Yuk, Dengar Suara Mesin Toyota Supra 2019!

0  komentar

Autonetmagz.com – Toyota tak bisa berhenti, tangan mereka selalu gatal untuk menggoda publik – khususnya fans Toyota Supra – untuk memeriksa cuplikan spoiler yang mereka buat sendiri untuk menuai rasa penasaran akan Toyota Supra. Mereka sudah menampilkan konsep mobil balap Toyota GR Supra, prototipe Supra juga sudah digeber di Goodwood Festival of Speed, dan versi Super GT-nya juga hampir siap. Terus, kira-kira masih ada kejutan lagi tidak ya dari Toyota?

Seperti yang kami bilang tadi, Toyota itu tangannya gatal sekali. Apa pun yang bisa mereka buat jadi spoiler atau teaser, pasti mereka buat. Meski bocoran sosok Toyota Supra kemarin sudah keluar, tapi masih ada satu yang bikin penasaran, yaitu suara mesinnya. Iya dong, bagaimana sih suara Toyota Supra yang pakai mesin 3.000 cc 6 silinder segaris turbo kepunyaan BMW? Well, tidak perlu penasaran lagi, Toyota sudah membuat videonya untuk dipamerkan ke kita semua.

Karena Toyota hanya ingin memamerkan suara mesin Toyota Supra, seluruh visual di video buatan Toyota itu sengaja dibuat buram. Ya sudahlah, toh yang penting suaranya untuk sekarang. Seperti yang diduga, mesin 6 silinder turbo dari BMW yang dipasang di Toyota Supra punya karakter suara yang memiliki nada puncak agak tinggi. Suaranya tidak sama dengan RB26 atau 2JZ dalam keadaan standar, namun memang tidak fair membandingkan kedua mesin itu dengan mesin baru ini.

Selain dari suara mesin 6 silinder segaris yang sedikit banyak mirip suara BMW M2, M3 dan M4, ada ciri-ciri lain yang terekspos saat Toyota Supra ini ganti gigi. Ada sejenis suara “batuk” atau “kentut” yang terdengar saat melakukan perpindahan gigi, dan yang beginian biasanya ditemukan di mobil dengan transmisi otomatis. Karena transmisinya juga dari BMW, bisa diperkirakan kalau ini adalah torque converter 8 percepatan buatan ZF. Banyak BMW yang pakai girboks ini, contohnya BMW M5 baru.

Tetsuya Tada yang menjadi kepala insinyur Toyota Supra mengaku kalau Toyota sengaja memilih BMW dalam rangka menghidupkan kembali Toyota Supra karena Toyota sudah tidak punya mesin 6 silinder segaris, sementara BMW punya. Hasil survei Toyota mengatakan peminat Toyota Supra ingin mesinnya harus 6 silinder segaris, tidak boleh diganti-ganti. Selain mesin, Toyota konon juga memodifikasi girboks dan sasis yang mereka bangun bersama BMW supaya terasa beda dari Z4. Apa opinimu soal suara mesin Toyota Supra ini? Sampaikan di kolom komentar! 

Read Prev:
Read Next: