Spesifikasi Honda WR-V Untuk Pasar Brazil Diumumkan, Pakai Mesin FlexOne!

by  in Honda&Mobil Baru
Spesifikasi Honda WR-V Untuk Pasar Brazil Diumumkan, Pakai Mesin FlexOne!
0  komentar

Autonetmagz – Masih ingat pada akhir 2016 lalu Honda merilis Honda Jazz versi Crossover dengan nama Honda WR-V. Nama WR-V sendiri merupakan singkatan dari Winsome Runabout Vehicle. Mobil yang akan diluncurkan Honda di bulan Maret 2017 mendatang mulai membeberkan detail spesifikasinya untuk pasar Brazil. Mari kita simak!

Honda WR-V memiliki dimensi panjang 4 meter, lebar 1.73 meter, dan tinggi 1.6 meter dengan wheelbase 2.55 meter dan ground clearance 207mm. Ground clearance ini sangat tinggi mengingat HR-V dan BR-V yang berada di angka 185 mm dan 201 mm. Sepertinya Honda ikut menyesuaikan tinggi mobil mengingat desainnya yang mengusung tema crossover.

Lalu untuk mesin yang berbeda dari versi India, Versi Brazil akan menggunakan mesin 1,5 liter i-VTEC FlexOne. Mesin tersebut dapat  menghasilkan 115 hp pada 6.000 rpm dan torsi 149 Nm di 4.800 Rpm. Ia dikawinkan dengan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology seperti milik HR-V. Transmisi ini merupakan transmisi yang cukup unik untuk sebuah CVT, karena ia menggunakan torque converter.

Mungkin kalian bertanya-tanya apa itu FlexOne? Kenapa sistem FlexOne tidak ada di Indonesia? Teknologi FlexOne sendiri adalah teknologi yang dimiliki Honda untuk membantu mesin bekerja maksimal saat dinyalakan pada kondisi temperatur rendah. Teknologi ini bekerja dengan menghangatkan jalur bensin dan jalur udara masuk ke dalam intake ketika mobil dibuka dengan remote alarm. Dengan teknologi ini, menyalakan mesin menjadi lebih mudah dan suhu ideal mesin lebih cepat tercapai.

Menurut Honda, Poros roda belakang atau Rear axle dari Honda WR-V diambil dari Honda HR-V, namun  dikembangkan kembali untuk menunjang handling dan kenyamanan lebih maksimal. Berdasarkan pengalaman kami, Honda HR-V memiliki suspensi yang lebih keras dibandingkan dengan Honda Jazz terbaru, sepertinya WR-V akan 11-12 dengan HR-V dibandingkan dengan Jazz kalau seperti ini.

Honda mengatakan WR-V menggunakan electric power steering yang didesain khusus untuk WR-V dengan radius putar 5.3 meter, angka tersebut bukanlah hal yang baik mengingat mobil ini memiliki dimensi kompak. Honda juga memberikan WR-V Velg 16-inch alloy dengan profil ban 195/60/R16 dan desain velg two tone color.

Masuk kedalam interior, terlihat bahwa interior Honda WR-V ini sama persis dengan Honda jazz. Namun, versi Brazil memiliki dua pilihan warna trim, black/silver dan black/orange. Sisanya mulai dari desain, setir, speedometer dan kursi-kursi mobil ini masih salam satu dashboard dengan Honda Jazz yang kita kenal.

Honda WR-V akan diproduksi di automaker’s Sumaré factory Sao Paulo, yang juga memproduki Civic, HR-V, City dan Jazz. Mobil ini rencananya akan diposisikan sebagai crossover berbasis Honda Jazz yang memiliki harga sedikit lebih tinggi namun harga lebih terjangkau dibandingkan dengan Honda HR-V. Sebenarnya jujur saja mobil ini sangat tanggung ya, mengingat di Brazil Honda Jazz dan HR-V sudah lebih dulu diluncurkan. Jika Honda WR-V masuk ke Indonesia, apakah kalian akan tertarik untuk memilih Honda WR-V?

Read Prev:
Read Next: