First Ride: Harley-Davidson Sportster S 2023

by  in  Berita & Harley Davidson & International
First Ride: Harley-Davidson Sportster S 2023
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak hanya mencoba Nightster Special, kami pun juga dapat merasakan Sportster S terbaru dalam gelaran Harley-Davidson DRT (Dirt. Road. Track) Experience 2023 pada Jum’at (23/06) lalu di Khao Yai, Thailand. Jika Nightster dapat kita rasakan di jalan raya dan sirkuit, Sportster S 2023 ini eksklusif kita maksimalkan di 8 Speed Circuit saja. Berikut impresi kami menjalani ‘track day‘ dengan motor cruiser-sport Sportster S.

Harley-Davidson Dengan Rasa Berkendara Yang Unik

Impresi pertama kami ketika menaiki Sportster S sendiri tidak jauh dari Nightster Special, moge (motor gede) Harley-Davidson Sportster S 2023 masih terbilang ringan dengan posisi duduk yang terbilang nyaman untuk orang dengan postur tinggi badan 167 cm. Bagaimana tidak, berat isi hanya 228 kg dan tinggi kursinya hanya 765 mm membuat motor Harley ini masih enak bermanuver di dalam kemacetan maupun stop n go.

Namun walaupun motor ini ringan dan kursi pengendaranya rendah, Sportster S memiliki ergonomi berkendara yang cukup awkward. Jarak stang dengan jok yang terasa sedikit lebih jauh dan posisi footpeg yang lebih maju ke depan dibanding Nightster, membuat badan dari pinggang ke atas membungkuk sementara kaki santai selonjoran. Mungkin Harley-Davidson ingin mempertahankan ciri khas motor cruiser mereka namun ingin membuat rasa berkendara Sportster S jadi lebih sigap.

Sportster S 2023, Terlahir Untuk Sirkuit

Masih termasuk ke dalam lini model ‘Sport’ dalam keluarga Harley-Davidson bersama dengan Nightster, Sportster S dipasangkan velg depan 17 inci dan velg belakang 16 inci. Karakter suspensinya pun lebih ke arah performa dibanding kenyamanan berkat jarak main suspensi depan 92 mm dan suspensi belakang 51 mm. Penggunaan velg yang lebih kecil dengan karakter suspensi yang lebih keras membuat motor Harley ini lincah bermanuver dalam sirkuit bahkan ketika melewati tikungan ‘S’ kecil.

Belum lagi kelincahan bermanuver Sportster S turut didukung mesin terbaru Revolution Max 1250T dengan keluaran tenaga 121 hp di 7.500 rpm dengan torsi 125 Nm 6.000 rpm. Dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan dengan tenaga yang disalurkan ke roda belakang lewat v-belt, torsi Harley-Davidson Sportster S terasa responsif dan meledak-ledak. Alhasil Harley-Davidson Sportster S 2023 sangat seru untuk digunakan ketika jalan-jalan santai hingga track day sekalipun.

Soal pengoperasian berkendaranya pun mirip dengan Nightster karena dari segi fitur hingga penggunaan parts seperti spidometer digital TFT full color sampai ke tombol-tombolnya persis dengan sang adik. Dibanderol Rp 657,3 Juta on the road, apakah kalian tertarik meminang Harley-Davidson Sportster S 2023 untuk menjadi Harley pertamamu?

Read Prev:
Read Next: