Kia Perkenalkan PV Electric Van Concept, Bisa Gonta-ganti Bentuk!

by  in  Berita & International & Kia
Kia Perkenalkan PV Electric Van Concept, Bisa Gonta-ganti Bentuk!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada beberapa MPV besar, selain tersedia dalam versi passenger car yang mewah, mereka juga tersedia juga dalam format blind van. Contohnya ada di Mercedes Benz V-Class, VW Caravelle-Transporter, Hyundai Staria, dan lain-lain. Nah, bagaimana jika mobil tersebut bisa ‘berganti peran’, dalam satu mobil yang sama? Hal itulah yang dilakukan oleh Kia, mereka memamerkan tiga model konsep di Consumer Electronics Show (CES) 2024 dengan nama PV1, PV5, dan PV7.

Bisa Berganti Wujud

Sebagai informasi, mayoritas EV dibuat pada platform rendah dan datar untuk mengakomodinir sistem baterainya. Yang mana hal ini memunculkan peluang untuk mengembangkan kendaraan dengan bodi yang dapat digonta-ganti. Kia mencoba membaca peluang tersebut dengan menghadirkan serangkaian kendaraan komersial dengan tingkat keserbagunaan yang tinggi karena sasisnya yang fleksibel. Kia menyebut sasis dan teknologi yang mendasari model ini sebagai “Platform Beyond Vehicle,” (PBV).

Bagian depan menggunakan kabin tetap atau “driver zone”, sementara di belakangnya ada “life module” yang dapat diganti-ganti. Bagian tersebut dipasang ke bodi melalui beberapa coupling mekanis dan beberapa titik electromagnetic fixture. Life module akan dikirimkan sebagai kit standar dengan model bodi Basic, Van, High Roof, dan Chassis Cab. Seperti halnya eksterior, kursi dan kompartemen pada life module juga dapat dipindahkan dan dilepas, sehingga dapat dengan cepat diubah.

Bakal Produksi 2025

Sesuai peruntukkannya, Kia juga berencana mengembangkan software bisnis khusus dan akan menggunakan teknologi AI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Software yang digunakan juga akan bekerja dengan robot seperti Boston Dynamics Spot and Stretch serta drone. Kia berencana membuka pabrik yang dikhususkan untuk memproduksi PBV di Korea. Diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2025, dan memiliki kapasitas tahunan sebesar 150.000 unit.

Sebenarnya, konsep swap body bukanlah hal yang baru di dunia otomotif. Walaupun jenis mobil semacam ini belum ada yang diproduksi masal. Mercedes benz pada 1995 pernah membuat Vario Research. Model konsep tersebut memungkinkan mobil untuk berganti menjadi 4 body style yaitu sedan coupe, pick up (ute), cabrio, dan station wagon. Namun, bila memiliki mobil semacam itu disini, maka anda mungkin harus punya empat surat-surat yang berbeda dan membuat pajaknya menjadi 4 kali lipat.

Read Prev:
Read Next: