IIMS 2014 Akan Ditingkatkan Kualitas Semua Aspek

by  in IIMS 2014&Nasional
IIMS 2014 Akan Ditingkatkan Kualitas Semua Aspek
0  komentar

IIMS 2014 Akan Ditingkatkan Kualitasnya

AutonetMagz.com –  Tahun 2014 ini diprediksi akan menjadi tahun yang penting bagi perkembangan industri otomotif secara global, karena di tahun inilah penjualan kendaraan di seluruh dunia diramalkan akan menembus angka 85 juta unit. Hal yang sama untuk pasar otomotif nasional yang masih memiliki potensi cukup besar untuk berkembang. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bahkan berambisi membawa industri otomotif Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Target ini menyusul pencapaian produksi dan penjualan otomotif nasional pada tahun 2013 lalu.

Data terakhir yang tercatat di Gaikindo menunjukkan angka penjualan mobil di pasar domestik hingga tutup tahun 2013 ini, mencapai angka 1.229.903 unit, menembus target penjualan Gaikindo yang menyasar angka 1,1 juta unit. Dan yang tidak kalah membanggakan adalah kenaikan signifikan pada angka produksi indutri otomotif pada tahun 2013, hingga akhir tahun 2013 angka produksi mobil mencapai 1.208.165 unit, mengalami kenaikan sekitar 13% dibandingkan dengan angka produksi pada tahun 2012 yang tercatat sebesar 1.065.557 unit. Data ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri otomotif dan semakin mendorong ambisi Gaikindo untuk menjadikan Indonesia sebagai barometer industri otomotif di Asia Tenggara.

Asumsi positif dari banyak pihak terhadap industri otomotif Indonesia yang terus mengalir, turut mendorong sikap Gaikindo positif dalam menetapkan target tahun 2014 ini, Sudirman MR, selaku Ketua Umum Gaikindo menyatakan “Pencapaian tahun 2013 merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai Gaikindo, dan kami positif tahun 2014 akan dapat melampaui pencapaian industri otomotif Indonesia pada tahun 2013 kemarin yang mencatat kenaikan nilai transaksi sebesar hampir 10%”. Gaikindo memproyeksikan penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2014 dapat mencapai angka 1.250.000 unit, dengan memperhitungkan beberapa faktor strategis yang berpengaruh seperti kenaikan harga minyak dunia, kenaikan upah buruh, kenaikan tarif dasar listrik, gas untuk industri, dan penyesuaian lainnya. Angka proyeksi penjualan pada tahun 2014 tersebut dianggap ideal.

Booth TATA Motors Indonesia di IIMS 2013

Salah satu yang menjadi barometer gairah dan daya beli pasar domestik adalah pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS), ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini selalu mampu menarik perhatian dan keingintahuan publik terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia. Berbagai produk dengan teknologi terkini yang hadir pada pelaksanaan IIMS 2013 tercatat berhasil menyedot perhatian 373.661 pengunjung, dan selama penyelenggaraannya, IIMS 2013 berhasil membukukan nilai transaksi lebih dari 4,9 triliun Rupiah.

Sempurnakan Kualitas di IIMS  2014

IIMS selalu menyajikan yang terbaik pada setiap penyelenggaraannya dan tidak terkecuali pada pelaksanaannya yang ke 22 di tahun 2014 ini. Kualitas menjadi fokus utama panitia pada IIMS 2014, perbaikan dan maksimalitas disemua elemen pameran menjadi titik berat penyajian IIMS tahun ini.

Beberapa manuver dilakukan panitia untuk berinovasi dan mensiasati kebutuhan lahan yang terus meningkat, jika pada tahun 2013 lalu IIMS menggunakan total lahan JIExpo sebesar 75.101 m2, tahun ini demi memenuhi permintaan peserta dan juga kenyamanan pengunjung, panitia merancang optimalisasi penggunaan lahan di venue yang sama dan menaikkan okupansi penggunaan lahan sebesar 10% dari tahun lalu. Johnny Darmawan selaku ketua penyelenggara IIMS 2014 berharap kenaikan penggunaan lahan tahun ini dapat memenuhi ekspektasi peserta IIMS 2014. Optimalisasi lahan hanya satu dari berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan IIMS 2014, kenyamanan pengunjung juga menjadi fokus lainnya dari panitia IIMS 2014. Berbagai fasilitas untuk  kenyamanan pengunjung tengah dipersiapkan, mulai dari kemudahan perjalanan menuju dan dari IIMS 2014, hingga mempersiapkan area pamer dan juga program unggulan IIMS 2014 agar lebih dapat dinikmati oleh para pengunjung. Upaya ini adalah merupakan bukti nyata dari janji panitia pada malam penutupan IIMS 2013 untuk menjadikan ajang IIMS 2014 lebih baik dari segala sisi. “IIMS 2013 merupakan penyelenggaraan yang luar biasa dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi kami, namun kami bertekad untuk terus menyempurnakan pelaksanaan IIMS tahun ini menjadi lebih baik dan tetap menjadi yang terbesar,” tutur Johnny Darmawan.

drift battle gymkhana IIMS 2013

Menuju penyelenggaraan The 22nd Indonesia International Motor Show 2014 yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 18 – 28 September tahun ini, Gaikindo yang kembali bekerjasama dengan Dyandra Promosindo telah menggelar launching untuk kalangan Agen Pemegang Merek (APM) anggota GAIKINDO pada Rabu, 8 Januari 2014 lalu. Seperti penyelenggaraan sebelumnya seluruh APM mobil menyatakan kesiapannya berkreasi dalam menunjukkan teknologi, produk, dan inovasi terbarunya ke dalam penyelenggaraan IIMS 2014. Sebanyak 38 merek anggota Gaikindo yang terdiri atas 29 passanger cars dan 9 commercial vehicles menyatakan akan kembali berpartisipasi dalam IIMS 2014, keseluruhannya akan menempati seluruh area hall, meliputi area Hall A, B, C, dan Hall D, serta seluruh area outdoor JIExpo – Kemayoran. Tidak hanya akan memberikan ruang untuk berbagai inovasi dari para APM, IIMS 2014 juga akan kembali memberikan kesempatan bagi pengunjung menikmati sajian menantang dari para profesional racer dengan area seluas lebih dari 6.000 m2 diharapkan akan lebih memberikan kesempatan para racer untuk beraksi.

Tetap berlangsung selama 11 hari, IIMS 2014 akan menghadirkan ajang pameran teknologi otomotif terkini yang dikemas dengan kualitas penyelenggaraan terbaik, menampilkan seluruh merek mobil kenamaan di Indonesia, ratusan industri pendukung, serta tentunya berbagai fasilitas yang menjanjikan kenyamanan untuk pengunjungnya, “IIMS akan menepati janjinya untuk selalu memberikan yang lebih baik  dan lebih baik lagi” ujar  Johnny Darmawan menutup sambutannya.

Read Prev:
Read Next: