All New KIA Rio Resmi Diluncurkan di Indonesia International Motor Show 2017

by  in IIMS 2017&Kia&Mobil Baru
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi bahwa KIA akan membawa kekuatan terbarunya di ajang Indonesia International Motor Show 2017 yang baru saja dibuka hari ini, Kamis 27 April, hingga 10 hari ke depan. Dan benar saja, KIA Motor Indonesia resmi meluncurkan jagoan terbarunya di segmen hatchback, yaitu All New KIA Rio generasi keempat, setelah beberapa waktu lalu kami juga sempat merilis sedikit bocoran KIA Rio baru 2017 yang tiba di tanah air.

Menanggapi perkembangan pasar yang makin ketat dengan munculnya versi terbaru dari para pesaingnya, KIA Motor Indonesia menjawabnya dengan memperkenalkan generasi teranyar dari KIA Rio. All New KIA Rio 4th gen kini melompat secara penampilan dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Garis – garis tegas menghiasi tiap sudut mobilnya, meninggalkan kesan membualat yang ada di generasi ketiga. Identitas KIA yaitu grill tiger nose juga masih tetap diberikan kepada sang hatchback 5 pintu ini.

Secara desain, memang tak ada banyak komplain yang bisa kita sampaikan. Desainnya lebih lugas dengan kesan tegas pada sisi depan dan belakang. Lampu utamanya sudah menggunakan model proyektor yang diberi nama Bi Function Headlamp oleh KIA. Selain itu LED DRL dan lampu sein LED di spion juga sudah menjadi standar di mobil ini. Foglamp juga tak ketinggalan diberikan di bumper depan, yang ukurannya mungil namun menganur model proyektor pula.

Sedang di sisi samping, velg baru disematkan pada generasi keempat KIA Rio ini yang memiliki profil 185/65 dengan lingkar 15 inci, modelnya sendiri multispoke. 

Sedangkan di sisi belakang, mobil dengan panjang 4.065 m ini memiliki lampu belakang yang cukup besar yang dilengkapi dengan high mounted stop lamp, walau tanpa spoiler belakang. Sensor parkir belakang juga absen di model ini, menyisakan sensor parkir ‘jeduk’ ala rekan kami HillSat.

Bumper belakangnya dilabur warna hitam yang terlihat sporty dengan tambahan dua reflector di sisi bawa kanan kirinya, serta defogger dan wiper di kaca belakang. Jika anda bertanya, dimana ornamen krom di mobil ini, jawabannya hanya ada di grill depan, disekitar foglamp, dan di bawah kaca samping. Jadi mobil ini termasuk minim aksen krom, tidak seperti merk yang itulah.

Masuk ke dalam, anda akan disajikan tampilan dashboad yang baru. Dashboard milik All New KIA Rio 2017 ini terlihat lebih landai, dengan head unit yang sebenarnya kurang menarik minat untuk melihatnya. Tidak ada yang salah sebenarnya, namun ini tahun 2017, dan tentu kita berharap setidaknya ada layar sentuh untuk head unit di mobil dengan segmen small hatchback ini. Pengaturan pendingin udarannya juga sederhana, dengan model knop putar biasa dan belum digital. Terdapat pula laci penyimpanan terbuka yang ukurannya lumayan di depan tuas persneling yang disisi atasnya terdapat port USB dan AUX. Empat buath speaker dan dua tweeter siap mendukung snag head unit.

Namun ada sebuah keunggulan di All New KIA Rio yang tak dimiliki kompetitornya di kelas ini, yaitu Power Sunroof & Sun Shade. Selain itu meter cluster juga terlihat lebih elegan di generasi terbarunya ini. All New KIA Rio juga memiliki lingkar kemudi yang baru dengan audio steering switch dan juga tilt and telescopic steeringnice. Urusan keselamatan, KIA juga memberikan dual SRS Airbag pada mobil ini. Mobil ini sendiri mendapatkan 5 bintang NCAP untuk urusan keselamatan.

Untuk urusan mesin KIA Rio 2017 ini dibekali mesin 1.400 cc 4-silinder D-CVVT Kappa yang mampu menelurkan tenaga maksimal 100 PS pada 6.000 rpm, dan ledakan torsi 133,3 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi manual dan otomatis ditawarkan pada All New KIA Rio. Urusan harga, KIA Rio 2017 dijual mulai 250 juta Rupiah. Pilihan warnanya beragam, seperti Aurora Black Pearl, Platinum Graphite, Silky Silver, Clean White, Smoke Blue, Deep Sienna Brown, Signal Red dan Most Yellow. Jadi, sang hatchback Korea generasi terbaru ini telah resmi hadir di Indonesia, dan tampang rupawannya tak kalah dengan para artis dari negerinya sana. Bagaimana komentar kalian, kawan?

Agar lebih jelas, dibagian atas artikel ini kami sertakan video first impression KIA Rio baru 2017 langsung dari IIMS

Read Prev:
Read Next: