Hatchback Baru Suzuki iK-2 Bermesin Turbo Siap Dijual Tahun 2016

Hatchback Baru Suzuki iK-2 Bermesin Turbo Siap Dijual Tahun 2016
0  komentar
Suzuki-iK2

AutonetMagz.com – Beberapa waktu silam, kami pernah memberitakan bahwa Suzuki sedang menggodok hatchback baru berkode YRA. Pada gelaran Geneva Motor Show sekarang ini, barulah Suzuki menampilkan penampakan konsep hatchback tersebut yang kini bernama iK-2 concept. Menurut Suzuki, mobil ini akan menjadi penantang bagi VW Polo, Ford Fiesta dan lain-lain, khususnya saat dijual di Eropa.

Dengan menggunakan platform yang 100% baru, Suzuki mendesain iK-2 dengan tema “Liquid Flow” yang mengisyaratkan lekukan-lekukan natural di sekujur bodinya. Pilar A yang berwarna hitam memberikan kesan floating roof, dan pelek 18 inci di keempat ruang rodanya memberikan kesan padat dan berisi. Baik headlamp maupun stoplamp-nya sudah menggunakan lampu LED.

Suzuki-iK2-concept

Bagian belakang mobil ini dibuat agak menukik serta membulat, namun entah kenapa menurut pandangan kami desain belakangnya sedikit kurang harmonis dengan desain depan dan sampingnya. Jika dilihat dari depan dan samping, kami rasa mobil ini masih keren, tapi begitu beranjak ke belakang, kami sedikit heran dengan paduan bentuknya. Tapi pada akhirnya, selera konsumen yang menentukan apakah mobil ini sudah keren atau bisa lebih keren lagi.

Suzuki menyatakan, platform baru yang mereka buat punya tingkat NVH dan rigiditas yang lebih baik dan bobot yang lebih ringan daripada hatchback yang ada sekarang. Suzuki juga akan mengirit pembuatan mobil dengan cara pengurangan 4 platform dasar yang mereka punya menjadi 3 platform dasar. Dengan ini, mereka tetap bisa membuat mobil baru untuk mengikuti permintaan pasar tanpa harus keluar dana lebih banyak dalam membuat platform baru.

Suzuki-iK2-samping

Tren mesin modern berkapasitas kecil lengkap dengan turbo seperti EcoBoost milik Ford, TSI milik VW, Twin Power Turbo milik BMW dan lain-lain seolah mendasari pemilihan mesin mobil ini. Soalnya, iK-2 nanti akan mengusung mesin Boosterjet baru, berkapasitas 1.000 cc 3 silinder turbo dan dilengkapi direct injection. Diharapkan ia bisa bertenaga dan hemat BBM, seperti mesin TSI dan EcoBoost yang selain kencang, namun juga irit.

Suzuki-iK2-depan

Seperti kami bilang di awal, mobil ini akan siap dijual pada tahun 2016. Lho, kenapa tidak tahun ini saja? Kan spy shot versi produksinya sudah ada? Menurut kami, Suzuki masih ingin meriset tentang kelengkapan yang harus dimiliki iK-2 agar bisa bersaing di pasar global. Kan percuma kalau cepat-cepat dijual tapi malah gagal karena terlalu tergesa-gesa. Di situ kadang mereka merasa sedih.

Kalau menurut anda, sebaiknya apa yang harus dimiliki Suzuki iK-2 agar bisa menjadi pemain kuat di kelas hatchback? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: