[Exclusive] First Impression Review Mazda 2 SkyActiv 2015 Indonesia [with Video]

by  in IIMS 2014&Mazda&Mobil Baru
[Exclusive] First Impression Review Mazda 2 SkyActiv 2015 Indonesia [with Video]
0  komentar

Harga Mazda2 SkyActiv baru 2014 IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Akhirnya kami mendapatkan kesempatan eksklusif untuk melakukan first impression Review Mazda 2 SkyActiv 2015 Indonesia di IIMS. Penasaran? Simak laporan langsung AutonetMagz dari IIMS 2014 ini.

Mazda2 SkyActiv ini sebelumnya diperkenalkan dengan nama Mazda Hazumi Concept di Geneva Motor Show awal 2014 lalu, uniknya ketika mobil ini masuk ke dalam tahap produksi sebagai penerus Mazda 2, Mazda mewujudkan versi produksi dari Hazumi konsep ini sangat identik tanpa ubahan yang terlalu jauh dari versi konsepnya.

Eksterior

Dari desain eksterior luarnya, All New Mazda 2 SkyActiv kini memiliki tampilan khas Kodo Design yang mirip sekali dengan kakak-kakaknya. Sebut saja Mazda CX-5, Mazda6 hingga Mazda3, bahkan kami seperti melihat sebuah Mazda3 dalam wujud yang lebih kompak.

Mazda 2 baru SkyActiv 2014 Indonesia di IIMS 2014

Lampu depan mobil ini menggunakan teknologi LED DRL (Daytime Running Light) dengan desain unik yang melingkar kebawah mengikuti pola projector headlamp LED nya yang sudah dilengkapi dengan fitur auto leveling headlight. Tidak seperti kompetitor lain yang biasa memberikan LED DRL stripe sederhana dengan posisi terpisah dari lampu utama.

Lampu depan projector headlight Mazda 2 baru 2014 SkyActiv

Lampu depan mobil ini juga telah dilengkapi dengan light sensor yang dapat menyalakan dan mematikan lampu depan secara otomatis. Dari samping, mungkin kita akan menyangka bahwa mobil ini hanya mengalami facelift dari Mazda 2 generasi sebelumnya, namun jika kita melihat secara spesifikasi dimensi yang bertambah mulai dari wheelbase, panjang dan tinggi, baru kita menyadari bahwa ini adalah mobil yang di desain sama sekali baru dibandingkan generasi sebelumnya.

Karena bentuknya yang dibuat sangat sporty, Mazda enggan mengikuti kompetitor di kelasnya yang membekali mobil-mobil mereka dengan body kit dengan tujuan tampil lebih sporty dan dinamis.
Kelebihan Mazda 2 baru 2014 SkyActiv
Mazda 2 meskipun tidak memiliki tambahan body kit, bentuknya sudah sangat sporty jika dibandingkan dengan kompetitor, apalagi mobil ini dilengkapi dengan Alumunium Alloy Wheel 16 inchi berdesain futuristis yang sangat ringan.

Dari belakang, sekilas kita akan melihat bentuk Mazda 2 generasi sebelumnya kecuali lewat desain lampu belakang baru yang lebih tajam. Di bagian belakangnya pun kita akan menemukan teknologi-teknologi canggih, lupakan rear view camera dan sensor parkir yang umumnya dimiliki oleh kompetitor, karena di Mazda 2 SkyActiv terbaru ini, kedua teknologi tersebut terasa sangat sederhana jika dibandingkan dengan teknologi Rear Cross Traffic Alert yang mampu mendeteksi dan mengingatkan pengemudi jika pada saat memundurkan kendaraan ada kendaraan lain yang sedang berjalan dari arah samping.

Fitur fitur Mazda 2 SkyActiv baru 2014

Seluruh varian Mazda 2 baru ini mulai dari tipe V, R dan GT sudah dilengkapi dengan perangkat keamanan seperti rem dengan ABS, EBD, BA, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Launch Assist, 2 buah airbags.

Sedangkan untuk varian tertingginya yaitu tipe GT, mobil ini sudah dilengkapi dengan i-Active Sense seperti pada Mazda 6 mulai dari Advanced Blind Spot Monitoring System, Rear Cross Traffic Alert dan Smart City Brake Support (SCBS) yang akan melakukan pengereman secara otomatis ketika ada objek yang melewati depan kendaraan untuk mencegah mobil menabrak pedesterian. Sistem SCBS ini menggunakan teknologi Laser yang berada dibalik spion tengah kaca depan. Canggih ya!

Interior Mazda 2 SkyActiv

Masuk ke dalam interior Mazda 2 SkyActiv 2015 ini kita akan dikejutkan dengan desain interior yang baru dan sangat simpel dibandingkan dengan mobil-mobil Jepang pada umumnya. Desain dashboardnya dibuat minim tombol dan mirip seperti mobil mewah Jerman entry level seperti Audi A3, Mercedes-Benz A Class atau BMW 1 series.

Interior All New Mazda2 2014 SkyActiv

Selain desainnya yang dibuat klasik futuristik, kualitas pemilihan bahan dan finishing yang diberikan Mazda juga sangat rapi dan cantik sekali. Tidak seperti Toyota Yaris yang memberikan dashboard plastik yang dibuat seperti bahan kulit, di Mazda 2 SkyActiv benar-benar diberikan kulit serta jahitan asli berwarna merah di bagian dashboard, konsol tengah, jok kursi hingga door trim. Berkat kombinasi penggunaan material mewah ini kita terasa seperti duduk di dalam mobil mewah.

Pada dashboardnya kita tidak akan menemukan seperangkat tombol-tombol ribet seperti layakanya kompetitor, Mazda membuang semua hal tersebut dan membuatnya minimalis seperti desain dashboard tengah BMW. Di tengah dashboard kita akan menemukan sebuah layar 7 inchi yang terlihat seperti mengapung, 3 buah tombol AC model putar dan slot untuk memasukan CD, 2 buah slot USB dan 2 buah slot SD card serta 1 buah slot AUX in. Mazda mengganti semua tombol-tombol tersebut dengan Commander Control yang terdiri dari tombol-tombol sentuh dan berputar seperti layaknya “Jog” pada BMW iDrive.

Commander controller jog pada Mazda2 SkyActiv 2014

Uniknya meskipun telah dilengkapi dengan controller, layar 7 inchi nya masih dapat dioperasikan dengan sentuhan tangan alias touchscreen. Keren!

Duduk di bangku pengemudi, kita akan menemukan posisi tempat duduk rendah seperti Mazda 2 generasi sebelumnya. Pengaturan yang diberikan Mazda 2 cukup banyak mulai dari kursi dengan height adjuster, setir dengan Tilt dan Telescopic Steering dan yang paling mengesankan ada pada bentuk sandaran kursi semi sport yang sangat nyaman digunakan.

Posisi duduk di jok kabin Mazda 2 SkyActiv 2015

Menggenggam kemudi dengan lingkar berlapis kulit ini dibuat cukup sporty dengan jahitan berwarna merah, untuk varian otomatis kita akan menemukan Paddle Shifter di balik setir dan di sisi kiri setir terdapat tombol-tombol untuk mengatur audio, handphone dan informasi yang terdapat di balik speedometer.

Salah satu bagian terbaik dari Mazda 2 SkyActiv ada pada speedometer nya yang dibuat seperti pesawat terbang di varian GT. Speedometer Mazda 2 SkyActiv terdiri dari 3 buah slot display yang terdiri dari sebuah jarum berputar di bagian tengah untuk menunjukan RPM dan dua buah layar digital high contrast di kanan kirinya yang sangat jelas untuk dibaca.

2015-Mazda2-Head-Up-Display

Sedangkan untuk menunjukan informasi kecepatan kendaraan, sebuah kaca di atas speedometer akan terbuka dan mendapatkan proyeksi layar digital untuk menunjukan kecepatan yang dinamakan Active Driving Display.

Masuk ke bangku belakang mobil ini mungkin tidak terlihat seluas kompetitornya, namun dari segi ruang headroom dan legroom, Mazda 2 SkyActiv sudah cukup menjanjikan karena untuk posisi duduk tester yang memiliki tinggi 170 cm tidak mengalami masalah.

Mesin Mazda2 baru 20114

Awalnya kami mendapatkan spesifikasi melalui brosur yang menyebutkan bahwa Mazda2 2015 ini memiliki tenaga 115 Ps dan torsi 148 Nm. Namun di hari Jum’at (19/09) ketika PT Mazda Motor Indonesia melakukan presentasi produk, Mazda 2 SkyActiv mengalami sedikit penurunan tenaga menjadi 110 PS dan torsi menjadi 141 Nm, kemungkinan besar penurunan tenaga ini disebabkan oleh penyesuaian kualitas bahan bakar di Indonesia yang masih sangat terbelakang dibandingkan dengan negara tetangga.

Mesin Mazda 2 SkyActiv baru 2015 Indonesia

Namun tidak perlu kecewa, karena Mazda menjanjikan optimasi engineering melalui platform teknologi SkyActiv yang terdiri dari SkyActive Drive transmission yang lebih presisi, ringkas dan ringan dibandingkan dengan transmisi automatic biasa. Untuk varian manual pun kita akan mendapatkan transmisi 6 percepatan.

Kesimpulan

Dengan banyak fitur canggih, Kodo design eksterior dan interior seperti layaknya sebuah mobil mewah Jerman entry level. Mazda 2 SkyActiv 2015 adalah game changer di kelas sub compact hatchback di Indonesia. Rentang harga mulai dari 220 juta hingga 270 juta menurut kami masih sangat kompetitif jika dibandingkan dengan kompetitornya yang sama-sama berasal dari Jepang namun tanpa fitur-fitur canggih. Mungkin lawan sepadan dari Mazda2 SkyActiv ini di Indonesia hanya Ford Fiesta EcoBoost berkat banderol harga yang lebih terjangkau.

Karena ini momen spesial hadirnya All New Mazda 2 SkyActiv 2015 untuk pertama kali di kawasan Asia Tenggara, maka rugi rasanya jika kami tidak membuat video. Demi pembaca setia AutonetMagz, dibawah ini video first impression review Mazda 2 baru. Selamat menyaksikan.

Read Prev:
Read Next:
  • Drpd jazz RS + cuma ganti atep jadi item, ya mending mazda 2 GT lah, kalo mw pny mazda 6 tpi duit gacukup bisa bli mazda 2 dulu.. hehe

  • Bobby

    Coba mas hanif dijelaskan perbedaan spek dan fitur antara tipe v, r, dan gt lebih rinci lagi. Misalnya harga tipe r berapa? Fitur yg hilang dari tipe gt apa saja gitu. Dibuat tabel lebih baik lagi

    • Ridwan Hanif

      Belum ada keterangan lengkap harga dan spesifikasi, spesifikasi horse powernya saja sempat berubah dari brosur dan release untuk media

  • Jemmy

    Mas Hanif, apakah semua varian menggunakan velg 16″?
    berapa ground clereance nya dengan velg ini?tq mas

  • yuda

    tinggal tunggu review driving expnya nih..
    interiornya bner2 quantum leap dr rival2 jepun lainnya..

  • Dhika

    mantap, dijamin bakal jadi pesaing berat jazz, yaris, dkk. Remnya gimana? udah cakram depan belakang?

  • Farrel

    Wow canggih bener ada Head Up Display buat kecepatan.

  • nathan

    daripada jazz atau yaris mendingan ini. koneksi internet apakah udah ada seperti di yaris?

  • carlovers

    gila cakep banget ini mobil (y) kalahin tuh fiesta sama yaris dkk.

  • Adrians

    Bang hanif, emang yang tipe GT belon ada Body kit ya? Kalopun belum harusnya kadih side skirt ajah biar sporti sampingnya biar kaga keliatan “cingkrang”..hehe

  • rizki

    memang seharusnya mobil2 seperti ini pake bahan bakar non subsidi biar power sesuai mesinnya, tapi kalo yang beli maunya pake bahan bakar subsidi yang terbelakang yah terpaksa diturunin powernya. Harusnya kalo APM bersatu membuat produknya cuma bisa pake bahan bakar non subsidi, pembeli bisa apa? Bisa bikin bangkrut APM karena gakda yang beli hehe

    • Ridwan Hanif

      Hal ini sedikit sulit, memang seharusnya pabrikan tidak perlu menyesuaikan untuk penggunaan bahan bakar premium, tapi kalau tidak bisa diisi dengan bahan bakar berkualitas rendah tersebut, akan menjadi image buruk bagi produk ke depannya karena tidak bisa diisi premium. biasalah orang Indonesia bisa beli mobil 200 juta keatas tapi mindsetnya masih merasa miskin sehingga beli bensin saja masih harus dibantu negara

    • tim

      Gimana mau kaga ngisi BBM subsidi, wong wkt itu skitar bln” nyaleg gw lagi ngisi di pertamina alsut tiba” disebelah gw dtg serena item ditempelin foto caleg, pas gw liat ngisinya premium juga… gw aja pake livina isinya pertamax

  • Dewa

    request test drive nantinya Yang Mazda 2 versi GT donk , ambil varian yang hebat nya mazda 2 , biar kelihatan ama kelebihan nya mazda 2 GT dan tar cari celah nya dimana aja + kasi saran dari celah itu yah mas ridwan 🙂

  • Anas Mazda

    Ini baru mobil sesungguh nya. Keren bngtt. Sukses untuk Mazda

  • tedi

    Mas, video tes drive nya donk…
    sma konsumsi bbm yang matic nya…

  • Charies

    Hari ini saya lihat pameran Mazda 2 di salah satu mall Jakarta Barat dan Mazda yang didisplay adalah tipe R AT.

    Ternyata yang resmi dijual itu mengalami beberapa penyunatan ya? Penyunatan yang paling kelihatan jika dibandingkan dengan video itu:
    1. i-activsense tidak ada di tipe R (hanya ada di tipe GT)
    2. jok kulit tidak ada di semua tipe (termasuk GT)

  • farhan Masyara

    Mas hanif di mazda 2 udah dilengkapin dengan engine start stop belum? terus udah pake keyless entry? Kaya yaris gitu?