Dua Merk Asal China Ingin Mencicipi Pasar Indonesia!

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Dua Merk Asal China Ingin Mencicipi Pasar Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Merk mobil asal negeri China yang berjualan di Indonesia saat ini sedang terpusat pada sosok Wuling yang digawangi oleh SGMW Motor Indonesia, dan juga DFSK yang digawangi oleh Sokonindo. Nah, namun nampaknya kedua pabrikan ini tak hanya akan berduel berdua saja kedepannya, karena akan ada pabrikan asal China lainnya yang juga akan mencoba peruntungannya di negeri kita tercinta. Lalu siapakah kedua merk tersebut? Yuk kita bahas lebih dalam.

Sebelumnya kita tahu bahwa ada sebuah pabrikan asal Russia yang berminat untuk masuk dan membuat pabrik di Indonesia, dan pabrikan tersebut adalah Kamaz. Bahkan selama ini pihak Kamaz sempat meminta kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk ikut serta dalam GIIAS, seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Jendral Gaikindo Bapak Kukuh Kumara. Namun sayangnya, kala itu Kukuh menyatakan bahwa kuota eksibitor sudah penuh dan tak memungkinkan untuk menambah peserta. Nah, kali ini, ketua umum Gaikindo, Yohannes Nangoi memberikan beberapa bocoran yang menarik pada hari Sabtu, 11 Agustus 2018 seperti yang kami kutip via CNN Indonesia. Bocoran tersebut adalah adanya beberapa merk dari China dan Russia yang ingin menjadi anggota Gaikindo.

Yap, jikalau ada perusahaan asing yang ingin menjadi anggota Gaikindo, maka jelas perusahaan tersebut ingin beroperasi di Indonesia. Sayangnya memang Yohannes tidak membeberkan nama – nama dari pabrikan yang disebutnya itu. Walaupun begitu, nama – nama yang berniat untuk beroperasi di Indonesia ini tak akan masuk menjadi anggota Gaikindo pada tahun 2018 ini. Yohannes menyebutkan bahwa tahun depan (2019) masih ada poetensi untuk merk – merk ini masuk dalam keanggotaan Gaikindo. Keanggotaan Gaikindo sendiri dalam beberapa tahun ini sempat naik turun. Setelah bergabungnya SGMW Motor Indonesia (Wuling) dan Sokonindo Automobile (DFSK), pihak Gaikindo juga kehilangan Ford Motor Indonesia, KIA Mobil Indonesia dan Mercedes-Benz Indonesia, walaupun nama terakhir kabarnya juga sudah kembali ke dalam Gaikindo.

BYD Song Max

Nah, walaupun Yohannes menutupi siapa – siapa saja nama pabrikan yang ingin masuk ke Indonesia, khususnya kedalam Gaikindo, namun ada beberapa sumber yang menerka – nerka merk – merk tersebut. Dari Russia, kita tahu ada Kamaz yang memang terang – terangan ingin berinvestasi di Indonesia. Namun selain itu, ada juga GAZ alias Gorkovsky Avtomobilny Zavod dan juga salah satu mobil beken di Russia yaitu Lada yang merupakan bagian dari AvtoVAZ. Itu untuk merk – merk asal Russia yang berniat masuk ke Indonesia. Lalu yang merk China? Nah, ini adalah merk – merk yang bagi kami cukup familiar karena kami sudah beberapa kali membahas produknya. Apakah Geely? Bukan kok. Haval? nice try, tapi bukan. Lalu apa? Jadi dua merk yang diprediksikan ingin mencicipi pasar Indonesia adalah Foday Automobile dan BYD Auto.

Foday

Tak asing? Yap, karena Foday adalah pabrikan yang produknya di rebadge oleh Esemka, dan BYD sendiri punya produk yang bernama BYD Song Max yang beberapa kali kami bahas karena desain dan mesinnya. Jadi, kita tunggu saja seperti apa kelanjutan dari merk – merk ini, akankah benar – benar masuk atau tidak. Kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: