Gandeng Telkom, Honda Indonesia Hadirkan Honda MetaWorld

by  in  Berita & Hi-Tech & Honda
Gandeng Telkom, Honda Indonesia Hadirkan Honda MetaWorld
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak tahun 2021 kemarin, dunia Metaverse menjadi sebuah lahan baru yang diprediksi akan menjadi tren di masa depan. Dan hal ini tak luput dari pengawasan Honda sebagai sebuah pabrikan otomotif berskala global. Oleh karenanya, Honda bergerak cepat untuk terjun di dunia metaverse. Dan salah satu cara mereka adalah menggandeng PT Telkom Indonesia untuk menghadirkan Honda MetaWorld. Yuk kita bahas lebih lanjut.

MetaWorld Bagian dari metaNesia Telkom

PT Honda Prospect Motor dan PT Telkom Indonesia Tbk telah meresmikan kerjasama mereka untuk membangun sebuah platform dunia virtual alias metaverse bernama Honda MetaWorld. FYI, Honda MetaWorld sendiri berada dalam platform metaNesia yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia sebagai metaverse pertama dan terbesar di Indonesia. Sebenarnya, ini bukan kali pertama Honda memiliki ‘dunia’ di dalam MetaNesia. Pada tahun 2022 kemarin, Honda sebagai brand mobil pertama di Indonesia yang terjun di dalam MetaNesia. Kala itu, konsep yang diusung hanya berupa showroom virtual semata. Kali ini, Honda MetaWorld hadir dengan konsep yang jauh lebih komplit.

Sebagai gambaran, Honda MetaWorld memiliki area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya. Honda MetaWorld juga memiliki fitur yang lebih atraktif, teknologi yang lebih interaktif, dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya. Lantas, apa saja yang ada di dalam Honda MetaWorld? Ada sejumlah area, seperti Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area. Di area Test Drive, kalian bisa mencoba Honda WR-V secara virtual juga lho. Selain itu, ada sejumlah improvement lain seperti fitur Mic and Chat, pilihan gestur dan ekspresi yang lebih bervariasi, serta fitur selfie dimana pengunjung dapat menyimpan foto avatar mereka di berbagai area di Honda MetaWorld.

Honda Sasar Gen Z Sebagai First Buyer

Yulian Karfili, Public Relations & Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, “Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi Honda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama dari kalangan Gen Z yang merupakan generasi yang lahir di era teknologi digital. Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas berbasis digital di Indonesia”. Lantas, mengapa Honda rela berinvestasi dengan teknologi Metaverse? Mudah saja, karena mereka memiliki target market tersendiri lewat Honda MetaWorld. Target konsumen mereka adalah Gen Z yang berusia antara 9 hingga 24 tahun.

Faktanya, Gen Z adalah salah satu populasi terbesar di Indonesia, dan karakteristiknya sangat terbuka dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Bagi Honda, segmen ini juga merupakan salah satu bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan di masa depan. Sebagai gambaran, produk paling laris dari Honda yaitu Honda Brio menyasar kalangan muda. Dan 70% dari penjualan Honda Brio didominasi oleh first buyer. Selain melalui platform metaverse, Honda juga aktif menggunakan platform digital untuk berkomunikasi dengan konsumen di segmen anak-anak muda, antara lain melalui aplikasi game Brio Virtual Drift Challenge, Virtual Modification, dan Honda Racing Simulator Championship.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yang mau mengunjungi Honda MetaWorld bisa Klik Disini

Read Prev:
Read Next: