Datsun Redi-GO : Semurah Apa Jika Masuk ke Indonesia?

by  in Datsun
Datsun Redi-GO : Semurah Apa Jika Masuk ke Indonesia?
0  komentar
Datsun RediGo Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Rasanya jika kita melihat pasar otomotif ke depan, Datsun salah satu produsen yang memiliki masa depan yang cukup menantang dibandingkan dengan produsen lain. Contohnya saja, mereka saat ini hanya memiliki 2 buah model yang terdiri dari Datsun GO+ dan Datsun GO+ Panca yang sebentar lagi akan menghadapi persaingan yang sangat ketat.

Semenjak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Datsun sebenarnya cukup berhasil menggaet pembeli yang mengharapkan mobil 7 seater dengan Datsun GO+, dengan harga yang paling murah untuk kelas LCGC, kita sudah mendapatkan 3 buah baris kursi dan mobil yang memiliki mesin paling kencang di kelasnya. Namun Datsun GO+ mungkin harus bersusah payah karena sebentar lagi Agya dan Ayla 7 seater akan meluncur dengan mesin 1.200 cc 4 silinder, 3 baris kursi yang lebih lega dibandingkan dengan GO, ditambah harganya juga cukup terjangkau jika melihat fitur yang diberikan.

Datsun Redi GO Indonesia

Ditengah gempuran kompetitor yang membuat posisi Datsun GO+ semakin tersudut, mau tidak mau Datsun harus segera meluncurkan model baru yang bisa menjadi tulang punggung baru menggantikan Datsun GO+ Panca. Kemarin, Datsun India baru saja meluncurkan Datsun Redi-GO yang diposisikan lebih murah lagi dibandingkan dengan Datsun GO dan Datsun GO+. Mungkinkah mobil ini masuk ke pasar Indonesia?

Sayangnya Indriani Hadiwijaya selaku Head dari Datsun Indonesia justru mengatakan bahwa Datsun Redi-GO tidak akan masuk ke Indonesia. Mengapa? Menurutnya Datsun Redi-GO dirancang untuk dipasarkan di India, dan jika masuk ke Indonesia akan mengorbankan line-up model Datsun yang sudah ada di Indonesia. Pernyataan ini dikutip dari Liputan6 pada tanggal 9 Maret silam.

Renault Kwid

Renault Kwid dijual dengan harga mulai 2.6 Lakhs hingga 3.6 Lakhs di India

Nah, sudah tahu tidak akan masuk kenapa AutonetMagz masih bahas sih? Tidak lain tidak bukan, karena kami melihat Datsun Redi-GO ini sebenarnya masih punya potensi di Indonesia mengingat harga jual di India yang sangat terjangkau. Tidak percaya? Mari kita hitung deh!

Datsun Redi-GO menurut Datsun India akan memiliki banderol harga yang sangat terjangkau mulai dari 2.5 Lakhs hingga 3.5 Lakhs. Dengan rentang harga tersebut, mobil tersebut akan bersaing dengan Maruti Suzuki Alto 800, Hyundai EON dan Renault Kwid.

Interior Datsun Redi GO Indonesia

Berapa harga Datsun GO+ di India? Di India Datsun GO+ dijual dengan harga mulai dari 3.8 Lakhs hingga 4.8 Lakhs. Ada perbedaan sekitar 1.3 Lakhs dibandingkan dengan Datsun Redi-Go baik tipe termurah dan tipe termahalnya. Jika di kurs ke dalam Rupiah, Datsun Redi-GO akan dijual sekitar 49.4 Juta Rupiah hingga 69 Juta Rupiah di India, dimana Datsun GO+ dijual dengan harga mulai 75 Juta Rupiah hingga 95 Juta Rupiah.

Di Indonesia, Datsun GO+ dibanderol dengan harga mulai 95 Juta Rupiah hingga 118 Juta Rupiah dengan catatan Datsun GO+ di Indonesia sudah dilengkapi dengan single airbag dan tipe tertingginya sudah memiliki rear power window, untuk versi India tentu saja dua kelengkapan tersebut belum tersedia. Jika dibandingkan dengan India, harga jual Datsun GO+ versi India dan Indonesia memiliki selisih kurang lebih 20 jutaan. Hal ini dikarenakan administrasi kendaraan di India yang berbeda dengan Indonesia.

Datsun Redi GO Interior

Melihat perbedaan selisih harga tersebut, anggap saja Datsun Redi-GO memiliki selisih harga India dan Indonesia yang tidak jauh berbeda dengan rentang 20 jutaan. Jika Datsun Redi-GO termurah dibanderol 79.4 Juta Rupiah hingga 89 Juta Rupiah untuk tipe termahal, angka tersebut merupakan angka yang cukup menarik mengingat harga LCGC saat ini rasanya hampir tidak ada yang dibawah 100 jutaan.

Meskipun sudah dinyatakan tidak akan masuk ke Indonesia, sebenarnya kami masih berharap mobil ini bisa masuk ke Indonesia untuk membuka segmen baru yang selama ini belum pernah terjamah, siapa tahu nantinya Suzuki, Renault dan Hyundai juga ikut merakit LCGC yang lebih murah lagi agar mobil semakin terjangkau oleh khalayak ramai seperti di India. Di India sendiri, pasar mobil hatchback 800 cc adalah pasar yang sangat gemuk, bahkan Maruti Suzuki menjadi market leader di India selama bertahun-tahun tidak lain karena menjadi raja di segmen ini. Gimana?

Read Prev:
Read Next:
  • Ngiler555

    kalo masuk sini lumayan tuh, buat operasional, bini kerja sekalian nganter anak sekolah.. jiahahaha…

    • decenikx

      berharap sekali regi-go bisa dijual diindonesia karena bentuknya kecil dan hemat bisa dijadikan alternatif buat kerja jarak menengah, tapi gobloknya datsun indonesia aja, tidak bisa melihat peluang dan segment baru, yang diprioritaskan malah datsun go cross padahal pesaingnya sudah cukup banyak seperti, terios, rush, br-v dll

  • Aryo Wicaksono

    masuk indonesia pasang turbo atau pake HR12DE, baru cakep.

    • nusantara nusantara

      pake HR12DDT juga bagus gan, asepnya lebih banyak, itu nabrak rating nya bintang berapa y

      • Aryo Wicaksono

        Go biasa aja nggak pake hr12ddr, ini mau hr12ddt. buset, dah.

    • kalau pake mesin itu nanti harganya sama kaya datsun go… hahaha

      • Andra Febrian

        1000 cc deh, 800 cc orang indonesia masih ragu… bisa ngebut apa engga.

        • gaps

          Yakali bro dipake buat ngebut. Haha

    • ONRYK

      klo d kasi turbo fitur keselamatannya d ilangin gmn bro? biar harga terjangkau hehehe

      • Aryo Wicaksono

        udah kantung udara biarin aja, ntar pada protes, terutama Om Max Mosley. aku pribadi sih nggak pake kantung udara udah biasa, orang lain kan beda. bahkan ABS mobil biasa pun masih bisa diajakin dengan latihan “trail braking” terus, bisa belajar dari manga Overrev. kan ABS biasa cuma bisa pas kering dan basah, pas kondisi lain seperti tanah, pasir, lumpur, es, dan salju pengereman ban mengunci malah lebih pendek lagi daripada ABS, kecuali pakai ABS bosch m4.

  • mustifa

    Bokongnya mirip all new picanto

  • No India Design

    OOH MY EYES..!!!! ??

  • T_Boggard

    cocok buat jalan2 di komplek

  • Levi

    Disini rasanya berat, krn kita marketnya agak kagak suka mobil yg murah tp murahan,

    Itu kenapa Agya-Ayla bs jd market leader dikelasnya, bahkan mengalahkan Datsun, krn meskipun harganya cukup “murah”, fitur yg didapatkan dan kualitas mobilnya bs dibilang baik ..

    Belum lagi pelayanan Aftersalesnya yg legendaris, ane bukan sales yaa

    • Always35

      Wkwkwk yang di video komparasi autonetmagz juga ngelihat datsun go sama agya agak gimanaaa gitu kalo dari segi fitur… gimana kalo seandainya redi-go masuk sini yak ?

      • Levi

        Masuk sini kayaknya laku, tp ya gak bakal laku” amat

        Apalagi AgyAyla udah positif mau ngeluarin versi 1.200cc

        • Always35

          Memang saat ini sih kata datsun indonesia belom ada pikiran masuk sini. tapi kita liat aja gak mungkin datsun serius battle di kelas lcgc bermodal go sama go+ aja~

          • Levi

            Betul, tp sayang jg sih Datsun yg dl bikin Fairlady skrg cm bs bikin mobil murah

          • Always35

            Aduuuhh jangan bawa2 fairlady S30Z dong ?? tuh mobil sekarang cuman bisa dinikmati di wangan midninght aja ?

          • Levi

            Hahaha ?

    • Ryan

      Betul. Dan rasanya kalo cuma selisih 20 jutaan mah orang sini lebih milih nambah dikit bisa dapet GO+ yg rada mendingan.

      Seenggaknya pake mesin 1.2 yg udah “wajar” lah buat mobil. Lagian disini kan kondisi jalan beragam bgt. Ga kebayang tuh 800cc kalo dipake nanjak full load bakal gmn. Apalagi kalo dibawa mudik ke jawa, sumatra… Behh

      • Levi

        Betul, mesin 800ccnya rasanya gak bs dipakai utk jalan” ke bukit”

      • Adamgus

        Kocak aja sih yg bawa mobil jenis ginian ke jalanan bukit2an atau luar kota yg jauh. Mobil tipe gini namanya jg city car, ya cocoknya di kota. GC tinggi buat antisipasi kondisi jalan jelek atau polisi tidur yg tinggi atau banjir yg tipis2. Bukan salah mobilnya kalo cuma punya mesin segitu, supir sama yg punyanya aja yg kocak kalo bawa ke jalanan berbukit.

        • Ryan

          Yah namanya orang sini. Motor matik kecil kaya beat, mio aja dibuat mudik dinaikin sekeluarga. Apalagi mobil

          Dan coba ente bayangin aja mau ga misalnya beli mobil tapi ga kuat dibawa mudik ? Apalagi segmen yg diincer datsun jelas first time buyer yg baru pertama kali punya mobil.
          Kan nambah 1 lagi alasan buat ga ngambil nih mobil.

          • Adamgus

            Ya sih ada benernya juga. Cuman mobil kek gini bukan tipe mpv yg bisa angkut banyak orang which is buat mudik keluarga, tp ya emang ada beberapa orang yg suka begitu ?

            Tp kayaknya 1st buyer nanti lebih condong ke go cross atau agya/ayla 7-seater dibanding ini.

            Gua pribadi ngerasa ini mobil buat orang tua yg pingin beliin anaknya (umuran sma-kuliah) mobil tp ga mahal, biar kalo kegores atau kl ada problem ga makan hati banget. Bisa jg buat ortu yg punya anak cewek tp ga pingin anaknya naik motor. Atau bisa buat orang kantoran yg pingin mobil kecil ringkas hemat bbm, cari parkiran gampang (kalo udah masuk ke pasar ini plis banget kualitas interiornya dibagusin, velg juga, fitur juga) bisa pasang harga dibawah march.

            But…. good point ?

  • Ronny Rasdyantoro

    masuk indonesia tapi buat kota selain jakarta, biar gak makin macet kayak dawet (cendol)

    • Thomas Bondan Tyas

      Walahh… luar Jakarta juga macetnya luar biasa. Apalagi kalo jam pergi-pulang kerja & anak sekolah. Coba aja main ke Bandung, Semarang, Surabaya, atau Makassar

      • Ronny Rasdyantoro

        heheheh maksudnya selain kota besar di indonesia bro

        • Rafi M. P.

          Di Padang aja hari kerja pagi macett parah di Jln. Hamka, sore macet juga tapi gak separah pagi sih (belum tau kalo jam 5an, soalnya sering pulang seabis maghrib)

  • bastomi arifin

    mending masukin Kwid aja, lebih proporsional, apalagi yg model climber, ujubuneng cakepnya 🙂

  • gaps

    Modelnya oke kok. Suka suka..masukin kesini aja..alternatif buat yg nyari mobil simpel desain ga malu2in harga terjangkau

  • Sonic

    Ga sabar menunggu hasil tes tabrak hehehe.

  • Ardhie Yoodha

    Bentuknya kayak telur…
    Redi-go gk cocok masyarakat indo yg masih gengsi,, yg cocok itu go-cross sesuai jalanan indo

  • ekkyfir

    Lumayan sih sebener nya eksterior sm interior nya, tp org indo blm terbiasa dgn mobil kaya gini dan atasan datsun ga berani mengakusisi nya dan memilih main aman aja

  • ugyz

    itu renaukt kwid masuk indonesia gak min?

  • Danzt

    Sori OOT, Agya dan Ayla 7 seater akan meluncur dengan mesin 1.200 cc 4 silinder, 3 baris kursi yang lebih lega dibandingkan dengan GO, apa ga makan pasarnya Avanza?

    • Levi

      Agya 7 seater bakalan FWD dan mesin 1.2cc, sassisnya jg monocoque jd kayaknya cm ambil pangsa mobil dalkot

      Kalo Avanza kan dia bs all-terrain (ceila ?) krn RWD, sassis semi ladder dan mesin 1.3, jd rasanya saling melengkapi deh, cmiiw ya

      • Indra

        Jadi sama seperti Veloz dgn Sienta, yg satu RWD yg pake sasis unibody nan tangguh, satunya lagi FWd dgn sasis monokok utk dalkot, padahal sama2 harga 200 jutaan.

        • Levi

          Yup, Good Point bro Indra, jd mmg ada segmennya masing”, gak kayak merk sebelah yg makan satu sama lain ?

    • putra.sempu

      sedikit banyak pasti berpengaruh ke avanza, kayak dulu avanza keluar orang pada nanya gimana nasibnya kijang innova, buktinya baik-baik aja kan kijang sampe sekarang, kapasitas mesin sama fitur pasti dibedain.

    • Adamgus

      Kayaknya ga akan lebih lega dari avxen deh. Tp mungkin sedikit lebih lega dibanding go+.

  • Tulus Budi

    lumayan bikin segment baru….. bisa menjadi volume makernya datsun, mumpung duo kwek-kwek belum ikutan…..

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Gk ada ganteng2nya dah ni mobil. Pgn dr luar atau dalem.

  • Thomas Bondan Tyas

    Mendingan nggak usah dimasukin Indo deh. Yg pake palingan cuma mamah2 muda buat anter anaknya sekolah. Lagian nggak pas buat daerah di Indonesia yg banyak daerah terjalnya. Gampang overheat karena mesinnya yg cuma 800 cc

    • Indra

      Sebenarnya nih mobil ga ada bedanya dengan GO kecuali desain interior dan eksterior, fitur masih sama aja, kalau masuk sini mesin diganti 1.200 cc, sebenarnya utk Indonesia pakenya GO Cross itu.

  • maridewasa

    Mobil ga ada kelasnya… taiiii

    • MariAnakAnak

      Betul gaan…
      After sales service nya pasti busuk banget punya nissan

      Ga reccomend lab beli mobil merk ini

      Apalagi nissan, mending toyota aja deh

      • Ilham

        Sales mana bang?

        • ONRYK

          yg jelas bukan datsun atau nissan deh heheheh

      • gaps

        Najis. Sales bgt lu

  • ONRYK

    klo masuk nambah macet doank…. krn yg beli rata2 br belajar bawa mbl…. ampun dah

  • Rizwan

    Menurut Saya Line up kayak gini ok jg buat Wrg Ind semi crossover , kan lg ngetren tu motor cross…

  • A.g

    Berharap yg baik min, berharap jalan ditambah, bkn mobil baru terus yg ditambah, jalan makin lama makin macet, lama2 ga gerak beneran

  • bakkaknuori

    pengen donk mobilnya, di mana bisa beli ini mobil ya ??

  • bakkaknuori

    di mana aku beli mobil murah ini ya all ???