Daimler Truck Mulai Uji Coba Truk Berbahan Bakar Hidrogen

by  in  Berita & International & Mercedes-Benz
Daimler Truck Mulai Uji Coba Truk Berbahan Bakar Hidrogen
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejalan dengan visinya untuk mengurangi polusi karbon transportasi, Daimler Truck sudah mulai menguji coba truk berbahan bakar hidrogen. Pengembangan truk dengan fuel cell ini telah mencapai tahap selanjutnya untuk kemudian bisa digunakan secara langsung. Mulai pertengahan 2024, beberapa perusahaan seperti Amazon, Air Products, INEOS, Holcim, dan Wiedmann & Winz akan mengambil bagian dalam uji coba untuk pertama kalinya.

Uji Coba Perdana

Kelima traktor semi-trailer ini akan langsung digunakan untuk operrasional seperti pengangkutan bahan bangunan, kontainer laut atau gas silinder dengan melewati rute-rute jarak jauh di Jerman. Selama tahap uji coba pertama ini, Truk Mercedes Benz GenH2 berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab langsung Mercedes-Benz Trucks. Truk tersebut akan diisi bahan bakar di stasiun pengisian hidrogen cair umum (sLH2) yang ditunjuk di Wörth am Rhein dan di Duisburg.

Mengapa Daimler Truck lebih memilih hidrogen cair? Secara umum, walaupun hidrogen memiliki kepadatan yang lebih tinggi, tetapi biaya transportasi dapat berkurang secara signifikan. Hasilnya, lebih banyak hidrogen yang dapat diangkut sehingga secara signifikan dapat meningkatkan jarak tempuh dan memungkinkan kinerja kendaraan yang sebanding dengan truk diesel konvensional. Oleh karena itu, penggunaan hidrogen cair justru memungkinkan untuk mengangkut muatan yang lebih banyak.

Sisi Teknis

Sistem sel bahan bakar pada Truk GenH2 menghasilkan tenaga 300 KW (2 x150 kW), baterainya sendiri menyimpan tambahan daya 400 kW. Pada 70 kWh, kapasitas baterai relatif rendah karena tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, melainkan memberikan tambahan daya pada sel bahan bakar. Seperti saat membawa beban puncak saat berakselerasi atau saat menanjak dengan muatan penuh. Baterai bisa terisi ulang melalui energi pengereman dan energi sel bahan bakar.

Mercedes-Benz GenH2, yang digunakan dalam uji coba pelanggan pertama ini memiliki kapasitas muatan sekitar 25 ton dengan berat kombinasi kotor (GCW) 40 ton. Dua tangki hidrogen cair khusus dan sistem sel bahan bakar cellcentric memungkinkan muatan yang banyak dan jarak tempuh yang jauh. Dua tangki hidrogen cair stainless-steel pada Truk GenH2 memiliki kapasitas penyimpanan 88 kilogram (masing-masing 44 kg). Sistem tangki baja tahan karat ini terdiri dari dua tabung yang terisolasi secara vakum.

Read Prev:
Read Next: