Ford EcoSport Rakitan India Akan Dieskpor ke Amerika Serikat

by  in Berita&Ford&International
Ford EcoSport Rakitan India Akan Dieskpor ke Amerika Serikat
0  komentar
Ford-Ecosport-tanpa-konde

AutonetMagz.com – Meski dijual di Amerika Selatan, Ford EcoSport tidak pernah dijual di Amerika Serikat, setidaknya sampai saat ini. Nah, Ford India baru saja melayangkan kabar kalau mereka akan mengekspor Ford EcoSport rakitan pabrik mereka di Chennai ke negara asal Ford, yakni Amerika Serikat. Jadi, Amerika minta India untuk merakit mobil yang bakal dijual di Amerika? Hmm… Sudah kuduga.

Siklus produk Ford EcoSport mengisyaratkan kalau Ford EcoSport facelift-lah yang akan diekspor ke sana, yang artinya ia tak punya ban serep konde sebagai standar. Sekitar 90.000 unit Ford EcoSport rakitan India akan segera dikirim ke Amerika Serikat, dan jumlah ini melebihi jumlah EcoSport yang dijual di India sendiri.

Ford-EcoSport-facelift-2016-belakang

Kesempatan ini juga kemungkinan akan dimanfaatkan oleh produsen komponen di India untuk menaikkan level mereka. Karena penduduk Amerika Serikat tergolong cerdas dan waspada saat memilih kendaraan, terutama dalam hal kualitas, maka para produsen komponen akan melakukan peningkatan dalam proses manufaktur mereka.

Selain itu, sebenarnya Ford India juga sudah mengekspor EcoSport buatan India ke Eropa, jadi setidaknya ekspektasi akan kualitas industri manufaktur yang tinggi di India sudah bisa kelihatan buktinya. Kalau ekspor ini disetujui, Ford EcoSport akan jadi model dari merek Amerika pertama yang diproduksi di luar Amerika lalu diimpor ke Amerika lagi untuk dijual.

Interior-Ford-EcoSport-facelift-2016

Kalau dibandingkan dengan Indonesia, misalnya, sebenarnya kita juga pernah melakukan sesuatu yang mirip-mirip. Coba diingat-ingat, Daihatsu GranMax yang merupakan produksi Indonesia sudah diekspor ke Jepang untuk dijual sebagai Toyota Town Ace. Memang kelasnya beda jauh dengan Ford EcoSport, tapi setidaknya itu membuktikan kualitas manufaktur kita tak kalah saing kok dengan negara lain. Bukan begitu?

Read Prev:
Read Next: