Daihatsu Terios Facelift 2023 Diperkenalkan! Jadi Makin SUV?

by  in  Berita & Daihatsu & Nasional
Daihatsu Terios Facelift 2023 Diperkenalkan! Jadi Makin SUV?
0  komentar

AutonetMagz.com – Astra Daihatsu Motor selaku ATPM kendaraan bermerk Daihatsu di Indonesia akhirnya resmi memperkenalkan Daihatsu Terios facelift 2023 pada Kamis (08/06) lalu. Apa saja perubahan yang dilakukan Daihatsu Indonesia terhadap SUV 7-seater andalan mereka? Simak terus artikel ini.

Modern Dan Kekinian, Konsistensi Desain Terios Ala Mark Widjaja

Untuk facelift 2023 ini, Terios terbaru dilengkapi dengan bumper dan grille yang didesain ulang. Jika dulu banyak mengadopsi model grille yang besar, sekarang tipe Grille tipis dengan lampu yang di-smoke sehingga terkesan lebih sipit membuatnya terlihat lebih modern dan kekinian. Spesial untuk tipe DLX, saat ini trim tersebut sudah digantikan dengan tipe ADS yang mengadopsi lebih banyak garnishgarnish krom dan detail-detail krom pada bumper dan grillenya.

Sedangkan tipe R Custom malah kembali merujuk kepada desain Terios Custom yang pertama kali diluncurkan di 2016, dengan pengaplikasian bemper yang terlihat lebih SUV, minim krom, dan strip merah khas desain-desain dari Mark Widjaja. Ya, desain Terios custom kali ini didesain oleh Mark Widjaja selaku desainer Daihatsu kebanggan Indonesia dan beliau konsisten mengaplikasikan detail-detail yang sekilas mirip dengan mobil-mobil dari Jerman seperti VW ataupun Audi.

Astra Daihatsu Styling Dalam Detail Eksterior Dan Interior

Di bagian samping, penyematan velg 17-inci berdesain baru dengan polished + painted two tone pada trim R Custom mampu membuat kesan SUV makin kuat. Sedangkan pada tipe R ADS, velg berdesain dan berukuran sama dilabur warna gunmetal yang menurut kami malah terlihat lebih elegan dan cocok dengan keseluruhan konsep desain R ADS yang sporty elegan. Di bagian belakang, garnish hitam di antara lampu belakang tampil polos untuk R ADS dan ditambah strip merah untuk R Custom, ditambah pengaplikasian bumper belakang dengan desain apron baru dan mata kucing vertikal.

Pada interior, warna yang dulu mengadopsi hitam abu-abu digantikan dengan warna hitam full, dimana pada tipe R Custom ditambahkan dengan soft panel dan red stitching di beberapa bagian. Tambahan fitur lainnya ada pada head unit yang sudah mengadopsi Android Auto dan Apple CarPlay biarpun masih wired connection, dan adanya wireless charging dibalik armrest tengah bagian depan.

Faktor Safety Turut Mendapatkan Perhatian

Untuk safety, Terios facelift tipe R Custom sekarang dilengkapi dengan 6 airbag, yang membuatnya memiliki spec safety mirip dengan saudara jauhnya Toyota Rush. Di samping itu, beberapa fitur safety standard seperti VSC, HSA, ABS+EBD juga masih disematkan sebagai standard.

Dengan beberapa improvement ini, tampaknya Daihatsu Indonesia berusaha memperpanjang
nafas generasi ketiga Terios ini, mengingat sebenarnya pada tahun ini Terios sudah menginjak
tahun ke 5 eksis di market Indonesia, dimana biasanya pada tahun-tahun itu sebuah model
sudah seharusnya mendapat major facelift atau berganti generasi.

Mari kita lihat sejauh mana Terios facelift ini dapat eksis di Indonesia kedepannya, mengingat semua perubahan diatas dapat ditebus oleh konsumen dengan penambahan harga berkisar 1-5% dari harga versi sebelumnya.

Read Prev:
Read Next: