Galau, Volkswagen Akhirnya Batal Menjual Ducati (Lagi)

by  in Mobil Baru
Galau, Volkswagen Akhirnya Batal Menjual Ducati (Lagi)
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian mengikuti pemberitaan dari penjualan merk Ducati oleh pihak Volkswagen Group, mungkin kalian akan cukup gemas dengan tinak tanduk dari pihak pabrikan asal Jerman ini. Ya, Volkswagen Group nampak seperti tarik-ulur terkait keputusannya menjual merk Ducati. Sebelumnya dikabarkan bahwa pihak Volkswagen Group sudah serius untuk menjual merk Ducati, bahkan sudah ada sejumlah pabrikan lain yang berminat untuk menebus merk asal Italia itu dari Volkswagen Group.

Jika mengingat – ingat lagi, ada sejumlah pabrikan beken yang ingin memiliki Ducati, sebuta saja yang paling serius adalah Harley-Davidson, Royal-Enfield, Bajaj, Hero Motocorp, dan Suzuki. Dua merk terakhir merupakan peserta yang gugur pertama kali setelah mengetahui harga yang dipatok oleh pihak Volkswagen Group untuk merk Ducati. Dan setelah itu tersisa tiga peminat yang memang serius untuk memiliki merk motor yang sudah terkenal ini. Namun di tengah perjalanan, Volkswagen sempat menyatakan bahwa Ducati batal dijual karena ada isu perkara perseteruan antara pemiliki Ducati yaitu Audi dengan member lain di dalam Volkswagen Group.

Audi sendiri merupakan pihak yang menebus Ducati seharga 1 milyar US Dollar pada tahun 2012 lalu, dan karena itu pihaknya menjadi ‘pemilik sah’ walaupun masih di bawah kepemilikan Volkswagen Group. Perseteruan muncul dimana pihak Audi menolak usulan untuk menjual Ducati, sedangkan pihak Volkswagen membutuhkan dana penjualan Ducati untuk menutup biaya yang perlu mereka keluarkan untuk menanggulangi skandal dieselgate yang sudah memakan biaya sebesar 30 milyar US Dollar sejak pertama kali skandalnya meledak dua tahun lalu. Setelah itu, Harley-Davidson dan Royal-Enfield nampak kembali bersaing untuk membeli merk Ducati karena merk ini kembali akan dilego oleh Volkswagen Group.

Dikutip dari bloomberg, CEO Ducati menyatakan pada para pekerjanya bahwa para petinggi di dalam Volkswagen Group sudah menyatakan bahwa usulan untuk menjual Ducati telah ditolak. Dan oleh karena itu, Ducati masih akan tetap berada di dalam Volkswagen Group sesuai dengan permintaan dari para pekerja Ducati. Tentunya keputusan ini akan membuat sejumlah pabrikan yang sudah bersiap memboyong Ducati ke dalam aliansinya harus gigit jari. Mungkin hanya Bajaj yang masih bisa tersenyum, karena dalam prosesnya menjajaki pembelian Ducati, pabrikan asal India ini mengurungkan niatnya dan justru menggandeng Triumph untuk mengembangkan motor berkubikasi besar.

Sisanya? Tentu saja Harley-Davidson dan Royal-Enfiel harus gigit jari, karena nyatanya Volkswagen Group tak menjual merk Ducati. Dan inilah akhir dari saga penjualan Ducati, dengan hasil dua pabrikan motor internasional di-php oleh Volkswagen Group. Walaupun tak menyatakan berapa harga dari Ducati, beberapa analis menyatakan bahwa merk asal Italia itu saat ini berharga 1,76 milyar US Dollar alias naik 760 juta US Dollar sejak dibeli Audi lima tahun lalu. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: