Ford Tertarik Membawa New Ka Brazil dan India ke Benua Eropa

by  in Ford&International
Ford Tertarik Membawa New Ka Brazil dan India ke Benua Eropa
0  komentar
ford-figo-2016-front

AutonetMagz.com – Sekedar informasi saja bagi yang belum tahu bahwa saat ini Ford membuat dua jenis supermini Ka. Pertama adalah Ford Ka yang anda kenal di Eropa sebagai supermini yang berbagi platform dengan Fiat 500. Kedua adalah Ford Ka Brazil yang juga dijual di India dengan nama Ford Figo. Secara bentuk versi ‘negara berkembang’ ini memang mempunyai dimensi yang serupa dengan Honda Brio maupun Mitsubishi Mirage. Nah rupanya model ini membuat Ford tertarik memboyong ke Eropa.

Seperti yang kita tahu di berita sebelumnya bahwa Ford pusat kembali memperketat sabuknya mengingat minimnya surplus yang didapat di sejumlah tempat. Hal ini mengakibatkan penutupan ATPM Ford Indonesia dan Jepang, penutupan pabrik di Eropa dan pengurangan line up Ford. Isu yag berkembang adalah line up Ford yang penjualannya tidak menggembirakan akan disikat, salah satunya adalah Ford Ka versi Eropa. Di sisi lain kami mendapat berita bahwa Ford akan segera mengisi kelas supermininya.

ford-figo-2016-rear

Berita ini justru makin gamblang setelah AutoExpress memberikan informasi bahwa Ford akan menjual supermini ini dengan nama ‘Ka+’ yang segera diperkenalkan di Eropa. Model ini adalah model yang sama dengan yang dijual oleh Ford di Brazil dan di India dengan chassis serupa dengan Ford Fiesta generasi sekarang, lima pintu dan lebih practical. Sayangnya dari segi tampilan sebenarnya Ford Ka yang satu ini tidak bisa dibilang ganteng, entah apakah ada improvment kembali dari Ford atau tidak.

“Jangan berpikir kalau ini mobil murah. Model ini sangat roomy, biaya kepemilikannya pun sangat rendah dan mempunyai kedinamisan mengemudi layaknya Fiesta. Kami akan menggantikan Ka dengan New Ka+ untuk melengkapi segmen tersebut,” Jelas CEO Ford of Europe, Jim Farley.

Ford-Figo-2016-dashboard

Secara model seperti yang kami sebutkan, model ini menggunakan platform Ford Fiesta sekarang sehingga kedinamisan Fiesta pun sudah seharusnya tertular di Ka+ ini. Mesinnya pun juga menggunakan unit Fiesta seperti mesin EcoBoost serta dilengkapi infotainment system berukuran 4.2-inchi, MID TFT berukuran 2,3-inchi, climate control serta setir yang dilapisi kulit.

Ford Ka+ akan segera dijual di Eropa pada kuartal kedua tahun ini dengan harga berkisar £8,000 – £10,000 alias Rp.148 – 185 juta. Untuk mendukung agar ongkos produksinya tetap rendah, model ini akan dirakit di negara berkembang, dan kami curiganya sih India. Bagaimana menurutmu? Sampaikan corat-coretmu di bawah ini ya.

Read Prev:
Read Next:
  • ekkyfir

    Coba ka msk indonesia trs main di segmen mirage dkk, pasti mantep
    Tp sayang seribu sayang….. Ford nya aja mau cabut dr indo?

  • jono sujono

    Ka+??? hmm… mungkin nanti bisa juga tambahin panjang dikit jadi Ford Ka+ Panca…

    • Aryo Wicaksono

      bisa jadi. :v sayang di India sendiri belum ada rencana bikin purwarupa Ka+. 🙁

  • Aryo Wicaksono

    ford ka tuh dulu salah satu mobil yang jadi target untuk ganti satu mobil tua lagi di garasi rumah selain mazda 2 dan toyota sfr dengan isu seharga yaris, cuma sekarang nasib ford indonesia digantung, jadi tambah nggak jelas ini mobil bakal masuk indonesia atau nggak. ya kalau nanti nggak ada toyota sfr atau ford ka di Indonesia ya terpaksa ambil mazda 2 nanti.

  • Adamgus

    Sedan mini gini bentuknya ga bisa dibilang cakep sih emang, datar….

    ==================

    Bahas motor side car dong bang Yudh. Menarik hehe

  • panameraboy

    ini Brio versi Ford ya, sama-sama minjem platform kakaknya

  • Shark Owner

    Sekarang baca artikel Ford jadi nggak semangat, udah nggak bakal masuk Indo lagi produk2nya, padahal Ecosport FL keren tuh Speedo dengan TFT MID, Headlamp LED sama Park Assist

  • kabe kabe

    Eco sport ilang, eco sport ilang , karna atpmnya kabur wkwkwwkk