Desainer Honda Tertarik Melanjutkan Project 2&4, Akankan Menjadi Produksi Massal?

by  in Honda&Honda&International
Desainer Honda Tertarik Melanjutkan Project 2&4, Akankan Menjadi Produksi Massal?
0  komentar
honda-project-24-front

AutonetMagz.com – Mencangkokkan mesin sportsbike ke dalam sebuah mobil… Well sudah berkali kali ide ‘iseng’ ini dilakukan oleh beberapa pabrikan. Seperti dulu Suzuki pernah mengawalinya dengan membuat konsep Suzuki GSX-R/4 pada tahun 2001, Suzuki membuat bodi dan sasis serta mesin dengan berat cukup 640 kg dikombinasikan dengan mesin Suzuki GSX-1300R, apakah itu? Hayabusa tentunya.

Lalu bergeser pada tahun 2015, masih ingatkah anda kepada VW XL Sport? Sasisnya menggunakan VW XL-1 yang dibuat seaerodinamis mungkin, begitu kompak, begitu lugu, agar bisa meminum 1 liter bbm saja untuk 100 km-nya. Lalu dibuat brutal, seumpama manusia mungkin anak lugu ini dibuat mohawk dikasih jaket kulit dengan tajam-tajam di pinggirnya. Plus mesinnya menggunakan mesin V-Twin Ducati 1199 Superleggera yang sama brutalnya.

honda-project-24-back

Nah kali inipun di Frankfurt Motor Show 2015 secara tidak terduga Honda membuat konsep yang serupa, Project 2&4. Dari desainnya, saya menggangap bahwa ini Caterham dari Honda dan melirik mesinnya mereka menggunakan mesin RC213-V alias mesin yang sama dengan yang dipakai Marc Marquez di MotoGP. Mesin RC213-V mempunyai konfigurasi V4, bisa teriak dengan nada 14.000RPM seperti Whitney Houston, menghasilkan tenaga 212 hp dan beratnya cukup 405 kg. Well, dapat ide dari mana desainer Honda membuat mutan seperti ini? Ah rupanya dari mobil F1 1965 Honda RA272… Hoo, ya pantas saja.

Dikutip dari Top Gear, Martin Petersson mengatakan bahwa Project 2&4 ini sudah membuat orang terpukau selama 15 menit bahkan lebih saat pengenalannya di Frankfurt Motor Show. “Bakal ada langkah berikutnya (dalam proyek ini). Sudah positif bagi kami untuk tetap jalan dan menyelesaikan proyek ini di basement manapun. Pertanyaannya adalah apakah langkah berikutnya?” Ujarnya.

honda-project-24-side

“Slogan perusahaannya saja ‘The Power of Dreams’. Kalau kita tidak percaya pada hal itu lebih baik saya tidak usah bekerja, bukan? Saya percaya proyek ini potensial. Ini adalah tantangan besar tapi kita tidak sedang membuat pesawat jet. Benda inilah tantangan besarnya dan cukup banyak produk ikonik Honda yang mulai start seperti ini. Tidak ada sci-fi dalam pembuatan mobil ini.”

Jadi mungkinkah kedepannya Honda Project 2&4 ini akan diproduksi secara massal? Tentu saja tidak dengan bentuk seperti ini. Bayangkan saja Honda RC213V-S, versi produksi massal motor Honda MotoGP yang sempat kita bahas, itu dibanderol dengan harga $ 184,000 alias 2,4 milyar. Lha mau dijual berapa Project 2&4 ini? Sepertinya sih langkah berikutnya adalah bagaimana membuat mobil ini lebih humanis dan nyaman di kantong dompet ya. Bagaimana menurut anda? Monggo dong komentarnya dibawah…

Read Prev:
Read Next:
  • lambokz

    gak kebayang serpihan ban atau batu, terlontar dari ban depan…dan menjadi NUt Cracker ngohahahah