Mazda Akan Rebadge Toyota Yaris di Eropa, Jadi Mazda2?

by  in Berita&International&Mazda
Mazda Akan Rebadge Toyota Yaris di Eropa, Jadi Mazda2?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa Mazda memiliki hubungan yang cukup harmonis dengan Toyota. Ini terbukti dengan munculnya pabrik perakitan di Alabama, Amerika Serikat, yang bertugas memproduksi mobil Mazda dan Toyota Bersamaan. Nah, kali ini, pihak Mazda dan Toyota akan kembali berkolaborasi, namun untuk pasar Eropa. Dan kabarnya, Mazda akan melakukan rebadge pada produk milik Toyota.

Produk yang rumornya akan di-rebadge oleh Mazda adalah Toyota Yaris terbaru alias Yaris XP210. Sebenarnya, kalau kalian lihat track record Mazda-Toyota, keduanya memang sempat melakukan hal serupa di US. Bedanya, kala itu Toyota melakukan rebadge Mazda2 menjadi Toyota Yaris. Nah, kali ini malah sebaliknya. Mengutip data dari presentasi finansial terbaru mazda via AutoCar, Mazda akan menerima suplai unit mobil OEM berbasis Toyota Yaris Hybrid di Eropa dalam tempo 2 tahun ke depan. Artinya, Mazda akan menjual produk di Eropa yang diproduksi oleh Toyota. Dan karena unit yang disinggung adalah Toyota Yaris XP210, bisa jadi unitnya rakitan Perancis.

Nah, langkah ini menurut kami merupakan respon dari Mazda terhadap kebijakan di Eropa yang memang kini makin menyudutkan mobil ICE. FYI, Mazda sebenarnya menjual Mazda2 untuk segmen sub compact hatchback di Eropa. Hanya saja, kita tahu bersama kalau mobil ini belum mendapatkan update apapun sejak 2014, apalagi tambahan teknologi ramah lingkungan seperti sistem hybrid. Pihak Mazda sendiri menolak berkomentar terkait hal ini. Namun, Mazda UK memberikan pernyataan yang menarik. Mazda UK menyebutkan, “Kami terus melanjutkan pendekatan multi-solusi yang akan menawarkan solusi yang layak untuk memadukan tenaga, keunikan, dan kebutuhan konsumen di setiap negara”

Sebagai salah satu dari solusi ini, kami menyimpulkan bahwa Toyota Hybrid System adalah soluti paling optimal untuk merespon kebutuhan setiap daerah. Kolaborasi ini merupakan hasil diskusi kerjasama Toyota dan Mazdadalam menggunakan sumber daya masing – masing”. Nah, kerjasama antara Mazda dan Toyota dalam segmen hybrid ini merupakan langkah lanjutan setelah sebelumnya Toyota melakukan hal serupa bersama Suzuki. Yap, Suzuki juga telah bergandeng tangan dengan Toyota dan merilis Suzuki Across dan Suzuki Swace yang masing – masing juga dibekali dengan teknologi hybrid Toyota. Menarik? Kita tunggu saja.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: