Datsun Redi-GO : Semurah Apa Jika Masuk ke Indonesia?

by  in Datsun
Datsun Redi-GO : Semurah Apa Jika Masuk ke Indonesia?
0  komentar
Datsun RediGo Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Rasanya jika kita melihat pasar otomotif ke depan, Datsun salah satu produsen yang memiliki masa depan yang cukup menantang dibandingkan dengan produsen lain. Contohnya saja, mereka saat ini hanya memiliki 2 buah model yang terdiri dari Datsun GO+ dan Datsun GO+ Panca yang sebentar lagi akan menghadapi persaingan yang sangat ketat.

Semenjak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Datsun sebenarnya cukup berhasil menggaet pembeli yang mengharapkan mobil 7 seater dengan Datsun GO+, dengan harga yang paling murah untuk kelas LCGC, kita sudah mendapatkan 3 buah baris kursi dan mobil yang memiliki mesin paling kencang di kelasnya. Namun Datsun GO+ mungkin harus bersusah payah karena sebentar lagi Agya dan Ayla 7 seater akan meluncur dengan mesin 1.200 cc 4 silinder, 3 baris kursi yang lebih lega dibandingkan dengan GO, ditambah harganya juga cukup terjangkau jika melihat fitur yang diberikan.

Datsun Redi GO Indonesia

Ditengah gempuran kompetitor yang membuat posisi Datsun GO+ semakin tersudut, mau tidak mau Datsun harus segera meluncurkan model baru yang bisa menjadi tulang punggung baru menggantikan Datsun GO+ Panca. Kemarin, Datsun India baru saja meluncurkan Datsun Redi-GO yang diposisikan lebih murah lagi dibandingkan dengan Datsun GO dan Datsun GO+. Mungkinkah mobil ini masuk ke pasar Indonesia?

Sayangnya Indriani Hadiwijaya selaku Head dari Datsun Indonesia justru mengatakan bahwa Datsun Redi-GO tidak akan masuk ke Indonesia. Mengapa? Menurutnya Datsun Redi-GO dirancang untuk dipasarkan di India, dan jika masuk ke Indonesia akan mengorbankan line-up model Datsun yang sudah ada di Indonesia. Pernyataan ini dikutip dari Liputan6 pada tanggal 9 Maret silam.

Renault Kwid

Renault Kwid dijual dengan harga mulai 2.6 Lakhs hingga 3.6 Lakhs di India

Nah, sudah tahu tidak akan masuk kenapa AutonetMagz masih bahas sih? Tidak lain tidak bukan, karena kami melihat Datsun Redi-GO ini sebenarnya masih punya potensi di Indonesia mengingat harga jual di India yang sangat terjangkau. Tidak percaya? Mari kita hitung deh!

Datsun Redi-GO menurut Datsun India akan memiliki banderol harga yang sangat terjangkau mulai dari 2.5 Lakhs hingga 3.5 Lakhs. Dengan rentang harga tersebut, mobil tersebut akan bersaing dengan Maruti Suzuki Alto 800, Hyundai EON dan Renault Kwid.

Interior Datsun Redi GO Indonesia

Berapa harga Datsun GO+ di India? Di India Datsun GO+ dijual dengan harga mulai dari 3.8 Lakhs hingga 4.8 Lakhs. Ada perbedaan sekitar 1.3 Lakhs dibandingkan dengan Datsun Redi-Go baik tipe termurah dan tipe termahalnya. Jika di kurs ke dalam Rupiah, Datsun Redi-GO akan dijual sekitar 49.4 Juta Rupiah hingga 69 Juta Rupiah di India, dimana Datsun GO+ dijual dengan harga mulai 75 Juta Rupiah hingga 95 Juta Rupiah.

Di Indonesia, Datsun GO+ dibanderol dengan harga mulai 95 Juta Rupiah hingga 118 Juta Rupiah dengan catatan Datsun GO+ di Indonesia sudah dilengkapi dengan single airbag dan tipe tertingginya sudah memiliki rear power window, untuk versi India tentu saja dua kelengkapan tersebut belum tersedia. Jika dibandingkan dengan India, harga jual Datsun GO+ versi India dan Indonesia memiliki selisih kurang lebih 20 jutaan. Hal ini dikarenakan administrasi kendaraan di India yang berbeda dengan Indonesia.

Datsun Redi GO Interior

Melihat perbedaan selisih harga tersebut, anggap saja Datsun Redi-GO memiliki selisih harga India dan Indonesia yang tidak jauh berbeda dengan rentang 20 jutaan. Jika Datsun Redi-GO termurah dibanderol 79.4 Juta Rupiah hingga 89 Juta Rupiah untuk tipe termahal, angka tersebut merupakan angka yang cukup menarik mengingat harga LCGC saat ini rasanya hampir tidak ada yang dibawah 100 jutaan.

Meskipun sudah dinyatakan tidak akan masuk ke Indonesia, sebenarnya kami masih berharap mobil ini bisa masuk ke Indonesia untuk membuka segmen baru yang selama ini belum pernah terjamah, siapa tahu nantinya Suzuki, Renault dan Hyundai juga ikut merakit LCGC yang lebih murah lagi agar mobil semakin terjangkau oleh khalayak ramai seperti di India. Di India sendiri, pasar mobil hatchback 800 cc adalah pasar yang sangat gemuk, bahkan Maruti Suzuki menjadi market leader di India selama bertahun-tahun tidak lain karena menjadi raja di segmen ini. Gimana?

Read Prev:
Read Next: