Google Assistant Hadir di Android Auto, Siap Lawan Amazon Alexa

by  in Berita&International
Google Assistant Hadir di Android Auto, Siap Lawan Amazon Alexa
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa pabrikan mobil kini sudah cukup concern dengan perkara konektivitas dan infotainment yang disediakan di dalam sebuah mobil produksinya. Ya, hal ini menjadi salah satu faktor sentral di dalam mobil jaman now dimana headunit atau sistem infotainment sebuah mobil kini tak hanya sekedar memutar musik saja, namun juga menawarkan banyak bantuan lainnya.

Yang paling hangat dibicarakan adalah penggunaan personal assistant yang ditanamkan ke dalam sistem infotainment sebuah mobil. Apakah personal assitant ini hal baru? Sebenarnya tidak juga, namun memang baru akhir – akhir ini saja pabrikan mulai serius menggarap keberadaan personal assistant di dalam mobil. Tentu kita sudah tak asing dengan sejumlah personal assistan seperti Siri, Cortana, Google Assitant, dan Amazon Alexa. Bahkan nama terakhir juga sudah menjadi pilihan utama dari raksasa asal Jepang, yaitu Toyota sebagai personal assistan untuk mobil produksi mereka, termasuk Lexus.

Dan melihat perkembangan jaman yang memang ke arah sana, sebenarnya beberapa pemain di teknologi lainnya juga tak tinggal diam. Melihat Amazon yang cukup diminati dengan Amazon Alexa-nya, pihak Google tentunya tak mau hanya duduk diam dan melihat pesaingnya itu melenggang dengan bebas. Pihak Google yang sebenarnya punya modal yang cukup untuk menyaingi Amazon Alexa sendiri mulai menanggapi persiangan ini. Seperti yang kita tahu, walaupun Android Auto masih menjadi fitur ‘langka’ di mobil – mobil di pasar Indonesa, utamanya mobil murah, namun pada kenyataannya eksistensi Android Auto di pasar internasional sudah sangat baik. Bersama dengan Apple CarPlay, Android Auto menjadi fitur yang ‘wajib hadir’ di mobil jaman now jika kita bicara masalah konektivitas.

Bermodalkan populasi mobil dengan fitur Android Auto, dan juga kenyataan bahwa Google juga memiliki personal assitant bernama Google Assistant, pihak pabrikan berlogo warna warni ini akan segera menanamkan Google Assistant sebagai fitur di dalam Android Auto. Amerika akan menjadi negara pertama yang akan mendapatkan update fitur terkait Google Assistant ini. Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh Google Assistant? Sederhana, Google Assistant akan menerima perintah berupa suara, mau mengganti musik? Bisa, meminta arahan untuk navigasi? bisa juga. Google juga akan memberikan kelebihan lain pada Google Assistant di Android Auto ini, seperti bisa diperintah untuk mengirim whatsapp atau malah memesan Starbuck.

Cara mendapatkan update Google Assistant pun juga mudah, tinggal download aplikasinya di PlayStore, dan pastikan terhubung ke mobil dengan sistem infotainment yang memiliki Android Auto. KIA dan FCA akan menjadi merk berikutnya yang juga akan merasakan kelebihan dari Google Assistant ini, seperti mengecek sisa bensin dan menyalakan / mematikan kendaraan. Yap, inilah kecanggihan mobil di masa depan yang hadir dari sebuah sistem infotainment. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: