Ferrari GTC4 Lusso T, Lebih Sensible Dengan Mesin V8 Turbo dan RWD

Ferrari GTC4 Lusso T, Lebih Sensible Dengan Mesin V8 Turbo dan RWD
0  komentar

AutonetMagz.com – Dari dulu, Ferrari selalu gila-gilaan kalau membuat mobil, baik itu dari bentuk, estetika, konsep maupun performa. Tapi yaa.. memang begitu kalau orang Italia membuat mobil, mereka pikir membuat mobil adalah seni, agak beda dengan orang Jerman yang membuat mobil dengan mengutamakan kalkulasi sampai ke hal terkecil sekalipun. Maka dari itu, rasa antara mobil Jerman dan mobil Italia pasti beda.

Namun dulu Ferrari pernah mencoba untuk “jualan” sedikit dengan Ferrari FF. Pemikiran mereka saat membuat FF adalah,”Konsumen kita pakai Ferrari pas akhir pekan, kalau gitu kenapa tidak sekalian mobil harian mereka Ferrari juga?” Karena itulah, Ferrari FF dibuat senyaman mungkin dengan ruang yang cukup untuk 4 orang, bagasi yang lebih lega daripada Renault Scenic, pelipatan jok belakang dan lain-lain.

ferrari-gtc4-lusso-t

Versi facelift dari Ferrari FF, yakni Ferrari GTC4 Lusso yang masih mengusung konsep sama dengan FF dan mempertahankan mesin V12 N/A dan AWD rupanya kini makin memakai akal sehat daripada kegilaan. Kini, ada varian GTC4 Lusso T dengan mesin V8 twin turbo dan penggerak roda belakang alias RWD. Mesin V8 twin turbonya sendiri agak mirip dengan Ferrari 488 Spider dan Ferrari 488 GTB, yakni 3.900 cc V8 twin turbo.

Bedanya, output Ferrari GTC4 Lusso T lebih jinak dengan “hanya” 602 hp dan 760 Nm, tapi performanya sama sekali tidak layak dibilang buruk. Akselerasi dari 0-100 cukup 3,5 detik, hanya lebih lambar 0,1 detik dari versi V12 AWD, sementara top speed ada di angka 320 km/jam. Salah satu kuncinya adalah berkat bobot yang lebih ringan dengan pemangkasan komponen AWD Ferrari GTC4 Lusso menjadi RWD saja.

ferrari-gtc4-lusso-t-rear

Tapi hanya sistem AWD dan mesin V12 saja yang hilang, sementara ia masih menggunakan sistem 4 wheel steering seperti Ferrari F12 tdf dan Side Slip Control (SSC3) sebagai fitur asistensi standar untuk driver. Tinggal menunggu, kapan Ferrari Jakarta berminat membawa Ferrari GTC4 Lusso ke sini, dan varian mana yang dibawa? Apa V12 AWD atau V8 twin turbo RWD. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: