Semua Merek Mobil Ogah Bantu Apple, Ini Pilihan Terakhir!

Semua Merek Mobil Ogah Bantu Apple, Ini Pilihan Terakhir!
0  komentar

AutonetMagz.com – Rasanya Apple benar-benar ingin mengerahkan semua kemampuannya untuk terjun ke dunia permobilan. Proyek mobil listrik Apple yang konon dinamai Project Titan akan membuat Apple jadi kontestan baru di kancah mobil listrik. Masalahnya, Apple sama sekali tidak tahu apa-apa soal mobil, jadi mau tak mau mereka harus mencari kawan untuk berkolaborasi. Merek-merek mobil terkenal seperti BMW, Hyundai, KIA dan Nissan sempat didekati oleh Apple.

Sayangnya, semua merek mobil yang diajak bicara menyatakan tidak bersedia membantu Apple saat itu. Tentu tidak semua alasannya sama, namun Nissan sempat mengungkapkan menolak membantu Apple karena Apple ingin mobilnya dirakit di pabrik Nissan tapi hanya boleh dijual sebagai Apple, tidak boleh ada kembaran dari Nissannya. Kala semua pabrikan mobil ogah membantu raksasa teknologi asal Amerika ini, apa Apple akan menyerah dengan proyek mobil listriknya?

Satu Pilihan Terakhir

Kalau memang tidak ada merek mobil yang bersedia menolong Apple, sebenarnya ada pilihan lain yang pantas dipertimbangkan oleh Apple. Seperti yang disampaikan Bloomberg, Apple bisa memanfaatkan pabrik kontraktor seperti Magna atau Foxconn. Malah jika Apple meminta tolong Foxconn, itu diharapkan bisa jadi langkah yang baik karena Foxconn sendiri sudah sangat familiar dengan perangkat keras berlabel Apple, sebab merekalah yang membuat perangkat kerasnya.

Selain Foxconn, ada juga Magna yang juga berperan sebagai pemasok suku cadang otomotif yang berasal dari Kanada. Magna sudah merakit banyak sekali mobil dari berbagai merek mulai dari Fisker, Daimler, Jaguar, Land Rover dan BMW. Reputasi Magna di dunia otomotif sudah bagus dan karena Magna bukan merek mobil, tidak akan ada sentimen persaingan karena tugas Magna hanya merakit mobil.

Sempat Ngobrol Bersama

Masih menurut Bloomberg, Apple disebutkan pernah membicarakan soal keinginannya membuat mobil listrik dengan Foxconn dan Magna sekitar 5 tahun lalu, tapi toh pada akhirnya belum ada keputusan akhir sampai sekarang. Jika memang Apple sempat ngobrol dengan Magna dan Foxconn, agak mengherankan juga mengapa Apple jadi ngobrol dengan Hyundai, KIA dan Nissan soal pembuatan mobil listriknya.

Namun yang jelas, tidak ada merek mobil terkemuka yang ingin menolong Apple. BMW tidak merasa Apple akan sanggup menyelesaikan mobil listriknya, sementara VW yang sudah berkomitmen dengan mobil listrik melalui keluarga VW ID merasa Apple bukanlah ancaman. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio