Electrum H5 Diperkenalkan, Motor Listrik Tapi Helm-in?

by  in  Berita & Electrum & Merek Motor
Electrum H5 Diperkenalkan, Motor Listrik Tapi Helm-in?
0  komentar

AutonetMagz.com – Di Tengah padatnya persaingan kendaraan listrik di Indonesia, Electrum selaku perusahaan hasil investasi bersama antara of PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“GoTo Group,” IDX: GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (“TBS,” IDX: TOBA), akhirnya meluncurkan produknya untuk kalangan terbatas. Sebuah sepeda motor listrik hasil karya mereka ini dinamakan Electrum H5 dan diperkenalkan pada Kamis 9 November 2023 di Jakarta.

Hasil Studi Lama Electrum

Sepeda motor listrik terbaru ini merupakan hasil pengembangan internal Electrum yang didukung oleh desainer dan engineer anak bangsa. Dan final desain ini juga didapatkan melalui proses panjang trial dan error yang melibatkan masukan dari para pengemudi GOJEK yang sudah menjadi partner Electrum sejak beberapa tahun yang lalu. Jadi apa sih kelebihan Electrum H5 dibanding sepeda motor listrik lainnya yang sudah banyak beredar dan dijual di pasar Indonesia? Yang pertama adalah konfigurasi motornya. Dengan menggunakan konfigurasi motor di samping dan tidak di Hub seperti kebanyakan motor listrik lainnya, akselerasi Elektrum makin mirip dengan motor ICE.

Tetap kencang namun tidak mengagetkan dan mudah digunakan oleh pengendara baru. Selain itu, dengan motor listrik bertenaga 5 kw, torsi 30 Nm dan kombinasi baterai sampai 4 kwh (konfigurasi 2 baterai), H5 dapat berakselerasi dari 0 – 60 kph dalam waktu 6 detik saja. Motor ini juga mampu menempuh jarak sampai dengan 120 km dengan 2 baterainya. Keunikan lainnya adalah meskipun dilengkapi dengan 2 baterai, bagasi Electrum H5 sendiri masih berkapasitas 25 liter dan dapat menyimpan helm yang membuatnya berbeda disbanding motor-motor listrik kebanyakan.

Bisa Swap Baterai

Namun di luar spesifikasi di atas, Electrum menawarkan sebuah ekosistem penunjang untuk Electrum H5. Karena, bersamaan dengan meluncurnya motor ini, mereka juga mengumumkan ekspansi 150 Baterai Swap Station di daerah Jakarta dan sekitarnya sampai akhir tahun ini. Mereka bekerjasama dengan Pertamina dan beberapa partner lainnya untuk memudahkan pertukaran baterai bagi pengguna Electrum H5. Sayanganya, Electrum h5 ini belumlah dijual untuk umum, karena Electrum baru akan melepas 500 unit untuk digunakan para partner Gojek sampai akhir tahun ini.

Mereka baru akan go live untuk menjual produk ini ke customer umum di masa datang ketika ekosistem swap mereka sudah mumpuni. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: