Harley Davidson LiveWire, HD Paling Senyap

0  komentar

Autonetmagz.com – Jika kalian mendengar nama Harley Davidson, hal pertama yang kalian ingat pastilah motor glider dengan kubikasi mesin yang besar. Selain kegambotan badan dan kapasitas mesin, Harley Davidson juga memiliki image sebagai moge yang memiliki tenaga buas. Bukan hanya itu saja, HD, singkatan dari manufaktur motor asal Amerika ini, juga memiliki suara khasnya yang menggelegar. Dari model Street 500 hingga Ultra saja, suaranya kami jamin dapat membuat anda terkaget jika yang memilikinya melakukan rev bomb di sebelah anda.

Tenaga besar, bodi bongsor, mesin v-twin, dan suara yang menggelegar memang tak dapat terpisahkan dari sebuah HD. Walaupun memang suaranya ‘sangat’ mengundang perhatian, tapi telinga tak dapat dibohongi. HD lewat di jalanan, kepala anda akan langsung tertuju padanya dan telinga akan memasuki momen eargasm. Tapi manufaktur moge yang menjadi muka dari wilayah barat ini terus melakukan inovasi agar motor yang mereka buat tidaklah membosankan.

Walaupun tetap memiliki ciri khas yang telah disebutkan tadi, HD terus berusaha untuk menciptakan sesuatu yang out of the box. Kali ini pada gelaran EICMA atau Milan Motorcycle Show 2018, Harley Davidson merilis motor produksi terbarunya yang siap mengaspal tahun depan. Masih memiliki ciri khas sebuah HD memang, namun salah satu ciri khasnya telah menghilang. Apakah menghilangnya salah satu faktor kenapa motor HD disenangi membuat anda masih mengimpikan motor ini?

Adalah Harley Davidson LiveWire, seekor HD yang tetap berbodi besar, memiliki output badak, namun suara menggelegar khasnya menghilang. Tunggu dulu, motor Harley yang suaranya tidak menggelegar lagi? Yup anda tidak salah membacanya. LiveWire ini memiliki ‘penyesuaian’ pada suara karena penggeraknya bukan lagi sebuah combustion engine konvensional, melainkan permanent magnet electric motor. Singkatnya, Harley Davidson telah membuat sebuah motor listrik.

LiveWire sendiri bukanlah sebuah motor baru yang mengagetkan publik. Kemunculan perdanannya saja sudah ada pada 2014 lalu. Terlebih jika anda mengingat film Avengers : Age of Ultron, motor ini menjadi kendaraan Black Widow saat mengejar Ultron di Korea Selatan. Tapi jika melihat kembali motor project terdahulu dengan versi produksinya yang sekarang, hanya ada sedikit perbedaan saja pada desainnya.

Saat masih berstatus project, motor ini tidak terlihat memakai batok headlight sama sekali. Namun versi produksinya ini sudah bergaya seperti model HD Street Rod, retro street fighter. Mesin listrik berarti tidak ada V-Twin khasnya, namun tenang saja. Sistem Rechargeable Energy Storage System (RESS) yang ada di bagian bawah LiveWire memiliki ventilatedcover krum aluminium, dan hal tersebut membuat motor ini masih terlihat memiliki blok mesin yang besar. Pokoknya styling dan dimensi khas Harley, checked.

Pindah ke bagain jantungnya yang dipusatkan pada bagian tengah bawah agar pengendaliannya jauh lebih baik. Ditenagai dua baterai Li-Ion untuk memberikan tenaga pada mesin dan juga system kelistrikan, saying pihak HD masih belum membocorkan angka-angka pada spesifikasinya. Harley hanya menyatakan bahwa mesinnya adalah permanent magnet electric motor, tanpa kejelasan berapa angka output-nya.

Fitur yang tersedia pada LiveWire sendiri adalah suspensi adjustable dari Showa, sistem pengereman Brembo dengan ABS dan traction control, layar TFT adjustable untuk instrument cluster, 7 mode berkendara (4 bawaan pabrik, 3 kustomisasi pengendara), RESS yang telah disebutkan di atas, dan on-board level 1 charger (SAE J1772 dan IEC Type 2) yang kabelnya disimpan di bawah jok. Oh iya mengenai suaranya, semakin anda menarik throttle, suara ‘elektrik’ yang dikeluarkan juga akan semakin kencang, dengar saja pada tautan video di atas. Memang bukan suara ‘guntur’ lagi yang keluar, namun setidaknya mereka telah berusaha menggalakkan motor listrik ini. Motor listrik berarti tenaga instan nih, tenaga besar checked, suara menggelegar? Meh not really.

Pihak HD telah menyiapkan lini produksi ini agar bisa dibeli oleh khalayak umum pada 2019 mendatang. Harley sendiri telah serius ingin menggeluti segmen motor zero emission ini. Keseriusannya terlihat pada planning mereka yang akan menambahkan lini motor listriknya pada 2022 mendatang. Akan seperti apa ya Harley Davidson kedepannya? Kirimkan tanggapan kalian mengenai hal tersebut dan juga sang LiveWire di kolom komentar Disqus kami.

Read Prev:
Read Next: