Fiat New 500 Facelift Diklaim Punya Hingga 1.800 Perubahan Dibanding Versi Lamanya

by  in Berita&Fiat&International
Fiat New 500 Facelift Diklaim Punya Hingga 1.800 Perubahan Dibanding Versi Lamanya
0  komentar
fiat-500-facelift

AutonetMagz.com – Meski sebenarnya mobil ini lebih layak dibilang sebagai Fiat 500 facelift, tapi orang Italia lebih suka menyebutnya sebagai Fiat new 500. Alasannya, mereka melakukan hingga 1.800 ubahan pada hatchback mungil mereka ini sehingga mereka pede menyebutnya new 500. Padahal secara desain mungkin tidak ada perubahan signifikan dari yang lama, tapi kok berani bilang kalau ubahannya sebanyak itu?

Minimnya perubahan desain adalah karena Fiat tidak mau kebanyakan mengusik desain asli 500 yang sudah sangat ikonik itu. Mereka memilih main aman agar konsumen tetap mudah mengenali bentuknya dan menyukainya sebagai Fiat 500 yang sudah pernah mereka lihat sebelumnya. Hal serupa juga bisa kita temui di Porsche 911 yang hampir tidak pernah mengubah bentuknya secara signifikan.

fiat-500-facelift-hitam

Pada bagian luarnya, kita bisa menemui headlamp yang (sedikit) diubah dengan tambahan signature lamp serta DRL LED baru, cluster lampu LED belakang juga diubah sedikit. Ubahan yang minim juga ada di gril serta bumper depan dan belakangnya. Jika mobil ini disandingkan dengan Fiat 500 lama, mungkin perlu beberapa waktu untuk bisa mengenali mana yang belum facelift dan mana yang sudah facelift.

fiat-500-convertible-facelift

Ubahan yang paling terasa bakal muncul saat kita menyimak kabinnya. Fiat 500 baru dipermak dengan penggunaan bahan-bahan yang lebih berkualitas dan opsi trim yang lebih banyak dari Fiat. Di varian yang lebih mahal, ada panel instrumen digital dengan layar TFT 7 inci, tapi sistem infotainment Uconnect dengan layar 5 inci sudah jadi standar semua Fiat 500. Material peredaman suara sekarang lebih tebal agar kabinnya lebih nyaman.

interior-fiat-500

Mesinnya bagaimana? Sekarang mesinnya tersedia dalam versi 1.200 cc 68 hp dan 900 cc turbo dengan 2 pilihan tenaga, yakni 85 hp dan 105 hp. Emisi CO2 mesin 900 cc turbonya turun jadi kurang dari 90 g/km, sementara konsumsi BBM versi 85 hp membaik jadi sekitar 26 km/liter. Mesin diesel MultiJet 1.300 cc kini menghasilkan tenaga 95 hp dan emisi 89 g/km.

kabin-fiat-500-putih

Untuk beberapa waktu ke depan, Fiat akan menyiapkan versi Eco dari mesin 1.200 cc milik 500 dengan emisi 99 g/km, body kit lebih aerodinamis dan ban dengan hambatan gelinding rendah. Terus versi Abarth-nya bagaimana? Sayangnya, belum ada kabar mengenai Fiat 500 Abarth yang kencang itu, padahal Fiat bilang mereka sudah memperbaiki sasis Fiat 500 baru.

Uniknya, Fiat 500 menggunakan transmisi matik Dualogic yang merupakan transmisi manual yang diberi otak robotik untuk memindahkan gigi sendiri. Ini sama persis dengan prinsip AMT Proton Savvy atau Suzuki Karimun Wagon R GS AGS AMT (nama yang panjang ya?), yang komponennya dibuat oleh Magneti Marelli asal Italia.

transmisi-dualogic-fiat-500

Jujur saja, kami tidak terlalu menyukai transmisi jenis ini karena karakternya agak lemot. Kami lebih suka karakter transmisi torque converter, CVT atau dual clutch daripada matik seperti ini, meski transmisi tersebut pembuatannya memakan biaya yang cukup murah daripada matik pada umumnya. Karena Fiat dan Magneti Marelli adalah sama-sama merek Italia, maka kami tak akan heran kalau transmisi Dualogic Fiat 500 facelift memakai punya Magneti Marelli juga.

wallpaper-fiat-500-convertible

Fiat baru akan menjual 500 facelift pada bulan September mendatang dengan harga mulai 10.890 Poundserling (225,8 juta Rupiah). Dengan prestasi penjualan sebanyak 3,8 juta unit sejak muncul tahun 2007, apa model facelift ini bisa sama larisnya? Kita tunggu saja. Kalau menurutmu bagaimana? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rafli Santosa

    Yg Abarth juga g di facelift nih padahal lebih keren Abarth apalgi tuas persnelingnya yg model pencet.

  • Rafiprima

    Mantap nih mobil ….

    Btw first impressionnya kia picanto sama rio platinum kapan keluar nihh ? Udah ga sabar :p

  • ap88

    keren dah…