Xiaomi Incar Great Wall Motors Untuk Partner Produksi Mobil Listrik

Xiaomi Incar Great Wall Motors Untuk Partner Produksi Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan dunia otomotif ke arah elektrifikasi nampaknya menjadi berkat tersendiri bagi perusahaan teknologi seperti Apple dan Xiaomi. Pengetahuan dan teknologi yang mereka kuasai kini bisa juga diaplikasikan ke dalam kendaraan yang bahkan bisa mereka kembangkan sendiri. Walaupun begitu, untuk urusan manufaktur, tentunya pabrikan teknologi seperti Apple dan Xiaomi tidak bisa berdiri sendiri. Kalau Apple masih galau menentukan siapa mitra mereka untuk memproduksi Apple Car, beda cerita dengan Xiaomi. Mereka kabarnya sudah membidik siapa partner mereka untuk memproduksi mobil pertama mereka.

Jajaki Great Wall Motors

Jadi, Xiaomi memiliki rencana yang sama persis dengan Apple, yaitu memproduksi mobil listrik. Nah, kabar terbaru yang kami kutip via Reuters menyebutkan bahwa pihak Xiaomi sedang berdiskusi dengan pabrikan otomotif senegara mereka, yaitu Great Wall Motors. Sumber menyebutkan bahwa kedua pihak kini tengah bernegosiasi mengenai kemungkinan kerjasama keduanya untuk memproduksi mobil listrik bagi Xiaomi. FYI, Great Wall Motors (GWM) merupakan salah satu pabrikan asal China yang sudah go international. Baru – baru ini GWM juga meresmikan diri sebagai merk yang akan menjual produk di Thailand. Produk sub-merk GWM juga ada di Indonesia, lebih tepatnya di Batam yaitu Haval. Kalau negosiasi ini deal, maka ini menjadi pengalaman pertama GWM untuk memproduksi mobil bagi perusahaan lain.

Xiaomi Redmi Car bersama Bestune

Xiaomi sendiri memiliki ambisi yang besar untuk ikut serta dalam pertarungan di segmen mobil listrik. Dalam laporan mengenai rencana mereka dalam beberapa tahun ke depan, Xiaomi memiliki target untuk meluncurkan mobil listrik di tahun 2023. Artinya, Xiaomi punya waktu kurang dari 2 tahun untuk mewujudkan ambisinya itu. Xiaomi juga ingin mobil listrik mereka bisa terkoneksi dengan produk – produk lain yang ada di ekosistem mereka. Tentunya salah satunya adalah smartphone milik Xiaomi dan juga jaringan produk elektronik lain yang kita tahu ada sangat banyak. Sumber juga menyatakan bahwa founder dan CEO dari Xiaomi, Lei Jun percaya bahwa keahlian mereka di bidang manufaktur perangkat keras akan membantu percepatan desain dan produksi mobil listrik mereka bersama GWM.

Great Wall Haval H6

Pendapat Analis Otomotif

Nah, beberapa analis pun buka suara terkait kemungkinan kerjasama antara Xiaomi dan Great Wall Motors. Salah satunya adalah Alan Kang, Analis senior dari LMC Automotive. Beliau menyebutkan, “Xiaomi ingin menemukan pabrikan otomotif yang dewasa untuk menyediakan infrastruktur untuk model mobil mereka. sembari menyediakan keunggulan mereka di bidang teknologi mobile internet”. Alan juga menambahkan, “Keaalian Xiaomi di bidang operating system dan juga home furnishing juga akan menghadirkan banyak imajinasi yang menarik di masa depan”. Imajinasi yang dimaksud nampaknya adalah keterhubungan perangkat satu sama lain, seperti mengontrol perangkat elektronik di rumah melalui smartphone, ataupun melalui sistem infotainment di dalam mobil. Ini menarik, karena jarang – jarang kita menemukan mobil dan rice cooker yang merknya sama kan?

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: