Geely Buka 149 Unit Diler 4S di China Hanya Dalam 1 Hari, Edan!

by  in Berita&Geely&International
Geely Buka 149 Unit Diler 4S di China Hanya Dalam 1 Hari, Edan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa disini yang tak mengenal merk Geely? Jikalau kalian pembaca rutin di laman AutonetMagz, maka kalian jelas sudah tak asing dengan merk asal China ini, walaupun sebenarnya nama Geely juga sejatinya tak terlalu asing karena pernah berjualan di Indonesia. Nah, kita tahu bahwa Geely adalah taipan baru asal China yang sedang gemar – gemarnya berinvstasi dengan membeli saham di merk – merk lain, mulai dari Proton, Lotus, Volvo, hingga yang paling menggemparkan adalah Daimler. Namun ternyata catatan itu juga berlanjut dengan prestasi di dalam negerinya sendiri di China. Apa itu? Yok kita bahas.

Baru – Baru ini pihak Geely menorehkan sebuah prestasi yang menarik, bahkan menurut kami tergolong gila. Prestasi tersebut adalah pembukaan diler 4S di China. Tunggu dulu, apa itu diler 4S? Bukankah biasanya diler hanya 3S saja yang meliputi Sales, Service dan Spraeparts? Yap, benar memang, lalu apa S yang keempat? S yang terakhir merujuk pada ‘Survey’ yang berarti adalah pencarian information feedback yang dibutuhkan oleh pabrikan. Oke, kita tak akan bahas masalah ini lebih dalam, karena prosesi peresmian dari diler 4S Geely inilah yang menarik. Faktanya, bukan hanya satu, dua ataupun tiga diler 4S Geely yang dirilis dalam satu hari secara bersamaan, melainkan ada 149 diler 4S yang diluncurkan oleh pihak Geely secara bersamaan dalam satu hari saja, edan.

Perayaan ini sendiri dipusatkan pada salah satu diler Geely yang bertempat di Houpu, Jiangxi, China. Nah, pihak Geely sendiri memang tak menampik jikalau langkah mereka ini adalah sebuah cara menarik perhatian. Geely menyebutkan bahwa langkah yang eye catching ini juga merupakan bagian dari pengembangan di bidang sales dan jaringan servis yang memang harus senada dengan pengembangan produk dari Geely sendiri. Dalam acara ini, pihak Geely memiliki sebuah misi baru yaitu “raise customer satisfaction beyond all expectations” atau jika ditranslasikan merujuk pada peningkatan kepuasan konsumen melebihi seluruh ekspektasi. Lalu, berapa duit yang dikeluarkan oleh pihak Geely untuk membangun 149 diler 4S mereka yang dirilis dalam satu hari tersebut? Jika ditotal akan lebih dari 1 milyar RMB atau jika diRupiahkan menjadi lebih dari 2,1 triliun Rupiah.

Banyak? Mungkin buat Geely sih kecil. Dari 149 diler tersebut, 65 diantaranya merupakan diler yang sepenuhnya baru, sedangkan 84 diantaranya adalah diler lama yang diupgrade menjadi baru. Geely sendiri memang menjadi salah satu pabrikan yang sangat diperhitungkan di China, dimana merujuk pada data Survey JD Power China Dealer Attitude, Geely sendiri berhasil meningkatkan posisinya dimana sebelumnya hanya bercokol di posisi 21 pada tahun 2016, menjadi posisi 13 di tahun 2017 silam, melewati beberapa merk dan JV yang lebih wow di China. Geely sendiri menjelaskan bahwa 95% dari diler – dilernya di China pada tahun lalu menghasilkan profit yang memuaskan, dimana setiap diler masing – masing menjual produk dengan rata – rata mencapai 1.314 unit per diler. Capaian tersebut naik signifikan mencapai 31% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Paruh pertama tahun 2018 ini saja Geely sudah menjual 760.000 kendaraan, dan akan terus bertumbuh.

Nah, gambaran ini menunjukkan bahwa pasar otomotif di China memang sedang naik – naiknya, dan tak salah jikalau disebut sebagai pasar otomotif terbesar saat ini. Dengan capaian yang luar biasa, akankah Geely bangkit di Indonesia dan bergabung dengan dua kompatriotnya yang sudah membangun pabrik disini? Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: