Generasi Terbaru KIA Rio Sedan Meluncur di New York

by  in International&Kia&Mobil Baru
Generasi Terbaru KIA Rio Sedan Meluncur di New York
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kita disini sedang menanti – nantikan hatchback kompak milik KIA, yaitu All New KIA Rio generasi keempat, di negeri Paman Sam versi sedan dari KIA Rio juga siap-siap diperkenalkan. Dengan tampang depan nyaris serupa dengan versi hatchback-nya dan juga bentuk bodi belakang yang cantik, KIA Rio Sedan kini menyapa calon konsumennya di New York Auto Show 2017.

Mundur beberapa tahun ke belakang, sebenarnya di tanah air sempat masuk varian sedan dari KIA Rio generasi kedua. Bernama serupa, sedan mungil tersebut merupakan versi sedan dari KIA Pride yang lebih dahulu dijual di Indonesia. KIA Rio generasi kedua dan ketiga masuk guna memenuhi kebutuhan sebagai armada taksi saja, dan tidak dijual luas. Nah, kabar terbaru, generasi keempat dari KIA Rio Sedan akan segera diperkenalkan, bukan di Indonesia, tetapi di Amerika Serikat, melalui New York Auto Show 2017.

Mari kita bahas mobil ini lebih dalam. Pertama, dari sisi eksterior All New KIA Rio Sedan 2017 ini melompat dari generasi sebelumnya, tampangnya lebih atraktif walau masih menganut bahasa desain KIA, yaitu tiger nose.

Bagian moncong lebih panjang, bodi terlihat lebih pendek, dan overhang belakang yang lebih pendek terlihat pas proporsinya. Bagian depannya tentu mengambil muka dari KIA Rio hatchback yang sudah kita kenal melalui gambar-gambar di internet karena memang mobilnya belum masuk Indonesia, namun bagian belakang menggunakan lampu dengan bentuk trapezoidal yang sedikit berbeda dengan versi hatchback tapi tetap terlihat tegas yang ditambah dengan bumper belakang yang terlihat bagus, karena biasanya jika hatchback dibuat versi sedan, beberapa kurang sedap dipandang.

Sayangnya, kaki – kaki KIA Rio Sedan 2017 mengalami penurunan, dimana KIA Rio Sedan 2017 versi Amerika akan memakai velg 15 inci, bahkan hingga tipe tertingginya. Kontras dengan penggunaan velg 17 inci seperti yang digunakan KIA Rio hatchback tipe tertinggi. Secara dimensi, KIA Rio Sedan 2017 kini memanjang 15 mm secara keseluruhan, dengan penambahan 10 mm pada jarak sumbu rodanya.

Di bagian dalam, KIA Rio Sedan terbaru tentu identik dengan tipe hatchback-nya. Dashboard yang terlihat cukup lega berkat garis horisontal yang melebar, disertai dua jenis warna. Kursinya sendiri didesain ulang yang diklaim oleh KIA lebih slim namun memiliki lapisan dan bantalan yang mampu meminimalkan rasa lelah untuk perjalanan jauh. Seperti dashboardnya, kursi milik KIA Rio Sedan 2017 juga menggunakan dua warna menggunakan motif kotak – kotak yang cantik berbahan kulit.

Dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar, tentu ruang di dalam semakin lega, dan diklaim KIA sebagai sedan terlega di kelasnya, namun kelegaan ruang kabin tak berlanjut di sisi bagasi. Memang KIA Rio Sedan 2017 masih memiliki bagasi yang mencukupi, yaitu 388 liter, tapi angka tersebut justru turun 1 liter dibanding pendahulunya, mungkin efek dari turunnya overhang di sisi belakang.

Untuk urusan entertainment, KIA Rio Sedan 2017 memberikan head unit yang didukung fitur bluetooth, dengan 6 speaker dan kamera mundur sebagai standar. Sedang di trim EX akan mendapatkan UVO3 infotainment system yang memiliki layar sentuh floating dengan lebar 7 inci yang dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Sedangkan untuk urusan keamanan, KIA Rio Sedan 2017 memiliki 6 buah airbag sebagai standar, dengan hill start assist dan stability control. Juga hadir fitur autonomous emergency braking (AEB) sebagai standar. KIA sendiri menargetkan KIA Rio Sedan 2017 mendapatkan rating bintang 5 di National Highway Traffic Safety Association (NHTSA) dan dari Insurance Institute of Highway Safety (IIHS).

Di pasar Amerika Serikat, KIA Rio Sedan 2017 hanya akan dijual dalam satu pilihan mesin, yaitu mesin 1.600 cc 4 silinder yang memiliki tenaga 130 hp dan torsi 161 Nm. Mesin tersebut akan digandengkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan dan juga transmisi manual 6 percepatan pula yang mengirim tenaga ke penggerak roda depan. Sedang urusan peredam kejut, suspensi MacPherson strut digunakan di depan sedangkan torsion beam di belakang.

KIA Rio Sedan 2017 juga sudah mendapatkan cakram berdimensi 11 inci di roda depan, sedangkan tromol di belakang. Sedangkan trim EX akan mendapatkan cakram di roda belakang dengan diameter 10,3 inci. Struktur rangka KIA Rio Sedan 2017 menggunakan advanced high strength steel yang berguna membuat rangkanya lebih rigid, durable, dan kemampuan bertahan terhadap tumbukan dengan lebih baik.

KIA Rio Sedan 2017 mulai menyapa calon konsumennya di New York Auto Show 2017 pada 14 April hingga 23 April ini. Sedangkan saudara dekatnya yaitu KIA Rio hatchback akan mampir di Indonesia beberapa hari setelahnya, dijadwalkan muncul di IIMS 2017 pada 27 April hingga 7 Mei 2017 nanti. Bagaimana? apakah KIA Rio Sedan 2017 cukup cantik? Belum ada indikasi bahwa KIA Rio Sedan 2017 akan masuk ke tanah air, berkaca pada model sebelumnya, kecil kemungkinan model ini akan dipasarkan di Indonesia. bagaimana komentarmu? sampaikan di kolom komentar di bawah ya,

Read Prev:
Read Next: