Google Ingin Ikut Bikin Mobil (Lagi)

Google Ingin Ikut Bikin Mobil (Lagi)
0  komentar

Penulis : Franco Reynaldi

AutonetMagz.com – Jika mendengar kata Google, yang langsung terpikirkan di benak kita adalah sistem pencarian atau yang biasa dikenal dengan search engine yang sering kita gunakan untuk mencari informasi atau berita. Atau mungkin suatu software yang sering kita gunakan untuk membuka email, mengunduh aplikasi, menggunakan peta, dan masih banyak lagi. Bahkan Google adalah induk dari Android yang jadi lawan berai iOS dari Apple.

Namun, pernahkah terpikirkan oleh kita bahwa perusahaan raksasa yang berbasis di Mountain View, California ini akan ikut bersaing dalam dunia otomotif? Belum lama ini, Google dirumorkan sedang menjalin kerja sama lagi dengan salah satu perusahaan otomotif asal Korea Selatan yaitu Hyundai dalam merencanakan proyek mobil yang akan digarap oleh Google. Mungkin anda heran, bukankah Google pernah membuat sebuah mobil kecil untuk teknologi autopilot?

Asal Mula Gosip Mobil Google

Rumor ini muncul karena track record dari Hyundai yang juga sempat pernah dekat dengan Apple saat berbicara bikin mobil baru. Namun Apple memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja samanya dengan perusahaan otomotif asal Negeri Ginseng tersebut. Itu disinyalir karena adanya warga Korea Selatan yang telah membocorkan informasi terkait proyek besar dari perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Maka dari itu, pihak dari Hyundai pun mulai belajar dari pengalamannya bersama dengan Apple dengan tidak memberikan informasi mengenai kerja samanya dengan Google. Namun jika memang itu alasannya, entah mengapa merek mobil lain seperti KIA dan Nissan juga menolak membantu Apple membuat mobil pertamanya. Sempat beredar rumor juga bahwa sebenarnya mereka menolak karena Apple ingin mobilnya eksklusif, sementara merek mobil yang diajak ingin ada kembarannya.

Perusahaan Teknologi Kini Main Mobil

Selain Google dan Apple, terdapat juga beberapa perusahaan teknologi yang ingin turut serta dalam persaingan di pasar otomotif. Bahkan sudah ada yang mulai merilis mobil pertama mereka di pasaran seperti Xiaomi yang telah merilis mobil SUV pertama mereka di tahun 2019 lalu dengan nama Xiaomi Redmi Car yang dibanderol dengan harga Rp 190 – 282 jutaan. Huawei juga sempat dirumorkan ingin ikut serta dalam membuat mobil listrik walaupun mereka tetap bungkam.

Jika serius, Google akan menjadi lawan yang berat bagi perusahaan – perusahaan teknologi lainnya. Kekuatan Google sangat banyak dan luas, bisa dilihat dari banyaknya pengguna, dukungan satelit, Google Maps, dan masih banyak lagi. Bahkan, hampir semua smartphone Android pun menggunakan dan membutuhkan software dari Google agar bisa tetap bertahan. Maka, dengan munculnya rumor terkait Google yang sudah mulai merencanakan pembuatan mobil pertama mereka, tentu akan dapat menjadi kabar yang cukup buruk bagi perusahaan teknologi lainnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio