Perbandingan Spesifikasi dan Fitur Honda BR-V Indonesia vs India: Mana Yang Lebih Unggul?

by  in Mobil Baru
Perbandingan Spesifikasi dan Fitur Honda BR-V Indonesia vs India: Mana Yang Lebih Unggul?
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Selain di Indonesia, Honda BR-V juga dirakit di India dengan spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan pasar disana. Meskipun memiliki karakteristik pasar yang sama dengan India, apakah spesifikasi Honda BR-V versi Indonesia bisa lebih unggul? Mari kita simak!

Kita mulai dari mesin, Honda BR-V di Indonesia hanya dibekali dengan satu pilihan mesin bensin 1.500 cc bertenaga 119 PS pada 6.000 Rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 Rpm, sedangkan Honda BR-V di India mendapatkan pilihan mesin bensin dan diesel bertenaga 100 Ps pada 3.600 Rpm dan Torsi 200 Nm pada 1.750 Rpm. Tapi sayangnya, untuk pilihan mesin diesel kita hanya disuguhkan dengan varian transmisi manual saja. Untuk versi India, varian Automatic CVT sudah mendapatkan paddle shift untuk kesenangan jari-hari anda.

honda br-v interior thailand

Secara eksterior, antara varian Prestige dan varian VX di India, mobil ini nyaris tidak ada perbedaan kecuali pada bagian buntutnya. Untuk versi Indonesia terasa sedikit lebih lengkap karena sudah memiliki antenna shark fin dan wing spoiler yang bentuknya agak lebay, untungnya hanya di varian Prestige saja. Sisanya sama saja seperti varian India mulai dari lampu , lower garnish dan untuk versi India kita sudah mendapatkan rear defogger.

Soal audio, versi India terasa lebih culun karena tidak memiliki touch screen, DVD dan HDMI, keunggulan versi India hanya ada pada koneksi Bluetooth dan 2 buah tweeter, sisanya tidak ada. Untuk versi Indonesia memang lebih lengkap meskipun merupakan head unit aftermarket. Kita sudah mendapatkan rear parking camera sebagai standar mulai di varian E. Di varian Prestige, head unit BR-V juga dilengkapi dengan teknologi pembersih udara nano-e untuk Indonesia.

honda br-v 7 seater thailand

Dari segi kenyamanan fitur, versi India jelas lebih nyaman karena sudah dilengkapi dengan Auto AC, smart entry, Start Stop Engine Button, height adjuster driver seat, 2nd row armrest dan hear arbsorbing material windshield bahkan untuk soal kemewahan, varian India terasa lebih mewah berkat hadirnya jok kulit, setir dan tuas transmisi berbahan kulit dan door trim dengan panel yang dilapis kulit. Bukan berarti varian Indonesia lebih buruk sih, di varian Prestige versi Indonesia, untuk urusan safety kita lebih advanced karena dilengkapi dengan VSC, Hill Start Assist dan rear parking camera, sedangkan di India hanya tersedia rear parking sensor.

Overall, memang fitur Honda BR-V India lebih mewah dan nyaman, sedangkan Indonesia lebih lengkap soal safety dan entertainment system. Terakhir sebelum artikel ini kami tutup, mengingat mobil India biasanya mendapatkan built quality dan material yang menyedihkan, sebenernya kita tidak perlu iri dengan versi India, masalahnya built quality dan material Honda BR-V di Indonesia saja sudah menyedihkan, apalagi versi India coba? Huehehehe….

Komparasi spesifikasi fitur Honda BR-V Indonesia vs India
Read Prev:
Read Next:
  • sony

    yaampun baru tau, br-v indo gk ad rear parking sensor

    • Indra

      Semua mobil Honda dgn harga setara BR-V bahkan Odyssey pun ga ada..

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Odyssey gk ada?? Gmn caranya ngedeteksi blind spot, rear cross trafic alert, dan auto parkingnya??

        • syafifd

          parking camera, seinget saya odyssey jga punya bird view. toh kalo ada kamera parkir, sensor ga terlalu kepake. IMO

  • Arief

    Buat perbandingan antara BR-V Indonesia dengan BR-V Thailand dong wan…

    Makasih

    • Indra

      Perbandingan dgn BR-V India tapi pake foto BR-V Thailand..

  • Asekedap-sekeda

    Nungguin BR-V 1.8

  • Levi

    Jujur ane jd penasaran ama build qualitynya BRV India, versi Indo aja udah ampun” apalagi India ?

    Ni team Autonetmagz apa gak ada rencana main” ke India bentar ? :v

    • farid

      gak perlu ke india,kan autonetmagz juga kerjasama dgn situs otomotif sana,namanya indianaautosblog,siapa tau mereka juga buat review BRV disana

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Di indo bukannya dah ada bluetooth untuk tipe prestigenya dan HDMI hanya tipe prestige

  • Pradita Utama

    seberapa menyedihkannya sih build quality BR-V indonesia? scale 1 to 10.

    jujur, gw belum pernah pegang langsung haha. cuma lihat seliweran aja.

    kali aja gw mau ganti

    • hardiyanto agustinus

      Skornya 6,5 mungkin gan,,,,bener gag rapi, trus interior trasa plastik smua gag ada mewahnya kcuali desain dasbord

    • Rockmeo

      Kalo gw wkt tes dulu kasi nilai 5.5
      Untuk rival ny rush-terios dapet 7.5

  • metzh

    setirnya lebih oke drpada yg ala2 brio mobilio ga jelas

  • Rockmeo

    Liat table ny agak menyedihkan lebih banyak ya untuk versi india daripada indonesia
    Dan baru tw kalo BR-V g ada rear defogger padahal rush-terios ada n ternyata juga bisa disematkan front defogger kalo toyodai mau

    Oia Mas ridwan beneran g tuh bakal ada versi 1.8 nya?

  • nusantara nusantara

    ahon ahon, kok gak berani masukin diesel sih, takut gak laku, maunya yg masukin IU dulu, terus klo laku baru bikin di krawang kayak FITT, gak malu tong

  • Ars

    Gue salut sama tehnik jualan honda, mobil2 macem mobiliong sama biarpi aja bisa laku asal ada H tegaknya+vtec is kickin yo.

  • njk888 nik

    Saran ane untuk team AM, lebih baik jangan pakai kata Beta 2.0 i-vtec di webpagenya, karena nanti di kira ada afiliasi ama honda prospect motor. Padahal review team AM terkenal fair. Sayang nanti untuk pembaca baru dari awal udah kesannya pasti pro-honda.