Dampak Covid-19, Penjualan Mobil Diprediksi Turun 40% Lebih!

by  in Berita&Nasional
Dampak Covid-19, Penjualan Mobil Diprediksi Turun 40% Lebih!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian ingat, beberapa waktu lalu kami sempat menyampaikan bahwa pihak Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang diwakili oleh Ketua Umumnya yaitu Bapak Yohannes Nangoi sempat mengatakan bakal merevisi target tahunan penjualan kendaraan bermotor di bawah naungannya. Revisi ini dirasa perlu karena saat ini sektor otomotif juga menjadi salah satu sektor terdampak efek dari Pandemi Covid-19. Lantas, berapa revisinya?

Sebelumnya, pihak GAIKINDO sempat mencanangkan target tahunan di angka 1,05 juta unit, atau naik sedikit dibandingkan hasil penjualan di tahun 2019 silam yang mencapai 1,03 juta Unit. Awalnya, kami juga mengira bahwa kondisi tahun ini seolah memberikan harapan baru pasca adanya penurunan penjualan di tahun lalu. Sayangnya, situasi di tahun 2020 ini juga memaksa penggiat otomotif untuk mengencangkan ikat pinggang. Pihak GAIKINDO yang kembali diwakili oleh Bapak Yohannes Nangoi pun mengumumkan secara resmi revisi target tahunan untuk penjualan kendaraan bermotor, dan angkanya cukup mencengangkan.

Beliau menyebutkan bahwa prediksi penjualan di 2020 menjadi lebih berat, dan dari pertimbangan kondisi yang ada, target dipasang di angka 600 ribu unit saja. Jelas perbedaan yang signifikan, karena ada penurunan sebanyak 450 ribu unit atau 42,8% dari target awal. Nah, jikalau nantinya prediksi ini benar, dan penjualan kendaraan bermotor di bawah naungan GAIKINDO hanya mencapai angka tersebut, maka rekor yang selama ini dipegang oleh GAIKINDO sejak tahun 2012 bisa gugur. FYI, sejak tahun 2012 silam , penjualan mobil dalam naungan GAIKINDO selalu mampu mencapai angka 1 juta unit ataupun malah lebih.

Pihak GAIKINDO sendiri memprediksikan bahwa di pertengahan tahun 2020 ini bakal ada recovery pasca Pandemi, dimana perusahaan pembiayaan untuk konsumen bisa kembali berjalan normal seperti sedia kala. Selain itu, recovery juga termasuk kembali beroperasinya pabrik – pabrik perakitan kendaraan bermotor secara normal. Beberapa gelaran otomotif pun juga terdampak adanya pandemi ini. Sebut saja gelaran GIIAS Surabaya, IIMS Jakarta, IIMS Makassar, dan beberapa event internasional lainnya. Tentunya kami berharap Pandemi ini bisa segera berlalu, sehingga kita bisa kembali ke kehidupan normal kita seperti sedia kala.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: