Daimler Perbarui Mesin Axor dengan Standar EURO 4

Daimler Perbarui Mesin Axor dengan Standar EURO 4
0  komentar

AutonetMagz.com – Sama seperti mobil penumpang biasa, produsen mobil komersil belakangan ini juga ditargetkan untuk bisa menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Selain untuk mempertahankan lingkungan hidup yang lebih layak huni untuk semua makhluk hidup, ini juga karena regulasi emisi di beberapa pasar penting terus diperketat. Ada banyak cara untuk menghasilkan kendaraan ramah lingkungan, mulai dari yang mudah hingga yang susah.

Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) kini memilih untuk mengembangkan mesin mereka supaya lulus standar emisi terbaru. Kini, DCVI memperkenalkan truk Mercedes-Benz Axor dengan mesin yang sudah direvisi sehingga lulus standar emisi EURO 4. Hal ini merupakan bentuk komitmen DCVI untuk mendukung regulasi pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel yang telah resmi diimplementasikan pada 7 April 2022 lalu.

Dua Teknologi Ini Bikin Mercedes-Benz Axor Lulus EURO 4

Sebenarnya, mesin yang dipakai Mercedes-Benz Axor EURO 4 ini identik dengan Axor lawas yang berstandar EURO 2. Adalah mesin 6 silinder segaris turbo diesel berkapasitas 6.370 cc dengan dua pilihan tenaga dan torsi, yakni 238 PS dan 850 Nm atau 285 PS dan 1.120 Nm. Untuk bisa lulus EURO 4, Daimler menekankan pada dua teknologi kunci, yakni Selective Catalytic Reduction (SCR) serta Zero Pressure Drain Unit Pump alias ZPD Pump.

Selective Catalytic Reduction (SCR) akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin, jadi konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi. Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) menjadi global standar dari Jerman, yang berfungsi untuk mengurangi kebocoran bahan bakar (fuel leaking) di area plunger sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli. Dengan bantuan keduanya, emisi EURO 4 bisa digapai dan interval perawatan bisa lebih panjang, mencapai 50.000 kilometer.

Cairan AdBlue Turut Membantu Performa Truk Mercedes-Benz

Ada juga cairan aditif yang diberi nama AdBlue yang turut menyokong kemampuan Axor baru dengan cara membantu menurunkan emisi setelah proses pembakaran terjadi. Cairan ini dijual dalam kapasitas 20 liter hingga 200 liter dan bisa dibeli di diler resmi truk Daimler di seluruh Indonesia. Oh ya, karena sudah berstandar EURO 4, DCVI merekomendasikan bahan bakar diesel yang berkualitas bagus untuk Axor baru ini.

Mercedes-Benz Axor tersedia dalam berbagai tipe, yakni Construction, Rigid dan Tractor Head. Selain pilihan tenaga dan torsi yang sudah disebutkan di awal, kekuatan tonasenya juga bervariasi mulai dari 16 ton sebagai yang entry level hingga 49 ton untuk yang paling kuat. Semua Mercedes-Benz Axor merupakan truk rakitan Indonesia di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor.

Read Prev:
Read Next: