Porsche Cayman GT4 Clubsport : Adik 911 Kini Siap Balapan!

Porsche Cayman GT4 Clubsport : Adik 911 Kini Siap Balapan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pertama kali Porsche memperkenalkan mobil yang namanya Porsche Cayman, ia lumayan “dianaktirikan” jika dibanding 911 untuk urusan motorsport. Bisa dibilang begitu, soalnya dulu Cayman tidak diarahkan untuk ikutan ajang balap mana pun, dan waktu itu urusan balap masih dipegang 911. Nah, lalu ini apaan? Porsche Cayman generasi 981 pakai roll cage, jok balap, sabuk pengaman 6 titik, bahkan ada alat pemadam api segala? Simpel, Cayman sudah boleh balapan.

Inilah yang terjadi kala Porsche Motorsport diberi mandat untuk membuat Cayman GT4 jadi mobil balap sungguhan. Namanya Porsche Cayman GT4 Clubsport MR. Basisnya Cayman GT4, dan overall, ia memang serius ingin jadi mobil balap. Tidak ada audio, tidak ada peredam, tidak ada karpet, tidak ada AC, tidak ada jok kulit. Memang begitu caranya kok, soalnya kalau balapan, komponen yang tidak menunjang performa, kendali dan keselamatan harus dibuang biar mobilnya enteng.

Bakal jadi tidak nyaman buat di jalanan? Memang, tapi biar saja, toh Porsche sudah bilang kalau Cayman GT4 Clubsport ini tidak road legal, alias track only. Maka dari itu ia pakai ban slick buatan Michelin untuk menemani pelek 18 incinya. Sistem pengereman diperkuat dengan rem cakram berventilasi ukuran 15 inci, plus kaliper 6 piston di depan dan 4 piston di belakang. Seperti 911 GT3 Cup, Cayman GT4 Clubsport hanya ada versi setir kiri.

Semua komponen balapnya yang terdiri dari setir balap, roll cage, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan lain sebagainya sudah memenuhi standar FIA. Urusan mesin, Porsche membiarkan mesin 3.800 cc boxer 6 silinder Cayman GT4 (yang aslinya adalah mesin 911 Carrera S) tetap standar, tenaga 385 hp dan torsi 420 Nm masih demikian adanya. Kalau ada penggantian, girboks manual Cayman GT4 standar diganti PDK 6 percepatan biar lebih kompetitif.

Karena Porsche Cayman GT4 Clubsport tidak butuh tetek bengek basa basi yang biasa ada di mobil untuk mendukung kenyamanan, ia lebih ringan 42 kg dari Cayman GT4 biasa. Untuk handling, strut depan Cayman GT4 meminjam milik 911 GT3, sementara yang lainnya standar Cayman GT4. Porsche bilang, konsumen Asia Pasifik – termasuk Indonesia – sudah bisa membeli Cayman GT4 Clubsport ini jika mereka ingin memulai karir di dunia balap.

Namun tolong diingat, kocek yang harus dirogoh memang sangat dalam. Harga Porsche Cayman GT4 Clubsport di luar sana sekitar 165.000 Dollar AS, di mana itu setara dengan harga 1,5 Porsche Cayman GT4 standar. Oke, mahal, tapi balapan memang tidak murah. Lagipula, ia sudah layak ikut ke kebanyakan ajang balapan yang ada di bawah lisensi dan pengawasan FIA. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: