Frankfurt Motor Show 2017 : BMW M8 GTE Diperkenalkan Sebelum Versi Produksi

Frankfurt Motor Show 2017 : BMW M8 GTE Diperkenalkan Sebelum Versi Produksi
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang disini suka dengan ajang balap GT? Ajang balap GT memang memberikan sensasi tersendiri dibandingkan balapan lain seperti F1. Salah satunya adalah karena mobil yang digunakan biasanya menggunakan basis dari mobil produksi. Dan biasanya, para pabrikan yang berkompetisi di balapan ini mengembangkan mobil balapnya dari versi produksi yang sudah dijual, namun beda kasusnya untuk BMW. BMW memperkenalkan BMW M8 GTE, mobil balap GT mereka yang bahkan basis mobil produksinya belum diperkenalkan dan belum dijual.

Ya, menarik memang melihat BMW M8 GTE ini, mobil ini diposisikan menggantikan BMW M6 GTLM dan BMW Z4 GTE sebagai jagoan utama BMW di ajang balapan ini dan juga sebagai antisipasi jika nantinya BMW akan kembali ke ajang balap 24 Hours of Le Mans. BMW M8 GTE sendiri diperkenalkan di ajang tahunan Frankfurt Motor Show 2017 yang sedang berlangsung dengan membawa mesin 4.000cc Twin Turbo dengan konfigurasi mesin V8. Mesin ini sendiri menggunakan blok dan cylinder head yang sama dengan versi produksi BMW M8 nantinya. Mesin ini sendiri mampu menghasilkan tenaga maksimal yang dibatasi di bawah 500 hp sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Mesin BMW M8 GTE tersebut akan didampingi dengan transmisi enam percepatan sekuensial. Dan kenyataannya, karena saat mobil balap ini dikembangkan, mobil produksinya belum mencapai pasar, maka peran simulasi komputer untuk mengembangkan kontrol traksi dan juga bentuk dari kendaraan pun menjadi sangat besar. BMW M8 GTE menggunakan bahan carbon-fibre untuk bagian badannya dengan bobot mobil hanya 2.700 pon atau setara 1.224 kg saja. Angka tersebut berarti BMW M8 GTE jadi lebih ringan 24,9 kilo dibandingkan dengan standar regulasi yang berlaku, yang mana membuat tim harus bermain – main dengan pemberat tambahan untuk menyeimbangkan handling.

Lalu kapan BMW M8 GTE akan resmi membalap di balap GT? Jawabannya adalah pada debutnya di Januari 2018 mendatang dalam seri 24 Hours of Daytona yang berlangsung di Florida, Amerika Serikat. Setelah itu BMW M8 GTE akan bersiap untuk tampil di IMSA WeatherTech SportsCar Championship di Amerika Utara dan FIA World Endurance Championship di Eropa sana, serta sisa balapan GT lainnya yang diikuti oleh pihak BMW. BMW M8 GTE juga akan menjadi tanda BMW untuk memasuki kembali balap Le Mans sejak terakhir mereka ikuti di 2011 dengan menggunakan BMW M3 GT2.

Bentuk dari BMW M8 GTE sendiri menjadi angin segar bagi para pecinta merk Jerman ini yang mendambakan untuk meminang BMW M8 di masa depan, ya setidaknya beginilah bentuknya. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: