7 Hal Sederhana Untuk Atasi Stress Berkendara

by  in Serba 7&Tips
7 Hal Sederhana Untuk Atasi Stress Berkendara
0  komentar

AutonetMagz.com – Berkendara di tengah ramainya jalan perkotaan tak jarang membuat banyak pengendara menjadi tertekan dan stress. Mulai dari kesemerawutan pengguna jalan, macet, panas, hujan, dan masih banyak hal lainnya. Mau naik mobil, maupun naik motor, resiko stress ini masih menghantui para pengguna jalan. Nah, oleh karenanya, kami menghimpun 7 tips ringan dan sederhana yang bisa kalian terapkan untuk menghindari dan menanggulangi stress saat berkendara. Yuk kita mulai nomor 1 dahulu.

1. Jaga Kondisi Tubuh

Yap, bagian ini adalah salah satu bagian paling utama yang perlu kalian perhatikan, karena faktor jasmani sangat berpengaruh pada mood berkendara kalian. Jangan lupa untuk berolahraga, menjaga kebugaran, dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan kondisi prima, dan menghadapi padatnya jalanan dengan maksimal. Bandingkan dengan kondisi tubuh yang lemas, atau sakit – sakitan, mudah meriang, dan lain – lainnya, tentunya akan semakin membuat kalian stress selama berkendara.

2. Tak Usah Terburu – buru

Mengemudi di jalanan yang padat memang perlu ekstra sabar. Kalian perlu menjaga emosi dan juga temperamen kalian. Mengemudi agresif tak akan membuat kalian makin rileks di jalan, namun akan makin menekan emosi kalian. Apalagi jika kalian bertemu dengan pengemudi lain yang tak kalah agresif, jelas akan memperburuk mood berkendara kalian. Mengalah tak selalu kalah, toh mengalah sebentar tak akan terlalu berpengaruh di jalanan yang memang padat.

3. Dengarkan Musik

Mungkin tips ini lebih cocok bagi kalian yang berkendara dengan menggunakan mobil, karena kalian memilki sistem infotainment yang bisa menghibur kalian. Memutar musik yang rileks, atau mungkin musik yang kalian suka, jelas akan membantu mood mengemudi kalian untuk terus terjaga dengan baik. Nah, bagi kalian yang menggunakan motor, sebenarnya ada cara lain dengan menggunakan earphone, namun kami tak menyarankannya karena berbahaya untuk kepekaan kalian di jalan. Sebagai gantinya, kalian bisa bersenandung, dalam hati.

4. Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Nah, selain masalah tubuh, dan mood berkendara, hal lain yang perlu kalian perhatikan adalah pakaian kalian. Sebagai contoh, pakailah pakaian yang memang nyaman untuk kalian gunakan. Jika naik motor, dan kondisinya panas, pakaiah jaket yang tak terlalu tebal, sehingga badan kalian tak banjir keringat. Lain hal-nya jika kalian menggunakan mobil dan menyalakan AC, atur AC supaya suhu sesuai dengan pakaian yang kalian gunakan. Jika kalian menggunakan jas dan kemeja, jelas suhu yang dibutuhkan lebih dingin daripada kalian hanya menggunakan kaos oblong.

5. Sediakan Minuman / Makanan

Berikutnya, jikalau kalian sudah terjebak macet, mungkin akan ada saatnya dimana perut kalian mulai berontak dan menuntut untuk diberi makan dan minum. Nah, disinilah persediaan makanan dan minuman akan berpengaruh. Bagi kalian yang menggunakan mobil, jelas bukan hal yang susah untuk makan dan minum di dalam mobil. Sedangkan untuk kalian yang naik motor, kalian bisa sediakan botol minum yang mudah dibuka tutup, sebagai antisipasi jikalau kalian sudah lelah dengan teriknya matahari dan membutuhan penyegar dahaga.

6. Bersyukur

Yap, bagian ini adalah bagian yang sejatinya menjadi kunci untuk keluar dari sebuah stress. Dengan kalian bersyukur bahwa kalian setidaknya masih memiliki pekerjaan, bisa memiliki kendaraan, dibandingkan dengan mereka yang tak memiliki pekerjaan ataupun kendaraan, maka kalian akan sangat menghargai apa yang dipercayakan oleh Tuhan di depan kalian. Asik.

7. Berpikiran Positif

Bagian terakhir inilah yang juga merupakan bagian penting untuk mengatasi stress berkendara, yaitu berpikiran positif. Ditengah kemacetan ataupun kepadatan lalu lintas, banyak orang yang akhirnya menjadi stress karena pikirannya kemana – mana. Mulai berpikir mengenai hutang, akhir bulan, selingkuhan, ditinggal mantan nikah, hingga banyak pikiran lainnya yang malah menjadi virus yang menggerogoti pikiran pengemudi selama berkendara. Jadi, yang perlu kalian pikirkan selama di jalan adalah pikiran yang positif. Contohnya, gaji naik, liburan ke Jepang, Menang undian dan lain – lainnya. Berpikit saja ya, jangan terlalu berharap, nanti PHP.

Nah, itulah 7 hal sederhana, bahkan sangat sederhana yang bisa kami bagikan hari ini. Masih banyak hal lain yang sebenarnya bisa kalian lakukan untuk menekan stress selama berkendara. Atau mungkin kalian ingin berbagi juga? Bisa kok kalian sampaikan di kolom komentar di bawah. Akhir kata, Stay Safe, karena keluarga menunggu di rumah.

Read Prev:
Read Next: