Ford Mustang Shelby GT500 2020, Kuda Tergalak!

by  in Ford&Merek Mobil&Mobil Baru
Ford Mustang Shelby GT500 2020, Kuda Tergalak!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemunculan varian Mustang terkuat pada gelaran Detroit Auto Show 2019 (14/01) lalu, makin melengkapi trim performa dari sang ‘kuda liar.’ Memang sebelumnya sudah muncul versi yang lebih jinak yaitu GT350 dan GT350R, namun para fans Mustang di luar sana pasti tidaklah puas sebelum melihat adanya varian GT500 dalam opsi varian Mustang.a

Sempat hiatus selama hampir 4 tahun lamanya, Mustang Shelby GT500 terakhir atau pada 2015 lalu masih mengedepankan desain khas American muscle car yang kekar dan sangat berisi. Namun zaman telah berubah, selera manusia pun juga ikut berubah. Jadilah muscle car zaman now yang memiliki desain yang kekar namun lebih ke arah sleek atau seksi, seperti halnya yang ada pada Kuda yang satu ini.

Bemper depannya mengalami perubahan radikal dibandingkan sang adik yaitu GT350. Berbagai lekukan tajam serta air vent-nya sangat mengintimidasi sang rival yang sudah keluar lebih dahulu, Chevy Camaro ZL1 dan Dodge Challenger Demon. Bagian sampingnya hanya memiliki perbedaan pada bentuk velg dan air vent yang sebelumnya ada di belakang ban depan jadi menghilang. Bagian belakang? Nope still the same, tambahan hanya ada pada spoiler yang sudah tidak sekedar ducktail lagi seperti GT500 sebelumnya. Masuk ke dalam interior, dan sekilas memang desainnya cenderung mirip dengan GT350. Tapi kalau kita perhatikan lagi, meter cluster-nya berubah menjadi full digital. Bahan kursinya juga tidak lagi suede seperti adiknya. Untuk centre consolesih sama saja. Hanya berbeda pada e-brake dan tuas transmisi.

Oke, masuk ke dalam pembahasan inti dari kemunculan seekor GT500, sektor mesin. Varian paling galak dari Mustang ini dibekali dengan jantung berkapasitas 5.200cc V8 supercharged. Memang engine block-nya masih sama dengan GT350, tetapi yang membedakan ada pada supercharger bawaannya. Kapasitas dari alat yang ‘bersiul’ dalam GT500 ini berada pada angka 2,65 liter, artinya supercharger itu lebih bertenaga dibandingkan dengan Camaro ZL1 dan juga Hellcat!

Sedikit lebih kecil memang dibandingkan Demon, namun tetap saja sang GT500 ini dapat mengeluarkan output lebih dari 700 hp. Waktu yang ditempuh dari 0-100 km/h juga hanya 3,5 detik, dan quarter mile kurang dari 11 detik saja. Masih menurut pihak Ford sendiri memang, kami berharap data tersebut memang benar adanya. Satu hal yang disayangakan dari mobil ini adalah transmisinya yang menganut dual-clutch transmission (DCT). Oke, memang memudahkan pengendara si GT500 ini nantinya. Tapi sebuah muscle car tanpa transmisi manual, it’s not thrilling anymore.

Mengutip dari Road & Track, Carl Widdman selaku chief engineer Mustang menjelaskan keadaan ini, “Untuk sekarang, kita hanya sediakan DCT saja, jika kita dapat feedback, kami (Ford) akan mendengarkan para penggemar Mustang. Kami (Ford) selalu mendengarkan apa yang masyarakat mau bukan?”

Jadi bagaimana menurutmu kuda liar paling beringas karya Ford yang satu ini? Apakah sudah sesuai dengan kalian para muscle car enthusiast? Beritahukan perspektifmu mengenai Ford Mustang Shelby GT500 lewat kolom komentar di bawah!

Read Prev:
Read Next: