Ducati Panigale 1299 R Final Edition : Edisi Pamungkas Panigale

by  in Berita&Ducati&International
Ducati Panigale 1299 R Final Edition : Edisi Pamungkas Panigale
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa minggu lalu kami sempat mengangkat sebuah bocoran teaser dari sebuah motor yang akan segera dirilis oleh Pihak Ducati. Motor ini sendiri diperlihatkan lekuk bodynya dan jika anda cukup paham pada lini produk Ducati, maka tak susah untuk mengenali motor ini sebagai sebuah Ducati Panigale.

Dan benar saja, waktu yang ditunggu akhirnya datang pula, dan sekarang Ducati resmi merilis sebuah Ducati Panigale 1299 R Final Edition. Mungkin beberapa dari anda sudah tahu mengapa edisi ini mendapatkan tajuk “Final edition”, Ya, ini adalah varian terakhir dari seri Ducati Panigale 1299, dan setelah varian ini, Ducati akan mengembangkan seri baru dengan mesin baru Ducati berkonfigurasi V4.

Ducati Panigale R Final Edition sendiri masih menggunakan mesin kebesarannya yang berkonfigurasi L Twin yang diturunkan dari seri Ducati Panigale 1299 R yang berkapasitas 1.198cc namun di bore up menjadi 1.285 dengan blok mesin berbahan baja. Selain itu, versi Final Edition ini juga mendapatkan katup dan connecting dari bahan titanium. Berkat beberapa ubahannya inilah, Ducati Panigale 1299 R Final Edition mampu mengoreksi tenaga dari 196 hp menjadi 209 hp.

Selain tenaga yang terdongkrak naik, torsi dari motor ini juga meningkat pula dari yang awalnya 136,9 Nm menjadi 141 Nm. Selain ubahan pada sektor mesin, versi Final edition juga akan mendapatkan instalasi pipa pembuangan yang berbahan titanium, serupa dengan milik unit WSBK dari Ducati Panigale. Selain sektor tenaga dan mesin, bobot dari versi Final edition ini ikut terkoreksi dari yang awalnya 166,4 kg menjadi 161,9 kg saja. Pihak Ducati sendiri tak memproduksi motor ini dalam jumlah banyak, namun tak menganggap motor ini sebagai motor edisi spesial pula.

Ducati Panigale 1299 R Final edition ini sendiri diluncurkan bersamaan dengan seri WSBK yang mengambil tempat di Laguna Seca, Amerika pada akhir pekan lalu. Acara ini dihadiri oleh pembalap WSBK Ducati, Marco Melandri, dan Chaz Davies, serta CEO Ducati, Claudio Domenicali. Selanjutnya Ducati akan mengembangkan mesin V4 untuk seri Panigale yang merupakan mesin turunan dari MotoGP. Tentunya seri Final Edition ini akan menjadi seri perpisahan dengan mesin L Twin yang memang terkenal bertorsi mumpuni plus berukuran kompak.

Selain itu, tentu menarik pula menantikan kehadiran dari sang penerus seri Ducati Panigale yang bermesin V4 nantinya. Kapan? Tentu hanya pihak Ducati yang bisa menjawabnya. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan pendapat kalian ya.

Read Prev:
Read Next: