Toyota RAV4 Prime PHEV Dirilis : Jalan Lebih Kencang & Lebih Jauh

Toyota RAV4 Prime PHEV Dirilis : Jalan Lebih Kencang & Lebih Jauh
0  komentar

AutonetMagz.com – Di gelaran Los Angeles Auto Show 2019 yang sedang berlangsung saat ini, pihak Toyota telah memperkenalkan sosok Toyota RAV4 Prime PHEV, nama yang panjang untuk sebuah mobil. Walaupun begitu, nama mobil ini cukup menjelaskan teknologi apa yang ditanamkan pada SUV medium tersebut. Yap, Toyota RAV4 akhirnya hadir dengan teknologi Plug in Hybrid, menemani varian Hybrid yang sudah terlebih dahulu ada. Lantas, apa perbedaanya dengan versi hybrid selain bisa di-charge secara eksternal? Yuk kita bedah.

Kalau kita bicara perihal desain, sebenarnya perbedaan paling kentara antara versi Hybrid dan PHEV ada pada penggunaan lampu kabut. Jikalau di versi hybrid ada lampu kabut berbentuk bulat, maka di versi PHEV digantikan oleh LED DRL. Velg juga jelas berbeda, dan untuk varian PHEV mendapatkan emblem ‘Prime’ yang menegaskan identitasnya. Oke, selain urusan eksterior, bisa dibilang ubahan paling kentara dari varian PHEV ini ada di bagian teknologi. Seperti halnya Toyota Prius Prime PHEV, Toyota RAV4 Prime PHEV mengandalkan baterai lithium ion dengan kapasitas tinggi yang akan mendukung kinerja motor listrik.

Dan di Toyota RAV4 Prime PHEV ini, motor listriknya diklaim menghasilkan tenaga lebih besar. Pihak Toyota tidak mengumbar berapa tenaga dari motor listriknya, namun total tenaga dari mobil ini mencapai 302 hp, alias 83 hp lebih kuat tenaganya dibandingkan versi hybrid. FYI, untuk mesin bensinnya sendiri menggunakan mesin 2.500cc yang sejatinya hanya bertenaga 176 hp dengan torsi 228 Nm. Perpaduan tenaga dari mesin bensin dan motor listrik di Toyota RAV4 Prime PHEV membuat mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 5,8 detik saja.

Sedangkan total jarak tempuh yang dihasilkan mode EV saja mencapai 63 km, dimana angka tersebut diklaim Toyota sebagai angka tertinggi untuk capaian EV Mode di segmen crossover saat ini. Toyota RAV4 Prime PHEV akan dipasarkan di US dengan dua trim, yaitu SE dan XSE. Toyota Safety Sense juga ditawarkan sebagai standar, dan meliputi automatic high beam headlights, adaptive cruise control and a pre-collision system with pedestrian detection. The suite also features lane departure alert with steering assist, lane tracing assist (lane centering) dan road sign assist.

Untuk harga, belum ada bocoran dan informasi yang disampaikan secara resmi. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: