Intip Haval di Batam, SUV China 190 Juta Mesin Mitsubishi

by  in Mobil Baru&Nasional
Intip Haval di Batam, SUV China 190 Juta Mesin Mitsubishi
0  komentar

AutonetMagz.com – Merek China yang paling sering dibicarakan di sekitar Jabodetabek paling-paling terbatas hanya di Wuling dan DFSK saja, tapi dunia otomotif Indonesia kadang lebih menarik daripada yang kita kira. Apalagi kalau mengintip ke daerah Batam, di mana mobil yang beredar jauh lebih menarik daripada di sekitaran pulau Jawa yang membosankan. Tidak hanya soal mobil Eropa, Amerika atau Jepang, bahkan mobil China di sana pun bisa bikin kepo.

Haval H2 (mobil putih) dan Haval H1 (mobil merah di belakang)

Seorang pembaca setia AutonetMagz di Batam baru saja menyampaikan informasi menarik mengenai sebuah SUV China bernama Haval. Mereka punya 2 model yang ada di sana, Haval H1 dan Haval H2, dan sepertinya Hummer tidak bisa protes soal nama H1 dan H2. Urusan eksterior, Haval H1 yang akan kita bahas ini oke juga untuk ukuran mobil China. Tidak wagu, dan tarikan-tarikan garisnya terlihat mengalir dan minim tabrakan antar garis yang terkesan maksa. Bagaimana dengan fitur?

Haval H1 di salah satu showroom Importir Umum di Batam

Kalau dari luar terlihat spesifikasinya lumayan, walau lampunya masih halogen biasa, namun sudah dilengkapi dengan foglamp, lampu belakang LED dan rem cakram di keempat roda sudah jadi standar. Melompat ke interior, desainnya simpel dan sederhana dengan semua fungsi kabin tertata dengan baik. Sayang speknya terlihat kurang mentereng, sebab menurut narasumber kami, SUV ini pakai jok fabric tanpa adjuster elektronik.

Baca juga : First Impression Review Haval H1, 190 Juta Dapat Apa?

Audio pun tidak ada layar monitor, tidak ada kamera parkir, demikian pula dengan speaker yang hanya ada 6 buah. Dashboard dan panel pintunya pun belum pakai soft touch, tapi ia bisa ditolong dengan panel instrumen plus MID dan hadirnya Cruise Control beserta Stability Control. Airbags hanya ada 2, handle pintu pun sudah dilapis chrome. Urusan mesin, Haval ternyata memakai mesin 1.500 cc 4 silinder dari pabrikan Jepang.

Lebih tepatnya, Haval pakai mesin 1.500 cc 4 silinder berkode 4G15 dari Mitsubishi, dan ini adalah mesin yang sama seperti yang dipakai Mitsubishi Maven, saudara kembar Suzuki APV. Kalau di Maven, mesin ini hanya punya 86 hp dan itu kecil sekali. Buat Haval ini, mungkin versinya sudah paling baru dengan tenaga 110 hp dan torsi sekitar 130-140 Nm. Moderat memang, tapi apa sih yang bisa kita harapkan dari mesin 1.500 cc non-turbo biasa? Karena jika melihat foto dibawah, mobil ini tergolong SUV dengan ukuran kompak.

Transmisi Haval ini memakai AMT, salah satu transmisi paling murah, mudah dan sederhana meski kami agak benci dengan karakter perpindahannya yang tidak halus dan sigap macam girboks otomatis biasa. Tipe yang terpotret di Batam ini diklaim sebagai tipe Comfort, CBU Malaysia dengan estimasi harga 190 jutaan Rupiah di Batam. Bagaimana opinimu buat sebuah SUV 1.500 cc dengan harga 190 jutaan ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: