambahan penggabungan komponennya, jd mobil lbh stiff, yg artinya daya kendali dan jg safety yg lbh baik.
      Kalo minor facelift, ya artinya kebalikannya bro…perubahan kecil2 aja. Udh jelas kan di artikelnya Mas Hillarius di atas.
      Yg kasian emang, pabrikan melakukan major facelift tp dilabelin all-new..org2 pd bingung/ga paham. Yg lbh kasian lg, ubahannya minor facelift tapi di iklan2 dibilangnya ‘new’, new new. Ya emang new tp lampunya aja, stikernya aja. Gitulah.
      Nah kalo yg kasian pabrikan, kyk kasus Suzuki Swift itu yg udh dikomen pembaca di atas. Modelnya All-new beneran, tp org2 pd gak ngeh kalo itu bener2 baru krn ubahan luarnya subtle aja, evolutiflah. Jg kasus Nissan X-Trail yg gen (lagi2 gw gak inget kode tipe prod nya) sebelum all-new barusan launch itu.

  • mustofa

    YG kecele.pasti all new grand livina….. cuma beda bentuk lampu belakang doang wkwkwkwk

    • Dicky

      bener tuh…ga pantes disebut all new

  • eye of tiger

    perubahan grand livina 2013 yang saya tau :
    1. bentuk rumah lampu depan dan belakang (apalagi grand livina 2013 lampunya memanjang ke pintu bagasi)
    2. mesin baru
    3. transmisi CVT untuk tipe 1.5 (SV, XV, Highway Star, X-Gear, dan HWS Autech)
    4. kalo pada perhatiin, posisi wiper washer belakang digeser ke tengah (sebelumnya agak mojok ke kiri)
    5. wiper belakang nempel jendela (model sebelumnya nempel ke plat besi.
    6. penambahan fitur airbag, ABS, EBD, BA (biasa)
    7. model speedometer berubah
    nah dari perbedaan yang saya tau ini, apakah nissan grand livina ini sudah mengalami major change atau sekadar facelift?

    • GTR

      Ya kalo Grand Livina itu kl mnrt gw masuk major facelift bro. Bukan major change yg biasanya disebut all-new itu. Krn, ya kan udh jelas dr kata ‘all’ tsb. Kalo all new ya harusnya semua baru. Normalnya, kalo pd model all new tsb, krn ubahannya mendasar smp platform/chassisnya, kita bs berharap dimensi2 dasarnya berubah jg. Beda ya, kalo facelift ganti bumper ya iyalah dimensi overallnya berubah, tapi dikiiitttt bgt kyk cm sekian milimeter dan itu lagi2 gak mendasar dan tdk dirasakan kl perubahan all-new yg dimensi ruang interiornya berubah misalnya. Lalu mungkin kita jg bs berharap ada pembenahan struktur pd platform+bodynya yg artinya sektor kualitas ridenya akan lbh baik, lbh aman dsb. Ubahan all-new jg artinya bentuk bag body utamanya berubah yg artinya selain lbh bagus (atau bs jg lbh jelek) mungkin jg ada improvement pd coefficient drag jd bs lbh irit BBM. Kalo cm facelift ya ga mungkin tiba2 bentuk kontur atapnya berubah,misalnya krn utk itu membutuhkan perubahan mendasar pd struktur bodynya.

  • Ganjar

    Kasus ANGL memang dia banyak kok ubahannya, tapi kecil doang ubahannya, diliat dari samping persis banget sama Grand Livina (design bentuk kaca) . Depan belakang memang beda desain lampu2nya , grill dll. Jadi untuk Grand Livina 2013 Kalo menurut gw sih harusnya dinamain New Grand Livina aja.
    Kalo swift udh jelas2 beda kok keliatan all new nya .

  • tioz

    TIM harus baca ini article …facelift itu minor change di ekterior plus ada tambah2 fitur sedikit2..lalu harga naik..

    kalau all new otomatis identik dgn perubahan total dan kenaikan harga

  • Sochi

    adalagi Grand New waktu kijang innova 2011.

    • nathan

      Kalo grand innova, itu bs dibilang major change. Lampu depan agak sipit, grill sm bumper berubah, lampu blkg oke, center fascia dashboard diubah dikit, speedometer ganti sm “mirip” optitron, rims juga ganti, fitur nambah, airbag jd standar, keren dah. Knp keren? Soalnya ane suka banget facelift yang model 2011, lexus wannabe (bukan facelift 2013 yang pake grill mangap ye :v)

      • Hamid Rosyidi

        Gw naek dua duanya masih berasa minor. Mesin ga berubah. Dasbor kaga. Lampu doang dikit.

  • koezazih

    Mas bro review all New grand. Livina x grear bagus ngga? Apa kekurangan n kelebihan’a

  • Apri

    Kalo, ALL NEW cb 150r FACELIFT. itu apa artinya ? Kedua kata2 di terapkan di sana ?

  • Der Klopp Reds

    Facelift itu berarti baru tapi lama ya?