Dominasi Merek Mobil China Semakin Melemah, Bahkan di Negaranya Sendiri

by  in Berita&International
Dominasi Merek Mobil China Semakin Melemah, Bahkan di Negaranya Sendiri
0  komentar
BYD-Tang

AutonetMagz.com – Saat mendengar kata mobil China, mungkin sudah langsung terpikir soal susahnya membuat publik mau percaya dan memakai mobil ini sebagai alat transportasi hariannya karena berbagai alasan. Tak hanya di Indonesia, di negara manapun di dunia hal seperti ini berlaku juga. Lucunya, bahkan di China sendiri mobil lokal China makin melempem pamornya, kalah jauh dibanding mobil impor.

Tercatat, merek mobil lokal China terdiri dari 41 merek di pasar negeri tersebut pada akhir tahun 2010, dan beberapa sudah kita kenal seperti Geely, Chery, BYD dan lain-lain, namun jumlah itu turun menjadi hanya 28 persen pada akhir tahun lalu. Padahal pemerintah China sudah berusaha keras untuk mendukung industri otomotif lokal.

Yogomo-330-mirip-KIA-Picanto

Di beberapa berita mengenai mobil China, kami kerap menginformasikan bahwa pemerintah China akan memberikan subsidi bagi siapa pun yang membeli mobil merek China, khususnya mobil elektrik. Di lain pihak, mobil impor dikenai pajak yang sangat tinggi, tetapi pemerintah juga menciptakan undang-undang yang mencegah perusahaan asing memiliki saham mayoritas dalam usaha bersama dengan produsen lokal China.

Ketika hal tersebut baru saja diungkapkan oleh seorang pejabat China, para pesaing mengatakan bahwa hal itu bisa menyebabkan runtuhnya seluruh industri otomotif China, dan mereka mungkin benar. Siaran TV milik negara China bahkan telah menyerang merek asing, tapi itu pun tak mempan.

Apa alasan mobil China kurang diminati, bahkan di kandangnya sendiri? Jawabannya mudah : kualitas. Mobil China kebanyakan tidak punya build quality yang sebaik merek-merek terkenal dunia, belum lagi soal desain yang gemar menjiplak mobil lain. Alasan klasik inilah yang membuat dominasi merek China begitu loyo di negaranya sendiri.

Qoros 3 Sedan Rear

Meski begitu, masih ada mobil China yang kualitas dan desainnya amat sangat baik, salah satunya Qoros 3 yang mampu meraih peringkat tertinggi Global NCAP dalam hal keamanan. Secara desain ia juga sangat bagus, tidak kelihatan seperti membajak sana-sini dari desain mobil lain. Tapi kami sendiri tidak tahu, apakah Qoros ini juga bernasib kurang baik di kandangnya sendiri.

Bagaimana pendapat anda tentang melemahnya merek China di rumahnya sendiri ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Dari pada beli merek caina mending produk anak bangsa meski belum lulus uji jalan

    • kevin

      Nah ini lebih parah lg, di Cina yang sudah produksi massal aja masih kesulitan, gimana merk Indonesia yang lebih parah dari Cina (ngerakit produk Cina tapi ngaku buat sendiri, uda gitu yang dirakit model copy-an pula).

      Nasionalisme jangan buta, liat juga faktor komersialnya, itu lebih penting dari nasionalisme! Bisa ngga kita buat brand kayak Qoros-nya Cina atau Proton-nya Malaysia yang kualitas dan desainnya bagus serta orisinal!

  • haris

    “Tercatat, merek mobil lokal China terdiri dari 41 merek di pasar negeri tersebut pada akhir tahun 2010, dan beberapa sudah kita kenal seperti Geely, Chery, BYD dan lain-lain, namun jumlah itu turun menjadi hanya 28 persen pada akhir tahun lalu”
    Ini hanya menghitung merk nya saja atau termasuk volume penjualannya? kalo hanya merk, wajar dong, kan ada seleksi pasar. tapi penurunan 28% adalah volume penjualan merk China, mesti dicek dulu, apakah Wuling, Baojun (under GM) Venucia (under Nissan) dll itu termasuk merk China apa bukan?

  • Ya design dr awal ga orisinil, kualitas gitu2 aja mn bs bersaing. Tp harganya emang murah sih

  • bejo

    jadi inget kembaran serena, zna, yang tak terjual satupun, mangkrak:-s

    • kevin

      Overstock tuh di Alam Sutera (showroom utama mereka di Indo).. Entah ngga laku atau pending kirim ke daerah..

  • EP82

    Ya biar ga kayak hp cina, rusal dibuang.

  • ae86

    lah… bus trans jakarta yang dr tiongkok aja ga jelas kualitasnya…

  • big hero 6

    gue pake hape cina, xiaomi redmi 1s bagus tuh

  • big hero 6

    gue pake hape cina, xiaomi redmi 1s bagus tuh