SF Motors, Keluarga Sokon Bakal Bikin EV di Eks Pabrik Hummer

by  in International
0  komentar

AutonetMagz.com – Kami makin hari merasa dunia makin rumit dan misterius buat dipelajari. Setiap hari, entah kenapa rasanya bermunculan saja merek mobil baru. Terakhir, ada SF Motors yang notabene merupakan subsidier dari Chongqing Sokon hadir untuk fokus ke mobil listrik. Ada nama yang tak asing? Ya, Sokon, itu lho, merek mobil China yang jualan SUV turbo DFSK Glory 580. Sokon menunjuk co-founder Tesla, Martin Eberhard sebagai wakil presiden dan kepala RnD SF Motors.

Juni lalu, SF Motors mengumumkan telah membeli pabrik kendaraan komersial AM General di South Bend, Indiana. SF Motors akan menggunakan pabrik yang pernah dipakai GM untuk bikin Hummer H2 sebagai basis produksi SUV listrik SF5 dan SF7 baru. Berikut ini adalah model SUV Listrik SF5 dan SF7. Meski begitu, AM General masih punya instalasi terpisah untuk produksi kendaraan militer sungguhan di South Bend. Bayangkan, mobil listrik dirakit di pabrik Hummer. Wew…

Selain di Amerika, SF juga berencana memproduksi mobil di Chongqing, China. Perusahaan ini menargetkan produksi tahunan hingga 150.000 unit di China dan 50.000 unit di Amerika Serikat. Markas besar SF berada di Santa Clara, California, di mana pada hari Rabu lalu mereka merilis konsep SF5 dan SF7 bersama dengan visi mereka ke depan. Mereka tak hanya ingin bikin mobil listrik sendiri, tetapi juga produksi motor listrik dan baterai untuk dipasok sebagai OEM alias suku cadang resmi.

Tata letak mesin listrik SF5 dan SF7 mirip dengan kebanyakan mobil listrik, Tesla Model X misalnya. Dengan tata letak “skateboard”, baterai mobil tidur cantik di lantai dan motor listrik dipasang di as roda. SF mengatakan teknologi EV-nya bisa mendukung berbagai format, entah itu mobil dengan 2 motor listrik, 3 motor listrik hingga 4 motor listrik. Teknologi terkuat mereka dijanjikan untuk menghasilkan 1.000 hp dan jarak tempuh lebih dari 480 km.

Teknologi yang disokong SF Motors berasal dari startup bernama InEVit, yang didirikan oleh Martin Eberhard pada tahun 2017 dan diakuisisi oleh SF pada bulan Oktober di tahun yang sama. InEVit mengembangkan mesin listrik dengan tata letak modular untuk dipasang di mobil-mobil SF, di mana InEVit mengklaim telah membuat terobosan penting dalam kepadatan energi, manufaktur, kemudahan servis dan keselamatan.

Pre-order buat SF5 akan dimulai akhir tahun ini, dan mobilnya baru akan dibuat di tahun 2019. Hm, jujur kami penasaran, apakah DFSK (atau Sokon, susah banget ngucapin DFSK) berminat untuk membawa konsep mobil listrik 1.000 hp mereka ke sini? Hitung-hitung untuk pamer kalau ternyata MobCin bisa begini lho. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: