GIIAS 2023 : KIA EV9 GT-Line Pamerkan Teknologi Dari Sebuah Flagship EV

GIIAS 2023 : KIA EV9 GT-Line Pamerkan Teknologi Dari Sebuah Flagship EV
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah melakukan debut internasionalnya pada Maret 2023 lalu, akhirnya dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 KIA EV9 diperkenalkan ke publik Indonesia pada Kamis (10/08) ini. Diposisikan menjadi kakak dari KIA EV6 yang bersaudara dengan Hyundai IONIQ 5, inilah detail dari mobil listrik flagship yang merepresentasikan teknologi KIA saat ini.

Tampil Futuristik Dengan Sentuhan Ala Korea Selatan

Menyandang status flagship tentunya membuat EV9 harus dihadirkan dengan beragam aspek teknologi yang terdepan dari segala sisi, tak terkecuali pada bagian eksteriornya. Memiliki bahasa desain ‘Opposites United‘, kombinasi digital tiger face khas mobil listrik KIA dengan star map sebagai DRL membuat KIA EV9 terasa sangat futuristik. Bagian samping dan belakang EV9 juga tak kalah atraktif berkat velg aerodynamic wheels 21 inci, 3D sculpted underbody cover, juga konsistensi taillights berbentuk zig-zag seperti lampu depannya.

Representasi mobil listrik yang futuristik juga terlihat pada desain interiornya yang minimalis serta menyuguhkan 4 layar besar sekaligus untuk panel instrumen, entertainment display, dan 2 layar untuk spion kamera-nya. Kabin 6 penumpangnya juga terasa lega berkat pemanfaatan wheelbase sepanjang 3,1 meter dan panjang bodi mencapai 5,1 meter yang sangat baik dari KIA. EV9 juga memiliki beragam fitur canggih mulai dari Wireless Charging, Ventilated and Heated Seats di baris pertama dan kedua, Relaxation Seats di baris pertama dan kedua, Dynamic Body Care di baris kedua, Dual Panoramic Sunroof, Head Up Display, hingga Premium Sound System dari Meridian dengan 14 speakers.

Representasi Teknologi Terdepan KIA Saat Ini

Sebagai mobil untuk ajang ‘pamer’ teknologi, tentu EV9 dilengkapi berbagai macam sistem keamanan berkendara dengan fitur Autonomous level 3 yaitu KIA Highway Driving Pilot dengan 15 sensor termasuk 2 LIDAR yang bisa mendeteksi objek 360 derajat. Sistem Remote Smart Parking Assist 2 juga bisa membuat KIA EV9 ini parkir sendiri baik ketika kita di dalam mobil maupun di luar mobil dengan mengaktifkannya lewat kunci KIA Digital Key 2.

Dibangun di atas sasis Electric-Global Modular Platform (E-GMP) selayaknya EV6 dan IONIQ 5, KIA EV9 GT-Line dipasangkan baterai berkapasitas 99,8 kWh dengan jangkauan hingga 497 km. Dual motor listriknya (AWD) dapat mengeluarkan tenaga hingga 385 PS dan torsi hingga 700 Nm dan mencatatkan waktu 0-100 km/h dalam 5,3 detik saja.

Untuk durasi pengecasan, KIA EV9 membutuhkan waktu sekitar 25 menit saja dengan DC Fast Charging (CCS 250 kW) dan 10 jam 45 menit dengan AC Charging (Type 2 11 kW). Sudah dilengkapi fitur vehicle-to-load (V2L) serta vehicle-to-vehicle (V2V), mobil listrik mewah EV9 ini resmi dibanderol Rp 1,975 M OTR Jakarta. Melihat spesifikasi di atas, bagaimana menurutmu tentang KIA EV9 GT-Line 2023 yang akhirnya dijual resmi di Indonesia saat ini? Berikan komentarmu pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: