Geely Ikut-Ikutan Bikin Kereta Supersonic Macam Hyperloop

by  in Berita&Geely&International
Geely Ikut-Ikutan Bikin Kereta Supersonic Macam Hyperloop
0  komentar

AutonetMagz.com – Geely telah sepakat dengan China Aerospace Science and Industry Corp (CASIC) untuk mengembangkan kereta supersonik yang sepertinya sangat mirip dengan sistem Hyperloop yang digagas oleh Elon Musk dari Tesla kala itu. FYI, konsep transportasi Hyperloop sendiri sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh Elon Musk pada Agustus 2013. Reutersmelaporkan bahwa perjanjian kerangka strategis antara kedua perusahaan akan melihat levitasi megnetik yang dikombinasikan dengan tabung vakum untuk mengurangi hambatan udara dan akhirnya bisa mencapai moda transportasi hipersonik.

CASIC mengklaim bahwa mereka sendiri sedang mengembangkan sistem yang dapat menghubungkan kereta api dalam tabung vakum dengan kecepatan hingga 1.000 km / jam (620 mph) dan sekaligus juga mempelajari teknologi yang dapat melihat perjalanan kereta api secepat 4.000 km / jam (2.485 mph) di masa depan. Ya, pada akhirnya Cina tetap tak mau kalah soal teknologi dan berusaha menjadi yang terdepan, termasuk untuk membangun jaringan transportasi kereta supersonik yang komprehensif.

Di luar itu, baik Geely maupun CASIC tidak membeberkan soal detil dari rincian investasi mereka dalam proyek ini, atau prediksi tentang kapan mereka bisa membuat kereta api berkecepatan tinggi ini menjadi kenyataan untuk Cina. “Teknologi yang dikembangkan melalui realisasi kereta supersonic akan membantu Geely Holding dalam memajukan dunia otomotif, yaitu kendaraan dengan sumber tenaga baru, fitur safety pada kendaraan, dan ilmu material baru,” mengutip pernyataan dari Geely.

Sistem yang diusung pada kereta supersonic garapan Geely dan CASIC ini sangat mirip dengan sistem dari Hyperloop – yang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan di Amerika Serikat dari gagasan Elon Musk, karena sistem ini juga menggunakan levitasi magnetic dan tabung hampa udara. Tujuannya agar bisa mempercepat pod penumpang hingga mencapai kecepatan tertinggi 1.220 km / jam (760 mph). Karena pengembangan kereta supersonik macam ini adalah sebuah batu loncatan, maka kelangsungan hidup dan keamanan jangka panjang dari moda transportasi semacam itu masih belum jelas. Konsekuensinya, jangan berharap kalau Geely atau perusahaan lain seperti Virgin Hyperloop One akan memberikan layanan kereta supersonik untuk difungsikan penuh selama bertahun-tahun.

Hyperloop One sendiri baru diluncurkan di bulan Oktober yang lalu pasca 5 tahun dikembangkan. Well, mari kita lihat, berapa lama Geely dan CASIC butuh waktu untuk mengembangkan kereta supersonik ini, dan akankah bisa bersaing dengan merk sebelah? Mari kita tunggu saja perkembangannya.

Read Prev:
Read Next: