Daihatsu Ungkap Fakta Bahwa Transmisi Manual Masih Dicintai Publik Jatim

Daihatsu Ungkap Fakta Bahwa Transmisi Manual Masih Dicintai Publik Jatim
0  komentar

Surabaya, AutonetMagz.com – Semakin ke sini, penggunaan transmisi otomatis untuk kendaraan roda 4 memang makin masif, terutama untuk transportasi di perkotaan besar. Perlahan namun pasti, transmisi manual memang mulai ditinggalkan, kecuali untuk sejumlah segmen tertentu seperti komersial ataupun malah mobil sport. Nah, dalam sebuah sesi diskusi dengan pihak Astra Daihatsu Jatim, kami mendapatkan sebuah fakta menarik mengenai komposisi pengguna transmisi manual di Jawa Timur. Bagaimana detailnya? Yuk kita bahas.

80% Konsumen Daihatsu Jatim Suka Manual

Jadi, tim Astra Daihatsu Jatim menggelar sesi diskusi santai yang mempertemukan awak media dengan pihak Bapak David Gunawan, Regional Head Astra Daihatsu area Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara. Dalam diskusi santai ini, kami pun mempertanyakan keputusan Daihatsu yang memajang mayoritas line up manual di IIMS Surabaya 2023 kemarin. FYI, Astra Daihatsu memboyong All New Astra Daihatsu Ayla R CVT ADS warna ruby red, lalu Daihatsu Rocky R MT ADS berwarna kuning, All New Terios R MT berwarna putih, All New Xenia 1.3 R MT berwarna purplish silver serta Astra Daihatsu Sigra 1.2 R MT warna orange. Jadi, dari 5 mobil yang dipajang, 4 diantaranya merupakan mobil manual.

Kalau di kami di Daihatsu, memang manual masih sangat diminati. Tapi memang kalau di merk lain, saya amati pasti transmisi otomatis lebih diminati. Di Daihatsu sendiri kita juga harus melihat modelnya, karena setiap model punya dominasi yang berbeda antara manual dan otomatis. Contohnya di Rocky, tentunya opsi transmisi otomatis lebih dominan ketimbang manual. Tapi kalau di Sigra dan Xenia, komposisi yang membeli transmisi manual lebih besar ketimbang transmisi otomatis” paparnya. “Tapi kalau overall, di Daihatsu Jatim, masih 80% didominasi oleh pengguna transmisi manual” tambah David. Dan ini menjadi sebuah fakta menarik karena kita tahu bahwa tren nasional berkata lain.

Banyak Faktor Yang Mempengaruhi

Ada sejumlah faktor yang nampaknya berpengaruh terhadap kondisi ini. Salah satunya adalah banyaknya konsumen yang berasal dari kota kecil yang masih bisa menggunakan transmisi manual tanpa terkendala macet. Selain itu, selisih harga antara opsi manual dan otomatis yang tentunya bisa berpengaruh terhadap keputusan membeli unit dari konsumen. Serta kebutuhan fungsional seperti trek yang didominasi tanjakan atau kondisi yang lebih banyak membawa beban membuat konsumen lebih yakin memilih transmisi 3 pedal. Yang jelas, kondisi ini membuka fakta baru bahwa transmisi manual masih hidup dan disukai oleh banyak konsumen.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Ada yang belum bisa mengendarai mobil bertransmisi manual??

Read Prev:
Read Next: