First Impression Review KIA Sportage Indonesia Facelift 2014 with Video

by  in Kia&Mobil Baru&Review
First Impression Review KIA Sportage Indonesia Facelift 2014 with Video
0  komentar

Review AutonetMagz New KIA Sportage IndonesiaJakarta, AutonetMagz – PT KIA Mobil Indonesia akhirnya memberikan facelift kepada SUV jagoannya yang telah mengaspal di Indonesia sejak pertama kali KIA hadir di tanah air. Dari tahun 2011 silam, tecatat KIA Sportage generasi ketiga ini mampu membukukan penjualan lebih dari 6.000 unit, atau bisa dibilang sebagai SUV Korea terlaris di Indonesia.

Wallpaper KIA Sportage Indonesia

KIA New Sportage facelift 2014 ini mendapatkan ubahan yang tidak begitu signifikan secara eksterior. Untuk seluruh varian, kini New KIA Sportage mendapatkan model foglamp baru dengan desain memanjang horizontal, beda dengan versi sebelumnya yang kecil dan vertikal, Grille desain baru dengan corak berlubang warna hitam menggantikan grill sebelumnya yang mempunyai corak garis-garis horizontal. Velg baru 17 dan 18 inchi dengan desain yang lebih elegan melengkapi perubahan pada KIA Sportage 2014 ini.

KIA Sportage facelift 2014 Indonesia

Sedangkan untuk bagian belakangnya tidak begitu banyak ubahan, kecuali kombinasi lampunya yang memiliki desain berbeda, desainnya kini menganut mdoel ala BMW yang memiliki garis-garis menyerupai LED ketika lampu dinyalakan.

Mesin KIA Sportage

Ubahan paling signifikan pada New KIA Sportage facelift 2014 ini ada pada balik kap mesinnya yang mendapatkan mesin baru. Mesinnya kini menggunakan mesin Nu, 2.0L, D-CVVT menggantikan mesin Theta II meskipun sama-sama memiliki isi silinder 2.000 cc, 4 silinder segaris.

KIA Sportage Indonesia wallpaper

Meskipun baru, tenaganya justru terpangkas dari 166 PS menjadi 158 PS karena torsi puncaknya dipindah dari putaran atas ke putaran bawah, sehingga untuk meraih torsi maksimum dapat dicapai di Rpm 4.000 saja, sebelumnya dibutuhkan Rpm 4.600 untuk mencapai torsi maksimum.

Grill baru New KIA Sportage

Walaupun tenaganya lebih rendah 8 PS, KIA mengklaim akselerasi dari 0 ke 100km/jam lebih cepat karena bermain di putaran bawah. Konsumsi BBM-nya pun menjadi lebih hemat 12% termasuk emisi gas buang yang semakin rendah dibandingkan dengan mesin sebelumnya.

Dashboard New KIA Sportage tahun 2014

Masuk ke dalam interior varian tertinggi KIA Sportage 2014, yaitu varian Platinum, kita akan disuguhkan interior dengan warna kombinasi abu-abu dan putih yang sangat teduh dipandang. Garis desain interior yang mewah lebih menonjol dibandingkan dengan varian LX dan EX yang berwarna hitam.

Head unit touchscreen KIA Sportage

Di tipe Platinum, KIA Sportage terbaru telah dilengkapi dengan AC digital dengan climate control dan dual zone mode. Dan untuk varian LX dan EX, pengaturan AC-nya dibekali dengan tombol analog namun sudah memiliki climate control.

Fitur KIA Sportage Indonesia

Varian Platinum juga memiliki steering switch control pada sebelah kiri dan tombol cruise control pada sebalah kanan setir. Setirnya yang memiliki material kulit sangat nyaman digenggam, tampilan speedometernya meskipun tidak begitu spektakuler, menurut kami sudah sangat baik dalam memberikan informasi secara jelas.

Interior kabin depan KIA Sportage

Kursi pengemudi di varian EX dan Platinum sudah dilengkapi dengan 8 power electric seat seperti layaknya mobil mewah, dan duduk di kursi mobil ini sangatlah nyaman. Jahitan jok kulitnya yang cerah juga lebih terlihat dibandingkan dengan varian LE yang menggunakan warna hitam.

Interior jok belakang KIA Sportage

Kini KIA Sportage 2014 memiliki kursi penumpang belakang model reclining seat, sehingga penumpang belakang dapat dengan mudah menyesuaikan posisi duduk sesuai dengan keinginannya.

KIA Sportage facelift Panoramic Sunroof

Khusus varian Platinum, small SUV dari KIA ini sudah mendapatkan head rest yang dilengkapi monitor dengan sebuah tombol seperti iPad. Menariknya dibandingkan dengan mobil-mobil KIA lainnya, headrest bermonitor ini tidak mengurangi kenyamanan sandaran pengendara depan.

Bagasi luas KIA Sportage 2014

Bagian bagasinya masih tetap, tidak bertambah besar, namun untuk varian Platinum sudah memiliki sebuah subwoofer yang terletak rapi di bagian belakang tanpa harus mengurangi kelegaan ruang bagasi.

KIA Sportage Indonesia dengan Panoramic Sunroof

Fitur mobil ini sudah cukup komplit untuk ukuran SUV di kelasnya, mobil ini mendapatkan Panoramic Sunroof yang dapat dibuka terpisah pada bagian depan dan belakang.

KIA Sportage Indonesia Stability Control

Selain itu, KIA Sportage telah dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Descent Control. Tidak hanya itu saja, karena KIA Sportage juga dilengkapi dengan Downhill Brake Control yang berfungsi untuk mencegah mobil maju ketika jalanan menurun, juga terdapat Cruise Control pada tipe Platinum.

Doortrim New KIA Sportage 2014

Seluruh varian KIA Sportage kini mendapatkan head unit canggih yang dapat memutar DVD, Bluetooth, USB, AUX dan lengkap dengan koneksi internet untuk varian tertinggi. Di model KIA Sportage Platinum juga terdapat spion tengah dengan rear view camera.

KIA Sportage facelift 2014

Kesimpulannya, kami merasa KIA Sportage terbaru model 2014 ini semakin kaya fitur dan canggih jika dibandingkan dengan varian sebelumnya. Bahkan bisa dibilang mobil ini semakin jauh meninggalkan kompetitornya dari segi fitur, spesifikasi dan harga yang ditawarkan. KIA memberikan harga Sportage terbaru ini mulai Rp. 305 juta untuk tipe LX MT, Rp. 316,5 juta untuk tipe LX AT, Rp. 373 juta tipe EX AT dan KIA Sportage Platinum sebagai varian tertinggi dibanderol Rp. 418 juta, on the road Jakarta. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Saksikan video KIA Sportage di bawah ini

Review KIA Sportage

Test Drive KIA Sportage

Read Prev:
Read Next:
  • BaMs

    KIA bagus exterior nya, tapi sayang spareparts nya mahal dibandingkan produk Japan. Contoh KIA picanto 2013 service ke-2 (10.000 km) biayanya hampir 1,2 jt, mobil hanya 1,2cc…padahal saya pake innova G 2013 dg service yg sama (ke-2) mobil 2000cc, hanya 700rb an….sangkat kaget jg pas dibilang biaya servicenya, apalagi nanti yg ke 20-30rb katanya bisa diatas 2jtan…”cukup nyesel” juga sih ambil produk KIA kalau biaya servicenya aja “selangit”…mohon dipertimbangkan Manajemen KIA Indonesia agar biaya service nya jgn terlalu mencolok lah perbedaan dg produk japan, apalagi cc kecil dan mobil kecil (city car)…..trims.

    • Ridwan Hanif

      itu karena Kia pakai oli dengan sae 5W-30W, itu oli yang sama dengan mobil balap. Bisa minta kok ke beres diganti oli biasa yang harganya 200 ribuan per 4 liternya mas

  • BaMs

    Jujur dari lubuk hati yg paling dalam kalau tampilan exterior smua produk KIA saya suka….namun ya pikir2 lg deh setelah punya picanto ternyata biaya service mahal, suku cadang sulit lagi…??!!!!!

  • Hahoha

    Harga sampe 418 juta? wew… diskon 2 sampai 3 jutaan… lebih murah merek sebelah yang type prestige… 🙂

    • big hero 6

      oh ya, gue tau mobilnya. tapi mobil yang lu bilang itu, fiturnya masih minim + build quality yang malah down grade. ini gue jelasin :
      1. mobil ‘X’ (sebut aja gitu) build quality masih sama kayak LMPV.
      2. beberapa fitur unggulan KIA Sportage, seperti : panoramic sunroof, subwoofer, audio canggih, dll. mobil ‘X’ belom punya, foglamp + DRL aja ga ada

  • andy

    Weh semahal itu kah service nya bray BaMs utk KIA? Wah mikir lg deh beli KIA :-(, btw ap bedanya sorento ma sportage min?

  • belalang

    @andy, yang jelas sorento kelasnya diatas sportage.

  • belalang

    Produk KIA sekarang secara eksterior bagus, semenjak si peter gabung. Tapi kok kualitas interior dan desain interior masih kurang yah. Trus Durability KIA dan Hyundai masih harus ditingkatkan di semua sektor. Seharusnya duo Korea sudah mulai memikirkan ngebangun pabrik disini. Supaya harga bisa ditekan dan menyelesaikan permasalahan kelangkaan spare part

  • andy

    @belalang setuju bro hrsnya udh mulai mikir bikin pabrik tuh dfi indo

  • rudi sitompul

    autonetmagz kalo upload video review lama
    kalah sama autob!ld
    ayo dong dibanyakin SDMnya
    semangat autonetmagz!

    • Nwfirdaus

      Seenggaknya autonetmagz bener lah reviewnya ga ngaco kaya autob**d

  • BaMs

    Trims infonya mas ridwan hanif..namun, misal oli bisa diganti yg lbh murah, tp yg lainnya mana bisa……pokoknya amat sangat kaget biaya servicenya…dibandingkan innova aja kalah apalagi ma avanza nyungsep buanget…saya waktu punya avanza 2009 dan 2011 biaya service paling mahal 500rb (service ke-3)…y intinya pikir2 lg kalau ga ada perubahan, saya ga berani lg ambil produk KIA….padahal tadinya sebelum ambil innova mu ambil carens…liat kaya bgini…”serem”…maaf bukan “ga mampu” jg, tp kita berhitung secara ekonomis aja dan dari smua sudut pandang.

    • nengmanies

      Perasaan saya klo service Picanto saya (2010), murah tuh….
      Oli itu emang jauh banget bedanya…..10w/40, 4 liternya sekitar 250ribuan….nah klo ente pake yang 5w/30, 1 liternya aja bisa 200rb…..
      Di oli doank udah beda jauh Oom…..
      Kelangkaan spare part? Ane gak pernah ngalamin tuh…
      Lagian mobil baru, blom perlu sparepart aneh2…
      Klo pun di beres gak ada, ada beberapa bengkel spesialis KIA/Hyundai kok….
      All New Picanto itu pake mesin generasi baru…makanya butuh oli lebih encer, tapi service intervalnya bisa 10.000km…
      Klo pake yang 10w/40, cuma bisa 5000km…
      Liat juga…itu pake part asli gak…..jangan2 pake kw30….
      Sparepart KIA/Hyundai jarang yg KW…beda sama papanjah, sinia sama nonopah…

  • nurhuda

    Ane cari2 belum ada review all new picanto ya, direview dong all new picanto biar bisa sebagai pembanding sama hatchback sekelas.

  • Tipe platinum tinggi bgt harganya..!!
    Klo ga salah ada varian sportage yg CBU ada yg CKD ya min? Keren design eksterior kia sekarang..tp belom nyaman di hati euy. Kia hrs lbh bangun trust mulai dr lineup bawah aja dl. Just my 2 cent

    • Ridwan Hanif

      kalau bandingin sama juke sih, ini lebih murah

  • Kelihatannya strategi penjualan kia bukan untuk kejar volume tapi kejar brand image dan prestige owner-nya.anggap lah seperti brand VW bahkan Honda pun harga jauh meninggalkan kompetitor bahkan fitur dipangkas tapi tetap ada fanatik merk atau mereka yang mau tampil beda.

  • Autonetmagz mohon review test drive khususnya tipe LX karena paling banyak saingan di level tersebut termasuk dari kelas lain

  • Saya udah pake kia selama 2 tahun, dan pertama kalinya pake brand ini setelah sebelum nya memakai brand jepang. Sejauh ini puas memakai brand ini
    Masalah biaya servis, semua relatif. Innova dan avanza dibangun dan dirakit di indonesia makanya serba murah. Coba bandingkan dengan vios atau altis yang masi import thailand, saya rasa akan sama saja

    Tapi untuk value for money, brand ini unggul. Fiturnya berlimpah dan kualitas nya semakin baik

  • Samuel

    gw ud pake kia picanto 5 taon, puas bgt pake kia.. ga ada rewel sm skali n aftersales nya bagus bgt.. sebisa mgkn bakal pake kia kl beli mobil lg.. nissan gw rewel bgt kaki nya, n toyota gw bengkel resmi nya nakal n ga beres kerja nya.. blkgan coba hyundai, tp ga terll memuaskan sperti kia..

    • carlovers

      apalagi kualitasnya sekarang cakep banget. beli mobil korea rasa mobil jerman

  • kiauser

    Saya sudah pake kia carens 2 mt selama 4 th. Trus ganti sportage 2 at 3 th. Ok2 aja. Sekarang pake innova jln 2 th. Duh berasa bgt bedanya, minim fitur. Skrng lagi mau ambil sportage buat ganti innova. Soal spare part saya blm ada kendala, mungkin krn di jkt. Dan bener value for money lah.

  • Ngana31

    KIA sparepart mahal seriously?
    Kl sparepart kia tahun 2000-2010 banyak dan murah2 tuh, mesin2 KIA tua masih pada bandel cuma kaki2 aga ringkih ya

  • alvin

    cerita dari temen gue, dia puas banget make sportage platinum. dia beli taun 2013. tapi overall emang bagus banget katanya. ini gue jadi mikir dulu, niatnya mau beli cr-v 2.0 prestige, tapi ambil sportage platinum 2014 aja lah, lebih value for money.

  • Julia Perez

    waduh, seksi gile awak nemen kaya sandi awak .. seksi buangettt *sekalisekali menjawa kelez yeah akuuu*

  • wokeren

    Kelebihan new sportage yang tidak ada di CR-V 2.0 :
    1. CBU quality
    2. Pelek 18 inci
    3. Jok kulit
    4. Rear monitor
    5. Electric seat
    6. Projector headlight
    7. Soft touch material
    8. Panoramic roof
    9. Smart key
    10. Start button
    11. Sub woofer
    Kelebihan CR-V 2.0 yang ga ada di new sportage
    1. Brand image yang lebih kuat
    2. Telescopic steering