GJAW 2023 : Toyota RAV4 PHEV GR Sport Mendadak Muncul, Mau Dijual??

by  in  Berita & Jakarta Auto Week & Merek Mobil
GJAW 2023 : Toyota RAV4 PHEV GR Sport Mendadak Muncul, Mau Dijual??
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Selain menghadirkan All New Toyota Agya dan Agya GR Sport, Toyota Astra Motor (TAM) juga memiliki kejutan spesial lainnya di GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 ini. Secara mengejutkan, Toyota memboyong sebuah SUV yang selama ini diharapkan hadir di Indonesia, namun tak kunjung hadir. Yap, sesuai judul di atas, akhirnya Toyota RAV4 muncul secara perdana di hadapan publik di Indonesia. Dan varian yang dibawa adalah versi plug in hybrid alias PHEV dengan trip GR Sport. Yuk kita bahas.

Akhirnya RAV4 Mampir ke Indonesia

Jadi, Toyota memboyong sebuah Toyota RAV4 PHEV GR Sport pada gelaran GJAW 2023 ini. Belum jelas apakah nantinya Toyota RAV4 PHEV GR Sport akan dipasarkan di Indonesia atau tidak, namun ada indikasi bahwa mereka berminat memasarkannya. “Sebagai bentuk realisasi dari komitmen kami dalam menghadirkan Mobility for All, melalui kehadiran All-New RAV4 GR Sport Plug-In Hybrid EV, kami ingin menjawab kebutuhan mobilitas yang lebih luas khususnya bagi pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan yang mampu memberikan excitement lebih dengan tetap berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Dalam pernyataan beliau, nampak bahwa Toyota ingin memasarkan Toyota RAV4 PHEV GR Sport sebagai salah satu produk electrified-nya. Jadi, TAM ingin memperluas portfolio produk elektrifikasi mereka dengan SUV ini. Jikalau nantinya masuk ke Indonesia, Toyota RAV4 PHEV GR Sport akan menjadi rival serius bagi Mitsubishi Outlandet PHEV yang berada di segmen yang sama persis dengan mobil ini. Pertanyaannya, kapan Toyota RAV4 PHEV GR Sport akan dirilis? Belum jelas kapan. Namun kami rasa tidak akan lama lagi. Bisa jadi tahun ini, walaupun pertengahan atau akhir tahun. FYI, jikalau dijual, maka Indonesia akan menjadi negara ketiga di ASEAN yang menjual Toyota RAV4. Sebelumnya, ada Singapura dan Filipina yang mendapatkan mobil ini. Malaysia juga sempat menjual Toyota RAV4, namun saat ini sudah hilang dari line up-nya.

Pakai Teknologi Plug in Hybrid

Lantas, seperti apa spesifikasi Toyota RAV4 PHEV GR Sport? Jika mengacu pada spek Jepang, maka Toyota RAV4 PHEV GR Sport akan menggunakan mesin A25A-FXS. Mesin yang sama yang kabarnya juga akan digunakan oleh all new Toyota Alphard Hybrid. Mesin ini dipadukan dengan permanent Magnet Synchronous Motor yang akan memproduksi tenaga maksimal 306 PS. Baterai yang digunakan berkapasitas 18,1 kWh. Mobil ini nampaknya akan didatangkan secara CBU, dan bisa jadi harganya akan mendekati atau bahkan menembus batas psikologis 1 Miliar Rupiah. Tapi, bakal CBU mana? Mengingat versi GR-Sport tak dijual di Jepang melainkan di Eropa. Masih menjadi misteri.

Sebagai gambaran, Toyota Camry Hybrid yang sebasis dengan mobil ini saja banderolnya sudah melewati 900 jutaan Rupiah di Indonesia. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: